Serial Tweets Tentang Gula & Perbudakan dari @hotradero

Posted on May 7, 2011

0


“Sugar – A Bitter Sweet History” ditulis oleh Elizabeth Abbott. Terbit pertama kali tahun 2008. Duckworth Publishing.

01. Selama ribuan tahun org-orgPolynesia& penghuni sekitar Papua mengenal tumbuhan keluarga rumput, yg mereka sebut tongkat dewa

02. Tanaman yg disebut “tongkat dewa” inilah tumbuhan tebu. Lewat proses panjang, tanaman ini sampai diIndia, sebelum terus ke Barat.

03. Org Polinesia mengunyah-ngunyah batang bambu utk beroleh rasa manis. Di China, tanaman tebu & rasa manisnya dianggap “obat kuat”

04. Bagaimana dg orang Eropa? Lama sekali mereka baru kenal tebu. Untuk rasa manis mereka mengandalkan madu yg harganya amat mahal

05. Secara sejarah madu punya tempat khusus di Timur Tengah & Eropa, terkait agama Yahudi, Kristen & Islam yg mengagungkan madu.

06. Hingga sekarang, madu masih jd pemanis paling digemari di Timur Tengah. Catatan: Osama bin Laden berbisnis madu untuk 2 hal.

07. Pertama sbg sumber income & kedua sebagai jaringan utk menyelundupkan senjata. Petugas pabean malas memeriksa kiriman sarang lebah

08. Dalam legendaPolynesia, dua org nelayan yaitu To-Kabwana dan To-Karvuvu menjala ikan, namun cuma mendapati batang tebu pd jala.

09. Malas melemparkan kembali batang2 tebu itu ke laut, mereka mengubur batang tebu itu yg lalu tumbuh & menjelma menjadi wanita

10. Wanita itu yg kemudian menikah dg salah satu nelayan tadi & menjadi nenek moyang umat manusia & menyebarkan bertanam tebu.

11. Sebelum mencapaiIndia, secara terpisah tebu dikembangkan di kepulauanIndonesia. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di daerah tropis.

12. Di India sendiri kitab Veda sudah menyebut tentang gula tebu, sementara Kautilya (325 sM) menyebut 5 macam gula diantaranya khanda

13. Dari kata khanda ini kemudian dikenal kata “Candy”. DrIndiagula tebu menyebar ke Cina di sekitar tahun 286 sM. bersama Buddhisme

14. Dalam tradisi Buddha, tebu dianggap berkhasiat & direkomendasikan. Di aliran Mahayana Cina: Buddha dikenal dg sebutan Raja Tebu

15. Di luar tradisi Buddhist, di China tebu dikonsumsi dlm acara penghormatan nenek moyang pd perayaan Dewa Dapur naik ke langit.

16. Di abad ke-6, tebu hibridaIndia(yg tlh berbeda dg tebu Polynesia) mencapaiPersia& org mulai mengenal gula dari tebu disana.

17. Mereka tlh mengenal proses penampungan cairan hasil pelumatan batang2 tebu yg lalu direbus hingga tersisa kristal2 gula.

18, DariPersia, tebu meluas hingga mencapai Mesir di abad ke 8. Darisanadisebar pelaut Arab ke Laut Tengah & mencapai Afrika

19. Di abad ke-15, tanaman tebu telah meluas ditanam di Madeira, Canary & Tanjung Verde, hinggaSao Tomedan Afrika Barat.

20. Seluruhnya ada 6 jenis tumbuhan tebu. Yg paling umum ditanam: Saccharum Officinarum (gulanya tukang obat) – atau Tebu Mulia.

21. Mengapa disebut gulanya apoteker? Karena obat jaman dulu umumnya pahit, sehingga harus ditambahi gula – agar pasien mau minum

22. Seluruh Tebu adlh keluarga rumput/Graminaea. Saccharum Officinarum batangnya bisa setebal 5-6 cm dg tinggi 3-4 m saat dewasa.

23. Seperti umumnya keluarga rumput, Tebu berkembang biak secara aseksual dr batang yg ditanam kembali. Warnanya kuning hingga coklat

24. Karena keluarga rumput, maka tebu jg hanya bisa tumbuh bila banyak air. Dari ditanam hingga siap panen, perlu waktu 12-18 bln.

