tentang revolusi dan misery index dari @hotradero

Posted on February 4, 2011

0


Jangan lupa juga kejatuhan Joseph Estrada di Filipina setelah munculnya gerakan massal yg disebarkan oleh SMS. @assyaukanie

Revolusi Iran setahu saya bukan oleh mesin fax, tapi oleh rekaman kaset pidato2 Khomeini yg diselundupkan masuk Iran. @assyaukanie

Revolusi yg dipicu oleh Mesin Fax adalah keruntuhan Uni Soviet. Sampai akhirnya muncul kantor berita bernama Interfax. @assyaukanie

Di negara-negara Tirai Besi semasa Perang Dingin – pemilikan mesin tik & mesin cetak harus terdaftar. Pelanggarnya bisa masuk penjara.

Untuk versi saat ini tentunya adalah Junta Militer Burma/Myanmar. Modem harus didaftarkan pd pemerintah. Pelanggar diancam hukuman penjara.

Pagi ini saya membaca dokumen yg berisi “Misery Index” berbagai negara di dunia. Ada hubungan kuat antara anjloknya ekonomi & revolusi.

Misery Index Bloomberg dihitung dg rumus: Inflasi + Pengangguran + (10-EIU Democracy Index) (10=Demokrasi sempurna). Hasilnya?

Dalam Misery Index – Tunisia (24,9) & Egypt (27,8) skor-nya tinggi. Yaman skornya di atas 25, dan berikutnya Iran (27,6).

Negara Timur Tengah skornya rata2 di atas 20. Tidak heran ada efek domino. Di Asia Tenggara cuma Vietnam yg skornya di atas 20.

Negara besar mana dg Misery Index tertinggi? Venezuela (42,6). Di Amerika Selatan yg skornya di atas 20 cuma Venezuela & Argentina.

Betul maka Misery Index bisa jd indikator berguna. RT @marboen: Bang, bukankah revolusi seringnya terjadi karena ekonomi yang buruk?

Berapa angka Misery Index Indonesia? Kalau dilihat di peta yg diterbitkan Bloomberg skor Misery Index Indonesia di bawah 20.

“@d_hananto: di film the live of other diceritain bagus bgt soal stasi yg neliti huruf di surat untuk nentuin mesin tik mana yg dipake.”

Saya pernah baca Stasi (Polisi Rahasia Jerman Timur) memang sering membuat mesin tik “cacat” pd bagian tertentu agar bisa tahu pengetiknya.

Baca di majalah Newsweek edisi 90-an awal. Sesaat setelah Tembok Berlin runtuh. Artikelnya ttg nasib Dokumen Rahasia Stasi. @ivanlalamentik

Karena setiap mesin tik tercatat siapa pemiliknya – maka tinggal lihat di daftar. Setidaknya pemilik harus tanggung jawab. @mbakanggun

Pemilik mesin tik-nya yg akan masuk penjara. Jaringan mata2 Stasi itu luar biasa luas. Semua saling memata-matai. @mbakanggun

Posted in: Uncategorized