Arsip Serial Tweet tentang Cabe di @hotradero

Posted on May 7, 2011

0


Twits tentang Cabe akan segera dimulai. Seri pertama terdiri dr 14 entry – mulai dari Hispaniola sampai rasa pedas datang dari mana

Sebelum benua Amerika dikunjungi Columbus, org Asia, Eropa & Afrika tdk kenal cabe. Mereka hanya kenal merica, yg asli India

Jadi bisa kt bayangkan betapa hambarnya makanan orang pra-Columbus. Cabe adlh bentuk globalisasi yg mengalir lewat mulut & perut

Masakan Padang adlh anak kandung globalisasi. Tanpa cabe dari Columbus, mustahil diperoleh masakan padang spt yg kita kenal

Dalam Jurnalnya, Columbus tgl 15 Jan 1493 menulis adanya “merica hebat” yg ia peroleh saat bertukar hadiah dgn orang2 Hispniola

Org Spanyol menyebut cabe Pimiento (bentuk maskulin dari Pimienta = merica) utk menunjukkan rasanya yg lebih tajam & keras

Secara umum ada 2 jenis cabe: Capsicum Frutescens & Capsicum Anuum. Cabe sekeluarga dg Terong, Tomat, & Kentang. Tapi tdk sekeluarga dg merica

Capsicum Frutenscens adlh cabe pedas. Capsicum Anuum adlh cabe manis keluarga Paprika yg tdk pedas & biasa dimakan segar

Cabe kemudian dibawa melintasi Atlantik oleh org Spanyol & Portugis. Mereka sendiri tdk suka, & cabe tdk bisa ditanam di iklim Eropa

Orang Portugis membawanya ke Goa, India & menyebar ke slrh Asia dr sana, baik lewat manusia maupun lewat burung. Kenapa burung?

Burung memakan cabe. Tp mereka tdk kepedasan – krn syaraf perasa burung tdk memiliki neuroreceptor yg bereaksi terhadap capsaicin

Hewan lain sangat sensitif thd cabe. Di Afrika dekat Taman Nasional, kebun penduduk dipagari tanaman cabe spy tdk diganggu gajah

Bagian cabe paling pedas BUKAN bijinya, ttp bagian plasenta tempat biji cabe menempel. Hilangkan bgn itu bila tdk ingin terlalu pedas

Menghilangkan kepedasan? Minum Susu/Yoghurt/makan coklat. Percuma minum air. Capsaicin tdk larut dlm air tapi dlm minyak/lemak

Dlm waktu 50 thn sejak Columbus, Cabe sdh mencapai India, Asia Tenggara, & China. Lewat Laut & Jalur Sutera, sampai ke Shichuan

Bagian plg sensitif pedas cabe adlh mata, hidung, lidah, & kulit. Org Indian Amerika menggunakan cabe untuk menyiksa tawanan

Capsaicin 8x lbh kuat drpd merica. Rasa pedas scr refleks menyebar dr lidah ke leher, wajah & dada serta memicu aliran endorphine

Endorphine adlh morphine alami yg 18-50x lbh kuat. Endorphine mendorong tubuh bereaksi aktif. Muncul saat melahirkan/saat orgasme

Itu sebabnya mengapa ada org jd kecanduan makan makanan pedas & cabe, krn tubuh mereka sebenarnya bereaksi terhadap endorphine

Sesudah masuk usus, capsaicin sangat sedikit diserap. Tp di “ujung” kembali bereaksi – disebut Jaloproctitis. Anus serasa terbakar

Jaloproctitis hanya bisa hilang berdasarkan waktu. Itu sebabnya penderita Wasir hrs hati2 terhadap konsumsi makanan pedas bercabai

Olah raga juga @mushroomteaser: Saat olahraga jg? RT @hotradero: 17. Endorphine adlh morphine alami yg 18-50x lbh kuat.

Sinyal di neuroreceptor lama2 keblokir @katesalemba: orang Padang kayak burung kali ya, Bang? Gak kepedesan?

Iya. Ayam Taliwang bikin gw diare @ernisetyo: @gitaputrid @katesalemba orang lombok cuma makan cabe rawit:p

Bikin film ttg cabe ‘cup! @andibachtiar: @katesalemba makanan orang Manado lebih pedes dong dari makanan orang Minang

Dunia makan & kuliner adlh SELALU produk globalisasi. Mengapa? Karena mulut bisa bohong, tetapi lidah tidak.

Pagi sarapan Bubur Manado, siang makan Nasi Kebuli, sore camilan Dim Sum, malam makan Spaghetti. Makanan selalu mengglobal.

Ayam Taliwang enak di mulut. Tp anus nggak bisa bohong😦 ->Jaloproctitis @katesalemba @ernisetyo @gitaputrid hmm ayam taliwang! Laper..