25. Mengapa gula akhirnya digemari? Krn org dulu kesulitan memisahkan sarang lebah dr madu. Dan sarang lebah mengganggu rasa madu

26. Gula tebu jg lebih netral, tdk mengganggu rasa asli dari teh, kopi, coklat & makanan lain. Ini yg tidak bisa ditandingi oleh madu

27. Selain itu, banyak org Eropa banyak mengidap alergi serbuk sari bunga yg terbawa oleh lebah & masuk ke madu. Ini tdk ada di tebu.

28. Di sekitar tahun 990, gula dari tebu mulai masuk ke Eropa dari Mesir & sudah dalam bentuk serbuk kristal. Langka & amat mahal.

29. Krn menguntungkan org Arab mulai menanam tebu secara besar2-an & mulailah awal nasibmalangorang Afrika – jd budak kebun tebu.

30. Dalam Perang Salib pertama, utk pertama kalinya org Eropa melihat tumbuhan tebu. Di Siprus & Sisilia, org Eropa mencoba nanam tebu

31. Saat pulang ke negara masing2 – kisah ttg tebu & gula menyebar ke seluruh Eropa. Ordo Knight ofMaltajd Eropa pertama penanam tebu

32. Dan org Eropa mulai menggantikan org Arab dlm menggunakan budak2 Afrika mengerjakan kebun2 Tebu. Ini berlangsung hingga 5 abad

33. Tapi bkn cuma budak Afrika. Saat masa Inkuisisi abad ke 15, Portugal pernah mengirim 2000 anak2 Yahudi usia 2-10 thn jd budak tebu.

34. Sebelum itu, kebun2 tebu jg menggunakan tenaga budak dr Yunani, Bulgaria, Turki & Tartar. Dari sini nama bangsa Slav => slave.

35. Selain kebun tebu perlu banyak tenaga manusia, pabrik gula jg perlu bahan bakar sangat banyak utk memurnikan cairan tebu.

36. Krn bahan bakar utama saat itu adlh kayu, maka terjadi penggundulan hutan besar2-an di sekitar pabrik pengolahan tebu => gula

37. Selain kerja berat di lapangan, kerja di pabrik gula jg sangat berat krn udara sangat panas dr proses berulang2 memurnikan air tebu

38. Hingga abad ke-13, gula sangat langka. Konon Raja Henry III dr Inggris cuma punya gula tebu 3 pound. Di abad-14 hal ini berubah

39. Pedagang Venesia mulai mengimpor gula dr Timur Tengah. Di thn 1319 Nicoletto Basadona datangkan 100 ribu pound gula ke London

40. Mengapa Eropa sedemikian perlu gula? Karena obat2 Eropa jaman dulu aneh2: kotoran & kencing hewan, kulit ular mati, empedu celeng

41. Hanya dg tambahan gula maka org bisa tahan minum obat. Sebanyak itu obat – maka sebanyak itu pula gula diperlukan, maka penting.

42. Dulunya, gula hny bs dibuat dkt kebun tebu – krn hrs diolah dlm 1-2 hari sjk dipanen. Tp org Eropa temukan cr membuat gula mentah

43. Dg gula mentah, maka proses pemurnian gula bisa dilakukan di tempat lain. Terutama di Eropa Utara yg rimbun pohon utk bahan bakar

44. Tp krn ini hutan2 di Eropa Utara lama2 jd gundul. Baru bisa pulih setelah dikenal pemanfaatan batu bara pengganti kayu bakar.

45. Sangat jelas mahalnya ongkos kecintaan manusia pd gula tebu. Terutama ongkos perbudakan & kerja berat serta rusaknya lingkungan

Rum => hasil fermentasi gula – dikenal stlh tebu ditanam di Karibia abad ke17 @h_ezr: berarti rum baru dikenal pada jaman apa bang?

Sharkara (Sanskerta) =>sukkar (Arab) =>Sucre (Perancis), Acucar (Portugis), Azucar (Spanyol), Succhero (Itali), Sugar (Inggris) @arfibambani

Yg di film Isaura itu budak kebun Kopi. Sama jelek nasibnya dg kebun tebu @ucietz: Kayak di film Escrava Issaura itu ya?

Karena Eropa masa itu benua yg bodoh, jorok & penyakitan @eF_Cey: knapa obat eropa masa itu aneh2 spt itu?

