tentang anjing dari @hotradero

Posted on January 16, 2011

0


Ya udah besok aku ngetweet tentang anjing deh. Anjing Doberman itu aslinya dari nama orang, yg kerjanya mungut pajak…🙂 @romiprays

Orang itu Karl Friedrich Louis Dobermann, yg bekerja sebagai pemungut pajak di abad 19. Tugas yg cukup berbahaya pd zamannya.

Untuk melindungi diri, maka ia mengawin silangkan anjing2 ras unggul. Hasilnya adalah anjing yg dikenal dg nama anjing Doberman.

Anjing hasil silangan Karl F Dobermann ini berani, patuh, & cepat. Sepanjang menjalankan tugas memungut pajak, selalu menemani.

Dari pemanfaatan sebagai anjing penjaga & pengawal, ras anjing Doberman kemudian muncul & dikenal sekarang.

Ya udah cerita tentang anjing akan disambung lagi besok. Nite nite.

Iya sering dipakai jd anjing polisi. Tp sekarang bisa jg anjing rumahan. RT @tina_kecesurece: Doberman tuh anjing polisi itu ya bang?

*siapin bekal* dalam 20 menit ke depan akan dimulai kultwit tentang anjing. *siap-siap*…

Itu aslinya nama boneka anak2 di Perancis. Dianggap pembawa keberuntungan, lalu jadi nama anjing. @ariefsunda: Rin Tin Tin

Cerita tentang Rin-Tin-Tin dimulai saat seorang prajurit Amerika di PD I menemukan seekor anak anjing dekat medan pertempuran.

Anak anjing itu lalu diberi nama Rin Tin Tin sebagaimana nama boneka anak2 di Perancis yg kerap dibagikan kpd tentara.

Dua bulan kemudian PD I berakhir, dan sang tentara Lee Duncan pulang ke Amerika membawa anak anjing itu yg lalu dibesarkannya.

Dipanggil “Rinty” & menjadi anjing terkenal karena punya cerdas, mudah disuruh melakukan berbagai trick. Lalu dibikin acara.

Mulanya acara di Radio, lalu berkembang jadi acara TV & film di bioskop: Rin Tin Tin. Berperan sebagai anjing tentara.

Betul, sesudah Rin Tin Tin muncul Lassie “@ariefsunda: dua anjing yang paling baik sedunia: Rin Tin Tin dan Lassie🙂

Betul. Tepatnya jenis German Sheperd (Anjing Penggembala Jerman). Sheperd = Herder (Ina). @ucietz: Rin Tin Tin itu herder bukan?

Jenis Collie. “@ariefsunda: oh itu dari boneka ya. Sya tau nya dr serial The Adventures of Rin Tin Tin. Kalo Lassie jenis anjing apa?”

Lassie sempat dibuatkan film layar lebar yg dibintangi bersama Elizabeth Taylor. Lalu berlanjut di film serial TV hingga 70-an.

OK, kita mulai beneran dg cerita tentang anjing. Dari mana sebenarnya hewan anjing berasal? Bagaimana kisahnya?

Hahahaha itu parodi-nya Rin Tin Tin di komik Lucky Luke. Inget aja tulz?🙂 “@motulz: Kalo Ran-Tan-Plan? :D”

Iya itu True Story – nanti kita ke sana ya. Sabar. “@kieyoe: Kalo kisah Hatchiko gmna bos? Itu true story kan?”

Itu gabungan Malamutes & Huskies. “@pelacur_tawakal: mau yg di THE EIGHT BELOW….jenis apaan tuh ??? masak Huskey???”

Berdasarkan sejarah, diperkirakan manusia sudah mengenal & hidup bersama anjing sejak 15 ribu tahun yg lalu. Saat manusia gua.

Angka 15 ribu tahun tsb, berasal dari penemuan tertua di mana ditemukan kerangka manusia dikubur bersama dg kerangka anjing.

Mengapa sampai begitu? Karena pd beberapa kebudayaan – anjing termasuk milik/harta yg paling berharga. Di bawa ke manapun.

Di mana ada anjing di situ pula ada manusia. Yg paling terkenal: orang2 di Pasifik membawa anjing menyeberang samudera.

Dan saat orang2 dr Asia menyeberang Selat Bering menuju benua Amerika, mereka pun pergi bersama dg anjing peliharaan mereka.