Tp follower sy cuma 400+ Politisi 2000+ Artis 8000+ @assyaukanie: Meski tak suka pedas, saya menikmati twits ttg cabe

Trims atas supportnya @gitaputrid: tapi pengetahuan dan rasa syukur orang yg dapat pengetahuan meski hanya 400, gak bs bohong re:twit cabe

Nanti sy cerita ttg cabe paling pedas di dunia. @fatsochef: cabe paling pds yg pernah saya coba: habanero & scotch bonnet. Pedes mampus!!😀

Silahkan Mas Goen @gm_gm: Utk ikut meramaikan soal cabe yg dibawakan dgn menarik oleh @hotradero, saya tambahkan informasi sedikit

Di Malaysia air cabe utk menyemprot demonstran @rickawijaya: See? That’s why I hate them RT Indian Amerika memakai cabe utk menyiksa tawanan

@fuadi1: fakta menarik, bahasa minang utk cabe adalah lado.Ibu2 di minang ada yg ngira bahasa indonesianya cabe adalah lada (tnp o)

Vitamin C cabe lama2 rusak kalau bereaksi dg oksigen @fuadi1: @gm_gm apa krn cabe bervitamin c tinggi, RM padang ga mrasa perlu punya sayur.

My pleasure too ‘bro! @fuadi1: bang, tweet percabean jd ingat masa di widjojo. U’r such a maven! Bahagianya punya kawan macam gini:)

RT @gm_gm: Cabe terpedas di dunia ada di wilayah Timur Laut India. Disebut “bhut jolokia”. Pedasnya 400 kali Tabasco sauce

@gm_gm: Setelah si pedas dr India, “red savina habanero”. Kata ini menunjukkan asalnya: Havana. Saya pernah coba tanam benihnya di sini: gagal.

@gm_gm: Pedasnya jenis lombok diukur dg “Scoville Rating”.”Bhut jolokia” capai angka 1.075000 & Habanero 580.000. Cabe kita sekitar 100.000

Tulisan saya ttg “Naga Jolokia” aka Bhut Jolokia. Dan jg fotonya http://bit.ly/bj05pP

1Juta Scoville berarti 1 gr Naga Jolokia dicampur dg 1000 liter air gula (sama dg 5 bak mandi standar) masih akan terdeteksi rasa pedasnya

Tapi nggak bakal mempan ngelawan burung…🙂 @ujangw: Military grade pepper spray utk riot control: 4.5 juta scoville

Bila pedas itu bisa memicu endorphine, maka evolusinya mutualistis @robymuhamad re: keuntungan evolusi tanaman yg punya rasa pedas tinggi

Selain burung, hewan lain yg tdk memiliki neuroreceptor pedas capsaicin adlh siput & kodok. Mereka kebal cabe.

Pelengkap penderita…🙂 @hanityo: Tp siput & kodok taste great w/ tumis cabe RT siput&kodok. Mereka kebal cabe

How True @claralila: Behind every sarcasm n serious twit there is a person inside🙂 ya @gitaputrid @nongmahmada

Suku Arawak yg memperkenalkan cabe kpd Columbus, menyebut cabe dg nama Axi (baca “aah hee”). Kini msh disebut demikian di Dominika

Org Peg. Andes menyebut cabe: uchu & huayca. Brazil: Quixa. Org Spanyol menyebut Pimiento, kalau cabenya besar disebut Pimienton

Org Italia menyebut cabe dg nama Peperone, Org Perancis: Piment, sementara Bangsa Slav menyebutnya Paprika

Indian Mexico-lah yg menyebut cabe dg nama Chilli. Artinya “merah”. Nama ini juga yg dibawa org Inggris & Belanda ke seluruh dunia

Eropa Barat tdk makan cabe, tp mereka menggunakannya. Org Jerman & Perancis mencampurnya sedikit dlm bir. Org Inggris dlm acar

Org Polandia menyebut cabe Pierprzyca. Sampai di Hongaria dg nama Paprika & jadi bahan dasar makanan nasional mereka – Sup Goulash!

Org Eropa Selatan lebih suka Paprika. Keluarga Cabe ini jd bahan penting masakan Italia & Spanyol termasuk Catalan, & Basque

Bangsa Asia yg paling doyan cabe pedas : orang India, Indonesia, Korea, Thailand, China Sichuan, Melayu, Sri Lanka, & Laos

Bbrp spesies burung membawa buah cabe ke sarang, utk melindungi sarang dari mamalia pemangsa & ular – Simbiosis Mutualisma

RT @ujangw: Jangan lupa Bhutan, di sana ada dish di mana cabe adalah sayur bukan bumbu

Yg mungkin aneh adalah kebiasaan org Indian Amerika Tengah. Mereka makan coklat (yg pahit) dg cabe. Dipercaya sebagai aphrodisiac

oh sedang ada tanding sepak bola ya? Pantes Twitland Indonesia jadi sepi…

Hahahaha… ya udah aku dinner dulu. twit dilanjutkan nanti sampai no. 50-an @ujangw: Gue nonton sambil baca tweet cabe. Dua2nya penting😀

RT @karaprianto: Gara2 tweet @hotradero, sore tadi saya coba makan rawit trus minum Yoghurt. It actually worked.