RT @icblues: Idul Fitri di Turki disebut Seker Bayrami, Festival Gula. Bukan ketupat, tapi manis2an yg dimakan.

RT @dkurniawan: kel besar ibu saya berasal dr keluarga buruh pabrik gula..saya tahu persis kondisinya spt apa..thx udah menjelaskan ttg gula

RT @juillet29: Idul Fitri di Belanda juga dikenal dengan “zuiker feest” atau festival gula. Baru tau Turki juga punya istilah yang sama.

RT @astriddita @juillet29 AFAIK, “zuiker feest” berasal dari para imigran Turki tsb. Mereka biasa sajikan kue-kue ekstra manis saat Lebaran.

Baik teman2, hari ini saya akan melanjutkan cerita sejarah tentang gula tebu. Di bagian 1-45 kita mengikuti gula mengalir dr timur ke barat

tentang bagaimana tebu dr kepulauan Polynesia, ke Nusantara, selanjutnya ke India lalu ke China & Timur Tengah, sebelum sampai ke Eropa

jg bagaimana org Eropa “jatuh cinta” pd gula stlh Perang Salib, utk mengkompensasi obat2-an aneh mereka yg rasanya tak terhankan.

dan tentunya bagaimana Tebu sbg tumbuhan tropis punya konsekuensi serius atas kerusakan lingkungan & perbudakan yg ditimbulkan.

Di bagian 2 ini kita mengikuti bagaimana Tebu menyeberang Atlantik. Tentang bagaimana penduduk Brazil & Karibia terbentuk dr bisnis tebu

Perjalanan tebu (Asia-Eropa-Amerika) berlawanan dr Cabe (dari Amerika-Eropa-Asia). Intinya ttp sama: perdagangan datang dr perbedaan.

46. Langka-nya gula tebu di Eropa & monopoli tebu oleh Arab telah mendongkrak harga gula sedemikian tinggi. Gula jg jd simbol status

47. Karena tebu butuh banyak air – muncul teknologi irigasi. Org Arab mengenal Noria/roda air. Persia mengenal Qanat, irigasi hemat air

48. Seolah ‘mengejek’ org2 Eropa – dlm perayaan, penguasa Timur Tengah srg membuat patung dr gula. Sukker Nakkasarli => pematung gula

49. Di tahun 1040, Sultan Persia pernah membuat pesta yg menghabiskan 80 TON gula yg dibentuk menjadi patung hewan & tumbuhan.

50. Tehnik membuat benda2 dr gula – dipergunakan hingga sekarang. Terutama di industri film yg melibatkan adegan berbahaya. Heran?🙂

51. Kalau anda melihat org menerjang kaca di film2, nah kaca itu dibuat dr gula agar tdk berbahaya bagi aktor. Dr jauh susah dibedakan

52. Demikian pula adegan pukul2-an pakai benda serupa beling – itu semua dibuat dr gula yg dicetak jd seperti gelas, piring, dll.

53. Kembali ke abad pertengahan. Obsesi Eropa akan tebu menyertai pelaut Genoa usia 40 bernama Christoforo Colombo, nama asli Columbus

54. Dalam perjalanan ke-2-nya, Columbus membawa serta batang2 tebu dr Kep. Canary utk ditanam di Benua Amerika. Dan berhasil tumbuh!

55. Tp Columbus & saudaranya Diego lbh prioritaskan perampasan emas org Indian ketimbang bertanam tebu yg butuh waktu lbh panjang

56. Baru di awal abad-16, dokter bedah Gonzalo de Velosa membuka kebun tebu skala besar pertama di Hispaniola berkongsi dg Tapia bersaudara

57. Timbul masalah: tenaga kerja. Org Indian memang kuat, tapi gampang sakit krn tdk punya kekebalan thd Eropa yg jorok.

58. Budak Eropa sendiri (terutama org Slav) harganya mahal & kalau melarikan diri susah dibedakan dg orang Eropa lain secara umum.