Sudah berstatus anjing “@hanityo: itu anjing ya bang? bukan grey wolf? re. kerangka 15 ribu thn lalu”

Orang2 Indian Amerika Utara menggunakan anjing utk membantu mengangkut barang. Di Indian Amerika Selatan jadi peliharaan bangsawan.

#anjing kaum bangsawan di Amerika Selatan punya keunikan: anjingnya plontos tidak berbulu dan giginya jarang2…

#anjing di Benua Amerika Selatan tersebut dipelihara kaum Indian karena dianggap punya kemampuan menyembuhkan penyakit.

Diduga, efek penyembuhan itu datang dari kemampuan #anjing memberikan rasa tenang pd manusia. Namanya anjing Xoloitzcuintle

Anjing yg pendeknya disebut jenis Xolo itu disebut sebagai pemberian dewa Xolotl (dewa kematian), utk temani manusia hingga mati.

Dipercaya bahwa roh #anjing Xolo akan mengenali & menemani roh tuannya sesudah mati dalam perjalanan di akhirat.

Uniknya, orang Indian juga menyukai daging #anjing & menyajikannya sebagai hidangan istimewa dlm pesta2 khusus.

Betul. “@Imelbing: Anubis di Mesir – dewa berkepala anjing – dewa yg melindungi orang yg meninggal & membawa mereka ke akhirat”

Sebenarnya kepala Anubis bukan #anjing benaran – tetapi lebih mendekati Jackal/Anjing liar yg kerap ditemui dekat makam.

Anubis tokoh sentral yg menghubungkan dunia orang hidup & orang mati. Upacara pembuatan Mummy dipimpin Dewa Anubis.

Orang Mesir Kuno juga memelihara #anjing. Biasanya para bangsawan & digunakan utk kegiatan berburu & juga untuk perang.

Orang Batak, Manado, Filipina, Korea, Cina, Vietnam, Mexico Kuno, dan Romawi Kuno – adalah bangsa2 pemakan #anjing. @mareekcolia

Selain Mesir kuno, bangsa Romawi jg menggunakan #anjing dlm perang. Anjing dilatih untuk melompat & jatuhkan orang dari kuda.

Balik lagi ke asal usul #anjing. Masih sulit ditebak di mana batas anjing sebagai hewan liar & kapan mulai jd peliharaan.

Nenek moyang #anjing diperkirakan dari subspesies serigala ataupun anjing liar. Tapi bagaimana hewan yg liar jadi jinak?

Ada dugaan – nenek moyang #anjing mulai mendekati manusia & memisahkan diri dari kelompoknya – karena manusia suka nyampah…

Cerberus = Romawi. Kerberos = Yunani. Anjing kepala 3 penjaga Neraka. RT @zaza_mfh: inget cerberus..itu dr romawi atau yunani ya?..

Ketimbang susah2 pergi berburu, nenek moyang #anjing lebih suka makan sisa-sisa sampah hasil kegiatan berburu-nya manusia.

Saat nenek moyang #anjing mulai beranak pinak di dekat manusia, generasi berikutnya tdk lagi takut manusia & mulai diadopsi.

Manusia mulai membesarkan anak2 #anjing liar yg selanjutnya menjadi besar & mengikuti manusia. Mereka membantu berburu.

Pendengaran & penciuman #anjing jauh lbh tajam daripada manusia sehingga sangat membantu dlm berburu. Terjadi simbiosis.

Disebut simbiosis krn sejak #anjing hidup dg manusia – mereka bisa berkembang biak lbh cepat & banyak. Hidupnya lbh terjamin.

Dan sama dgn itu, sejak mengenal & menjinakan #anjing – manusia lebih efisien berburu. Sehingga punya waktu utk hal2 lain.

Manusia membentuk #anjing & saat yg sama anjing juga membentuk masyarakat manusia. Proses yg tidak berhenti sampai sekarang.

Bentuk tubuh #anjing pun semakin lama semakin mengecil dibandingkan nenek moyang mereka. Itu hasil adaptasi dg dunia manusia.

Bayangkan, nenek moyang #anjing itu dulunya bertubuh seperti serigala (persisnya gray wolf) – tp sekarang ini sedemikian beragam

Ada toy dog yg kecil & bisa masuk kantong seperti chihuahua hingga yg besar sekali seperti Great Dane (ingat Scooby Doo?)