Wasabi beda keluarga dg cabe. Lebih dkt dg Mustard/Mostar. Pedasnya jg beda, krn bs hilang dg air (non capsaicin) Ada info lain? @adekumala

Tdk juga. Tergantung spesies @_wisnu: apakah warna cabe mempengaruhi tingkat kepedasan? Apa semua cabe punya warna default merah? #cabeunite

Whoa, org Korea ikut2 org Aztec. Thx fotonya ‘bro @hanityo: Oleh2 dr Korea, To support your #30 cabe twit http://tweetphoto.com/19718950

Sementara org Eropa tdk kenal cabe sebelum pelayaran Columbus, org Indian Amerika tdk kenal hewan ayam sebelum Columbus datang

Jadi masakan Ayam Bumbu Cabe adlah bentuk Globalisasi…😀

Cabe makanan super. Sumber vit. B yg baik, lebih kaya vit. C drpd jeruk & secara bobot punya kandungan vit A tertinggi drpd tanaman lain

Cabe jg sumber magnesium, besi, thiamine, riboflavin, & niacin. Tanpa Cabe, org Indian Amerika bisa punah krn kurang zat gizi

Tdk suka pedas? Coba saja cabe manis keluarga paprika. Gizinya jg tinggi. Bell pepper punya Scovile Scale = Nol. Bisa dimakan seperti apel

Perhatian: vit A di cabe mkn tinggi mendekati matang, tp vit. C sebaliknya. Vit C alami akan rusak bila bereaksi dg oksigen

Cabe dalam bentuk bubuk kering dipastikan vit C-nya sdh banyak yg hancur. Gizinya sdh kurang yg tersisa tinggal pedasnya saja

Cabe sebaiknya disimpan di kulkas. Akan tahan berminggu2 asal dikeringkan dg kain bersih & masuk wadah kedap udara

RT @mushroomteaser: sayuran berwarna merah mengandung karoten. Cara konsumsi yg baik: Dipanaskan dulu agar karoten-nya aktif

Cabe baiknya tdk langsung ditanam di tanah. Sekalipun tergolong perdu perlu disemai selama min. 21 hari di tempat bersuhu konstan

Hanya setelah setinggi 12-15 cm & berdaun 4-5 helai, tanaman cabe bisa dipindahkan ke tanah berjarak 30-40 cm satu sama lain

Bila suhu malam mencapai di atas 27 derajat C, tanaman cabe sulit berkembang. Hasil baik ada di antara suhu 19-26 derajat Celcius

5000 tahun mengenal cabe, org Indian cuma memiliki 4 sub species cabe. 50 Thn di perantauan menjadi 7 sub spesies. Sekarang ribuan

Di Amerika Serikat thn 1992, utk pertama kalinya volume penjualan Saos Cabe Salsa Picante mengalahkan Saos Tomat. Cabe naik daun

Makanan bernama Sambal cabe dikenal luas; terutama di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina Selatan, Sri Lanka, hingga Suriname

Hampir seluruh Nusantara punya jenis sambal sendiri2. Terasi, Bajak, Lado, Tuk-tuk, Gandaria, Balado, Ulek, Taliwang, Dabu-dabu

Sambal Taliwang berbahan Cabe Taliwang, yg konon hampir sama pedasnya dg Bhut/Naga Jolokia. Scoville Score sekitar 800 ribu

Selain dimakan & utk menyiksa tawanan, dukun Indian Amerika menggunakan cabe kering sebagai antiseptik & pengobatan anti parasit

Org Indian jg menggunakan cabe kering utk menangkap ikan. Langsung dibalur cabe sebelum dimasak sekaligus utk mengawetkan

Bentuk cabe bermacam2. Umumnya memanjang (itu sebabnya disebut Capsicum – seperti kapsul), tp ada jg cabe bulat seperti tomat

Cabe juga bisa terasa dr bau dg kadar jauh lbh rendah. Hidung dpt mendeteksi capsicum pd konsentrasi satu per semilyar bagian

O iya, Capsaicin jg larut dlm alkohol. Tp tdk dianjurkan menghilangkan rasa pedas dg minuman alkohol – krn konsentrasinya terlalu rendah

Apakah hasil produk susu spt mentega & keju bs menghilangkan rasa pedas? Ternyata tidak. Kadar casein mentega & keju sdh terlalu rendah

OK teman2, 50+ twits segala rupa yg terkait dg Cabe sudah selesai. Terima kasih telah menyimak selama 3 hari terakhir ini. Salam Cabe😀

sumber: http://satemonyet.blogspot.com/2010/05/arsip-serial-tweet-tentang-cabe-di.html

Posted in: Uncategorized