59. Pilihan jatuh ke Budak Afrika. Kuat, sehat, & kalau lari lbh gampang dicari & ditemukan. Pasar budak jg strategis: Afrika Barat

60. Ada aliran angin dr Eropa ke Afrika Barat, selanjutnya ikut arus laut ke Karibia, lalu mendorong kapal via Gulfstream kembali ke Eropa

61. Arus air & angin ini “Trade Wind” – Dr Eropa bawa besi, ke Afrika ambil budak, sampai di Karibia ambil gula & rum kembali ke Eropa

62. Alasan lain diambilnya budak Afrika adlh karena Karibia dihuni suku2 Indian ganas & kanibalistik. Percaya khasiat daging manusia

63. Supremasi org Eropa mendorong suku2 Karibia ingin mencicipi daging org Eropa & berharap beroleh “kesaktian” org Eropa.

64. Faktor lain yg ikut mendukung: suku2 di Afrika suka menjuali musuhnya yg kalah perang kpd org Eropa utk dijadikan budak.

Di buku “Nusantara”-nya Bernard M. Vlekke: kebiasaan menjual musuh buat jadi budak jg dilakukan oleh Raja2 Bali di Nusantara.

Nah, permusuhan antar suku di Afrika ini yg jd akar masalah hingga sekarang. Dulu ditindas oleh Arab & Eropa, sekarang sesama Afrika

65. Berkat pasokan dr Karibia – konsumsi gula di Eropa meningkat tajam. Pertama di kalangan bangsawan, bukan sekadar teman minum obat lagi

66. Mengapa Ratu Elizabeth I tdk pernah digambar tersenyum terlihat gigi? Karena di usia 60 giginya rusak & hitam kebanyakan makan gula

67. Dr bangsawan Eropa jg kita kenal istilah “bonbon” (Perancis utk Permen) & “Pastilles” dr Giovanni Pastilla – ahli masak dr Italia

Nenek saya (minggu lalu usia 88 thn) – sampai sekarang selalu menyebut “bonbon” untuk merujuk istilah permen secara umum. Khas org dulu.

68. Perancis masih mending pinter masak, org Inggris yg masaknya payah – sedemikian tergantung pd gula. Bahkan sup-pun pakai gula.

ternyata sebutan umum ya? @bangpoltak: orang medan kebanyakan masih pake istilah bonbon bang, biar tua atau muda.🙂

69. Keadaan bertambah parah bersama dg meluasnya kebiasaan minum kopi, teh, & coklat di Eropa. Kebutuhan akan gula makin men-jadi2

70. Pelaut Inggris memperkenalkan cara minum teh ala India – pakai gula. Padahal sebelumnya mereka seperti org Cina – minum teh tanpa gula

71. Kopi pun akhirnya pakai gula – juga coklat, & Es Krim (yg 12-16-nya adlh gula). Ketika gula makin merakyat, kebutuhan naik tajam.

72. Gerakan anti-gula pun muncul – terutama dr dokter Thomas Tryon. Kenapa? Selain tdk sehat, jg karena ia pernah ke kebun tebu di Karibia

73. Di sana ia melihat penderitaan budak2 di kebun tebu & pabrik gula. Jg ada Dr. Thomas Willis yg menemukan hub. gula & diabetes.

74. Tp pengaruh gula sangat kuat. Di Spanyol, gereja yg “mengharamkan” coklat pd masa puasa menjelang paskah – terpaksa menyerah.

75. Minuman coklat+gula yg disukai wanita dianggap “halal” di masa puasa paskah. Kompromi dicapai karena gereja terancam sepi.

76. Konsumsi gula Inggris per tahun meningkat dr 10 RIBU Ton di thn 1700 => 150 RIBU Ton di Harga turun lbh dr setengah.

77. Konsumsi Gula di Inggris per kapita/tahun: 1700 = 4 pound. 1729 = 8 pound. 1789 = 12 pound. 1809 = 18 pound.

CATATAN: Konsumsi gula per kapita di Indonesia di tahun 2009 adalah 17 Kg/kapita/tahun. Juara Dunia? Brazil: 58 Kg/kapita/tahun

OK teman2, saya istirahat makan siang dulu ya. Nanti akan kita lanjutkan dg cerita apa yg terjadi di Karibia saat konsumsi gula melonjak

Justru kita harus bersyukur. Kalo nggak nanti bernasib seperti org Karibia @Igoendonesia: gula kelapa dan aren gak dilirik orang eropa yah?

