Serial Tweets Tentang Mata & Penglihatan dari @hotradero

Posted on May 7, 2011

0


Cuma mau luruskan persepsi umum: manusia modern lbh banyak berkaca mata & berkaca mata lbh muda krn perubahan struktur tengkorak.

Jadi org berkaca mata belum tentu krn rajin baca, tp lbh krn pertumbuhan tulang tengkoraknya lbh cepat, jd rongga soket mata membesar

Karena rongga soket membesar, jarak lensa ke retina jd menjauh, maka jatuhnya bayangan tdk tepat lg – perlu dikoreksi dg kaca mata

Jd kalau kita lihat ada anak umur 4-5 th sdh pakai kaca mata, itu krn pertumbuhan tengkoraknya lebih cepat, jd bkn krn baca.

Tengkorak yg tumbuh lbh cepat bisa krn faktor genetik, bisa jg krn lingkungan – terutama gizi. Itu sebabnya kenapa kasus ini dulu langka

Terlalu byk baca atau main game di TV membuat mata lelah, tp sebenarnya tdk terlalu berpengaruh thdp perubahan pandangan jd minus

Minum vit. A banyak2 atau makan wortel tdk memperbaiki lensa mata kita. Ini persepsi keliru dr jaman PD II, saat tentara dijejali vit A.

Solusinya ya terima apa adanya: pakai kaca mata atau operasi lasik (Laser-assisted in situ keratomileusis). Apa itu Operasi Lasik?

Operasi Lasik adlh tindakan “memahat/mengukir” kornea mata dg sinar laser agar bayangan penglihatan jatuhnya tepat di retina.

Dulunya tehnik “mengukir” kornea mata ini tdk pakai laser, tp pakai pisau bedah halus. Diperkenalkan di Uni Soviet oleh Dr. Svyatoslav Fyodorov

Tdk semua org bisa langsung di Lasik agar penglihatannya normal.Adausia minimum, sekitar 18 thn, krn tengkorak sdh fixed posisinya

Operasi Lasik relatif aman dan recovery-nya hanya 1-2 hari. Sekarang tarifnya sdh lebih murah, sekitar 8 jutaan per mata. Dulu, 15 juta.

Sayang Lasik belum ada di jaman Bruce Lee. Si jago kungfu itu sebenarnya bermata minus akut. Gengsi pakai kaca mata, nggak cocok dg peran.

Karena ogah pake kacamata, Bruce Lee sering sekali migrain berat. Untuk mengobati migrainnya, ia mengunyah daun Coca.

Akibat kebiasaan mengunyah daun Coca ini lah, ia terkena komplikasi dg obat lain & mengalami pembengkakan otak yg akibatkan kematian

Nah, serial twits (yg nggak disengaja) ini mulainya dr kaca mata & berakhirnya di Bruce Lee & daun Coca… Sejarah itu asik kan?🙂

Tdk juga. Evolusi itu kompleks & bisa non linear @tuvokvulcan: Apakah itu berarti manusia tak berkacamata lebih tidak modern? #PertanyaanMenuntut Re: Manusia modern berkacamata krn tengkorak

Supaya jawabnya gampang… @Imambudhi: Tp knp klo kita ke dokter mayoritas jwbannya krn kbnykan baca ya Bang?trutama baca sambil tiduranRT

Setahu saya silindris bisa dikoreksi Lasik, tp minus di atas 7 harus tanya dulu ke dokter @faridhasathya: slm kenal pak @hotradero sy mlht tweet anda,mw tny,kl minus saya diats 7,silinder pula,apkh bs d lasik?apkh itu faktor ketrnn?

+1e100 @ujangw: Pakai semboyan ini Poltak: “just because it’s true doesn’t mean it’s boring ”😀

Hahaha betul jg. Bruce Lee bs jd tmbh keren tnp hrs mati @ismanhs: Dan zaman dulu belum ada kacamata hitam Oakley dengan lensa minus.

Iya. Kolomnya Burke, favorit & inspirasi saya.@barijoe: @hotradero pernah baca Scientific American bang? Dulu ada kolom yang menyambungkan berbagai fakta sejarah muter2 sampai balik ke fakta awal

Mungkin evolusi utk ruang extra di otak?🙂 @altidi: berarti jaman sekarang gizi anak² terlalu baik oom, makanya kenapa pertumbuhan tengkorak mereka lebih cepat?

Nggak jg lah. Mereka beruntung aja @pemuja_sejagad: bgmn dg org yg tidak pakai kacamata hingga dewasa? Apakah tengkoraknya tidak tumbuh?🙂

Nggak nge-google lah. Pasti nggak kekejar. Nulis pake BB nih. Ttg Dr. Fyodorov sy ingat dr mjlh Intisari th 80-an @Ce_Ce_: Bang, ini nge-google dulu apa gmn sih? *penasaran* Dulu tehnik “mengukir” lensa mata ini tdk pakai laser, Uni Soviet Dr. Fyodorov.

Hubungi PMI (kalau sy tdk salah) @akhyar98: Donor mata diIndonesiaudah ada belum ya? Kalau ada gmn caranya?

Iya, silindris sy jg ilang-muncul @radityadika: silinder bisa dikoreksi Lasik tapi agak tricky dan bisanya end up dengan overcorrection

Mata tua. Otot sekitar lensa mulai tdk lentur. Biasa mulai usia 40 @pemuja_sejagad: mengapa kl org tua pakai lensa matanya plus?

Bisa ya, tp lbh srg tdk. @mushroomteaser:Adayang bilang ketika mata mulai minus (kecil sih), lalu dia rajin2 melihat ke langit luas, minus-nya lalu hilang

Pemadaman listrik🙂 @asdolina: kalo matany srg capek kelamaan d dpn komptr/tv obatnya apa om?

Udah ya teman2. Nanti kalo sy dimarahin sm istri gara2 telat nongol di sekolah – siapa coba yg

harus nanggung??🙂. See you. Good Morning!

sumber: http://satemonyet.blogspot.com/2010/06/serial-tweets-tentang-mata-penglihatan.html

Posted in: Uncategorized