Anjing dari berat 0,5 kg sampai 100 kg. Dari yg sangat kecil sampai sangat besar. Tidak ada hewan yg se-variatif #anjing.

Ya kira2 seperti Hushkies. Tapi nenek moyang #anjing sudah punah. Tidak ada lagi tersisa di alam bebas. @bangwinissimo

Nenek moyang #anjing kalah bersaing melawan serigala, sehingga yg tersisa hidup hanya yg akhirnya hidup bersama manusia.

Ikan kan ribuan species. Anjing masih 1 spesies tapi bisa tersedia dlm ukuran yg sedemikian ekstreme. @Hendra_Widjaja @AuliaSidki

Dan yg mengherankan adalah: #anjing masih bisa berkembang biak dg serigala, jackal, & coyote & menghasilkan keturunan subur.

Bandingkan dg Kuda & Keledai yg memang bisa kawin & punya keturunan – tapi keturunannya itu akan steril/infertile. #anjing

Phobia terhadap anjing => Cynophobia. Biasanya trauma masa kecil. Bersama ailurophobia (takut kucing) jd jenis phobia paling umum @peterryn

Orang terjangkiti takut terhadap anjing biasanya kr pernah punya pengalaman buruk dg #anjing di usia 3-5 thn & itu membekas.

Cara mengobati Phobia #anjing bisa dg orang yg dipercaya & tdk takut anjing. Prosesnya pelan2, mula dg foto & suara anjing.

Bila secara bertahap rasa takut sdh hilang dari foto & suara anjing – bisa dimulai dg menyentuh #anjing kecil. Mulai dr punggung.

Biasanya sesudah bisa menyentuh #anjing kecil tanpa takut, phobia terhadap anjing mulai berkurang & hilang scr bertahap.

Kuncinya: menyadari bahwa takut berlebihan terhadap #anjing itu tdk rasional. Dg menyadari irrasionalitas itu terapi akan berhasil.

“@osusanto: ketika menyentuh anjing pertama kali, dekati dari depan, dan elus pundaknya. Ini supaya #anjing bisa melihat apa yg kita lakukan

Betul, anjing masih punya naluri hewan pemburu – bisa bereaksi agresif bila didekati dari belakang / posisi tak terlihat.

“@osusanto: anjing yang jumpy akan kaget dengan sentuhan yang tidak diduganya. dan akan bereaksi.”

Katanya #anjing paling kalem itu jenis Xolo (yg tadi peliharaan orang Indian Amerika Selatan). Tapi waktu masih puppy aktif banget.

Anjing hanya menggigit bila diserang/terancam. Kecuali tentunya #anjing yg sakit/trauma/stress. @teukurifqy

Phobia itu semuanya irrasional. Jadi utk menghilangkannya harus dimulai dg kesadaran bahwa yg kita takutkan itu ilusi. @AroonPardede

Saya juga punya suatu jenis phobia & saya tahu triggernya apa. Saya berusaha rasionalisasikan & sekarang sdh jauh mendingan.

“@friya: jika mau menyapa anjing, ulurkan tangan dgn telapak tangan menghdp ke atas. kalau kelihatan dia tdk menerima jgn disentuh”

“@rifkyseptiaji: harusnya kita biarkan anjing itu mengendus kita dulu, kalo mereka nyaman, baru bisa dipegang.”

Hewan #anjing itu unik – terkait cara berpikir & cara pandang mereka terhadap tuannya. Tidak ditemui pd hewan lain.

Dan cerita tentang cara pandang #anjing ini akan saya teruskan besok. Saya mau pulang dulu. Sampai besok.

Oh iya, nanti saya juga akan ceritakan beberapa jenis anjing yg jadi cacat secara genetik & hidupnya sengsara gara2 manusia @irawatysarah

RT @irawatysarah: Jg jenis & klasifikasinya : working, hunting/gun, toy, etc. Banyak piara Dalmatians dirumah kecil, misalnya. Kasihan anjingnya @hotradero

Kalau kita takut – biasanya gerakan kita tiba2. Anjing akan menganggapnya sebagai ancaman & bereaksi atas itu. @siamsii

sepertinya ini to be continued, mari kita tunggu bersama🙂

Posted in: Uncategorized