Sebelum sampai ke nasib budak Afrika di kebun tebu, kita kunjungi minuman Rum => hasil fermentasi larutan gula mentah/molasses

Saya tdk tahu apakah Rum sama dg Arak? (saya merujuk pada komik Tintin “Harta Karun Rackham Merah”. Dgn Yohohoho & sebotol arak…)

Riwayat Rum muncul bersama dengan gula tebu. Di Nusantara cairan gula tebu yg difermentasi sdh dikenal hampir seusia tumbuhan tebu.

78. Tetapi di Inggris, Rum baru dikenal setelah tahun 1655. Sebelum itu pelaut Inggris dibekali dg Bir & Brandy (anggur yg disuling)

79. 1655, Jamaica jatuh ke tangan Inggris bersama dg kebun tebu & pabrik gula. Di situ org Inggris menemukan minuman lokal Rum

80. Rum adlh cairan gula tebu yg difermentasikan dg bantuan bakteri dr ragi lokal Jamaica, lalu disuling lalu disimpan setahun.

OK saya baru dapat informasi bahwa arak di Nusantara hampir serupa dg rum. Disamping itu jg ada Brem yg mirip jg arak.

81. Sejak mengenal Rum dr Jamaica – minuman itu jd standard minuman pelaut Inggris yg dibagikan berdasarkan jatah 2x sehari

82. Jatah Rum bagi pelaut Inggris (yg juga diadopsi negara lain) baru berakhir tahun 1970 setelah Great Rum Debate di parlemen Inggris

83. Mengapa pelaut minum Rum? Karena Rum punya khasiat membunuh bakteri yg ada dalam air. Penyimpanan air di kapal dulu sering tercemar.

84. Dlm sejarah AL Inggris, Rum digunakan utk mengawetkan jenazah Admiral Nelson yg tewas di Trafalgar. Maka Rum disebut “Nelson’s Blood”

85. Kebiasaan minum Rum (dan mabuk) menyebar ke seluruh dunia. Tp sekarang sdh jauh berkurang. Rum cuma jd bahan pelengkap cake.

OK kita kembali ke Afrika Barat sebelum “menyeberang” ke Karibia. Afrika Barat sbg tempat asal budak dari Senegal hingga Angola

86. Selama 4 abad hingga abad 20, setidaknya 13 JUTA org budak Afrika dikirimkan menyeberang Atlantik. 2 JUTA tewas dlm perjalanan

87. Dari 11 JUTA yg tiba di benua Amerika, yg dikirim ke kebun tebu & pabrik gula mencapai 6 JUTA org, sisanya ke kebun kopi, kapas, dll.

Kapan-kapan saya akan cerita tentang Bajak Laut Karibia…😀 nggak kalah seru dr yg fiktif @babysmurf: Jadi teringat Jack Sparrow🙂

Melihat angka 6 Juta dari 11 Juta budak – maka tdk salah kalau disebut bahwa perbudakan Afrika banyak dipicu oleh kecintaan akan gula.

Oh ya? Terakhir saya minum Mojito, nggak tau kalau isinya Rum @swardhani: Rum ngetop lagi kok sebagai minuman cocktail. Mojito misalnya

88. Budak Afrika berasal dr berbagai latar belakang: petani, nelayan, pemburu, dukun, kepala suku & bahkan bangsawan. Dijual oleh musuh.

89. Sebelum naik ke kapal, mereka diperiksa dulu. Yg cacat atau penyakitan disisihkan. Juga yang kehilangan jari atau anggota tubuh

90. Mereka disuruh telanjang, disuruh melompat di tempat, diperiksa sampai ke dalam mulut & anus. Hanya yg sehat yg dikirim.

91. Mengapa begitu? Krn mortalitas tinggi. Hanya yg tetap hidup yg ada harganya di Karibia melalui perjalanan 5 minggu – 3 bulan.

92. Sekitar 2/3 budak adlh laki2. Mereka dijejalkan di bawah dek berjejal2. Budak perempuan & anak2 di atas dek diawasi oleh pelaut.

93. Para budak itu dirantai agar tdk berontak/bunuh diri. Sering harus dipaksa makan. Pernah terjadi 320 tewas dr 700 yg diangkut.

Ya betul. 1 dari 10 kapal budak pernah mengalami pemberontakan @ShafiqPontoh: jadi ingat film Amistad

@dpredie: entertainment budak2 gula afrika, ialah maculele: menari2 dengan parang. kalau2 terbacok, bebaslah mereka dr kerja dlm dunia.

94. Setelah sampai di Karibia, mereka dibersihkan, dipaksa makan, dicukur & diminyaki, diberi pakaian agar laku terjual di pasar budak

95. Pasar budak selalu diserbu pembeli, krn tingkat mortalitas di kebun tebu sangat tinggi – sehingga selalu kekurangan tenaga budak

96. Di tahun pertama saja 2 dari 7 budak tdk mampu bertahan hidup akibat penyakit, kelelahan, ataupun bunuh diri.

97. Perkebunan di Karibia tebu biasanya terdiri dari kebun + dataran penggembalaan + hutan sumber kayu + tanah lapang & rumah budak.

98. Pekerjaan di kebun dimulai dg menanam: 3 batang tebu ditanam dlm 1 lubang ditutupi kotoran hewan, rumput laut & sisa pabrik gula

99. Biasanya 40 budak mengerjakan 3500 lubang/hari dlm tiap acre (0,4 hektar). Rata2 perkebunan luasnya 1000 acre / 400 hektar.

00. Peluang hidup seorang budak pekerja di kebun tebu umumnya sekitar 7 tahun sejak mulai bekerja. Itu sebabnya selalu kekurangan org.

Budak yg mampu bertahan hidup biasanya dipindahtugaskan jd mandor, ke pabrik gula, atau merawat kuda & hewan beban.

Saat musim tanam selesai – bukan berarti pekerjaan selesai. Mereka membabat hutan utk suplai kayu bakar ,bercocok tanam & beternak

01. Setelah 12-18 bln. Tiba waktu panen. Kerja jauh lbh berat, karena masa panen berlangsung 5 bulan & berlangsung siang-malam.

02. Batang tebu dipotong 1,5 m dipotong, diikat & langsung dikirim ke penggilingan maksimal dlm 2 hari. Lebih dr itu kadar gula akan turun

03. Selama masa panen, para budak pekerja harus menghadapi tikus, ular, serangga, serta resiko kesabet parang krn diburu waktu

04. Di penggilingan, budak wanita lebih banyak, tapi resiko kerja tidak kurang tingginya, terutama saat memasukkan tebu ke mesin giling

05. Sering budak kehilangan tangan krn terbawa masuk mesin. Mandor biasanya sudah siap dg pedang utk memotong tgn yg tersangkut.

06. Tangan dipotong di tempat agar budak masih bisa selamat. Di Brazil, seorang budak bekas Ratu hrs diamputasi kedua tangannya krn ini.

07. Setelah digiling, air perasan tebu dialirkan ke ruang pendidihan, di mana air gula dididihkan, diaduk & diputar oleh bagal/keledai

08. Dari proses ini, cairan gula berulang2 dipanaskan, dibuang ampasnya & dicampur batu kapur, hingga seperti sirup kental mendidih

09. Dalam proses berulang2 ini ahli gula mengukur jumlah batu kapur yg diperlukan. Biasanya 50 gr – 1,5 kg per 100 pound tebu

10. Setelah tercapai kadar yg diharapkan, cairan gula kental ini didinginkan agar terbentuk kristal. Bagian yg mengalir keluar jd bahan Rum

11. Bahan Rum ini dikumpulkan dicampur dg fermentasi endapan pendidihan pertama, disuling dua kali utk menghasilkan Rum (kira2 50% alkohol)

12. Biasanya yg bekerja membuat Rum adlh budak perempuan, krn lbh kecil resiko mereka menyelundupkan Rum yg sdh jadi.

13. Budak perempuan punya strata tersendiri. Yg paling kasar di lapangan, lalu di pabrik gula, lalu di “Rumah Besar” jd pembantu

14. Pembantu di Rumah Besar inilah yg sering merangkap jd gundik. Dari mereka inilah lahir kaum “Mulatto” separuh Eropa separuh Negro

15. Di saat pasokan budak menipis & harganya naik – maka mulailah perlakuan atas budak diperlunak agar mereka mau beranak-pinak

16. Budak anak2 ini disebut pickaninnies (dr Pequenos ninos – Spanyol) mulai bekerja di perkebunan sejak usia 4-5 thn. Mulai dr dapur.

17. Mereka jg membantu di ladang & beternak selama org tua-nya bekerja. Ini jg yg lalu membentuk kelas masyarakat baru di Karibia

18. Praktek poligami di kalangan budak jg dilakukan, di mana seorang budak laki2 “dipinjamkan” & punya keluarga di perkebunan lain.

19. Budak Afrika di Benua Amerika pun mengembangkan sistem kepercayaan mereka sendiri: gabungan nilai lokal, Afrika & Santo Katolik.

20. Sifat dasarnya animisme: dikenal nama: Vodun (koloni Perancis), Obeah (koloni Inggris), Santeria (koloni Spanyol) & Candomble (Brazil)

21. Kepercayaan Vodun ini yg kemudian kita kenal dg nama Voo Doo di sekitar Haiti => Pusat Tebu & Industri gula Perancis di Karibia.

22. Struktur masyarakat jd unik.Ada Mulatto (Hitam & Putih), Sambo (Mulatto dg Hitam), Quadroon (Mulatto & Putih), Mustee (Quadroon & Putih)

23. Juga ada Mestizo (Eropa & Indian), serta kombinasi lain Hitam, Eropa & Indian. Semuanya ada 128 jenis kombinasi.

Tentang Voo Doo (dan Zombie) dll., nanti suatu saat akan saya tweet secara tersendiri. Karena ini fenomena budaya yg menarik

24. Cerita tentang Tebu, Gula & Perbudakan memang pahit, tp itulah komponen sejarah yg membentuk penduduk Karibia & Brazil. Disebut Creole.

25. Orang Eropa yg membuka kebun tebu di Karibia pun lama kelamaan punya ketergantungan terhadap budak mereka, terutama di rumah tangga

26. Mereka tdk bisa lagi mengurus rumah sendiri. Budak mengerjakan semuanya. Mulai dari mengusir nyamuk hingga membersihkan & jaga rumah

27. Saat ke Eropa pun mereka membawa budak mereka. Hingga ada istilah: “Rich as a Creole” – maksudnya orang kaya baru tp kampungan & manja.

28. Dan org2 Creole ini dlm beberapa generasi tdk lagi merasa Eropa sebagai negeri asal. Ikatan dg Karibia tlh sedemikian kuat.

29. Di pertengahan abad 19, Eropa melarang perbudakan. Amerika jg mengikuti setelah Perang Sipil. Teknologi mulai menggantikan budak.

30. Mesin telah banyak membantu, terutama mesin uap & selanjutnya mesin BBM dan tenaga listrik. Jumlah pekerja pun menyusut.

31. Orang kulit putih pun mulai memerdekakan anak Mulatto mereka, selanjutnya budak2 mereka.

32. Di hariNatal1739, lahir Joseph de Boulogne anak dari Guillaume-Pierre Tavarnier de Boulogne dg budak perempuannya Nanon, usia 15.

33. Joseph de Boulogne tumbuh besar. Ayahnya memisahkan diri & mengirim ia dan ibunya ke Perancis sebelum menikah dg wanita kulit putih.

34. Joseph dibesarkan sbg aristokrat. Ia jadi jago anggar terbaik se-Perancis. Ia mampu berenang menyeberangiS. Seinedg sebelah tangan

35. Joseph jg mahir berkuda jg pedansa hebat. Bermain biola dg sangat baik. Ia menjadi pemain biola kerajaan, sebelum jd Konduktor.

36. Raja Louis XVI menunjuknya jd Direktur Opera, tp diprotes hingga jabatan itu dikosongkan. Joseph membujuk Haydn menulis simfoni “Paris”

37. Filsuf Voltaire membenci Joseph de Boulogne krn ia seorang Mulatto. Saat Revolusi Perancis ia menghilangkan “de” dr namanya

38. Ia menjadi anggota Jacobin & memimpin resimen revolusi berisi org kulit hitam & Mulatto. Tp ia dikhianati, lalu dipenjarakan.

39. Ia diampuni, dibebaskan, dan wafat beberapa tahun kemudian. Di kalangan musisi Perancis ia dikenal dg sebutan “Mozart Hitam”.

sumber: http://satemonyet.blogspot.com/2010/06/serial-tweets-tentang-gula-perbudakan.html

Posted in: Uncategorized