tentang tidur dari @hotradero

Posted on December 21, 2010

0


Akan nge-tweet sedikit tentang tidur. Yang bila kekurangan, akan sama berbahayanya dg kekurangan gizi dan beresiko kematian dini.

Rata2 manusia jaman modern tidur antara 5-7 jam setiap malam. Angka ini sebenarnya kurang. Idealnya antara 7-9 jam tiap malam.

Saat tidur, tubuh memproduksi melatonin yg juga berfungsi sebagai zat pelawan kanker. Bila kurang tidur – resiko kanker naik.

Bagi wanita, setiap kekurangan waktu tidur, akan meningkatkan resiko kanker payudara hingga 200%. Pria? Resiko sakit jantung.

Resiko penyakit jantung pd pria akan meningkat dua kali lipat (100%) bila jatah tidur tiap malam kurang dari 7 jam setiap malam.

Bagi kaum wanita, resiko sakit jantung krn kurang tidur tdk besar, tapi akan menyamai resiko pria – setelah mencapai menopause.

Kurang tidur akan merusak kemampuan berkonsentrasi. Tidak tidur semalaman efeknya setara mabuk dg kandungan alkohol 0,08 %.

Pada tingkat alkohol 0,08% (bobot alkohol per bagian berat darah), sudah dianggap legally drunk di Amerika. Akan ditilang.

Bila anda kurang tidur secara akut – maka resiko kematian anda meningkat 20% dibandingkan orang yg sama tapi cukup tidur.

Semakin tua, kualitas tidur kita semakin menurun. Siklus tidur makin pendek & resiko terbangun membesar. Disebut angka ZQ.

Dari usia 20 tahun hingga usia 70 tahun, angka ZQ rata2 manusia turun hampir 20%-nya. Itu sebab manula lebih sulit sembuh.

Penyembuhan penyakit berlangsung paling efektif saat pasien dalam keadaan tidur. Semakin sedikit tidur – semakin sulit sembuh.

Wanita lebih sering terbangun saat tengah tidur malam. Rata2 mencapai 33 menit tiap malam. Angka rata2 pria adalah 25 menit.

Efek tidur juga tampak pd anak2. Anak yang tidur lebih lama – punya kans memiliki tingkat intelijensia (IQ) lebih tinggi.

Mengapa begitu? Karena pertumbuhan sel otak berlangsung mencapai puncaknya saat anak2 tidur. Semakin pulas, semakin baik.

Efek yg paling terasa dari kekurangan tidur adalah tekanan darah yg fluktuatif sesudah bangun. Akibatnya kerja sel2 terganggu.

Kaum wanita masih terlindungi oleh rangkaian hormon yg melindungi sistem pembuluh darah. Itu sebabnya resiko pria lebih tinggi.

Dan itu sebabnya mengapa sesudah menopause – resiko wanita jadi sama tingginya dengan pria – terkait gangguan pembuluh darah.

Bagaimana agar lebih mudah tidur? Yang utama: singkirkan TV dari kamar tidur. Benda itu pengganggu tidur paling utama.

Banyak orang mengaku bisa tertidur hanya setelah nonton TV – sebenarnya itu efek placebo. TV lebih banyak merusak pola tidur.

Agar kualitas tidur lebih baik – hindari cat warna biru pada dinding kamar tidur. Produksi melatonin terganggu warna itu.

Ada baiknya tidur dalam keadaan gelap – karena syaraf di belakang mata sensitif cahaya & itu pemicu produksi melatonin.

Semakin optimal produksi melatonin, semakin membaik kualitas tidur (walaupun jam tidurnya sama). Bonusnya: resiko kanker turun.

Melatonin adalah zat penekan kanker yg diproduksi tubuh. Pd penderita kanker – melatonin diinjeksikan ke tubuh dlm skala besar

Untuk orang sehat – dosis melatonin cukup antara 0,3 – 3 mg setiap tidur malam. Makin besar tidak selalu makin baik.

Orang yg mengkonsumsi melatonin biasanya bisa lebih cepat tertidur sekitar 15-20 menit. Efek sampingnya? Mimpinya lebih sering.

Untuk penderita insomnia, dokter biasanya memberi tablet melatonin yg ditaruh di bawah lidah – agar rilisnya jd berkala.

Melatonin juga direkomendasikan bagi penderita jet lag, krn melatonin berpengaruh pada siklus tidur & bangun (circadian cycle)

OK tweeps, begitu sedikit tweets tentang tidur & efek jelek dari kekurangan tidur.

Secara setara bobot – makanan yg paling banyak mengandung melatonin adalah… nasi/beras. @ranggasetyo

Saya belum pernah dengar itu “@prasadja: sekarang ada Ramelteon yg bekerja langsung pada reseptor melatonin. Lebih poten 10x dari melatonin”

Efek Placebo maksudnya adalah efek psikologis. Kadang manusia bisa sangat terpengaruh suatu hal yg sebenarya tdk berpengaruh @muhammadmuhyi

“@indriwiyono: minum susu sebelum tidur, agar tidur lbh berkualitas, krn tryptophan di dlm susu akan diubah mjd melatonin”

Sebaiknya panjang tidur malam mencukupi – karena disitu rentang istirahat terpanjang tubuh. @mribnu

Belum diketahui, tapi katanya terkait siklus dlm tidur “@gema_yugi: Apa korelasinya antara melatonin dan mimpi?”

Maksudnya kalau lampu nyala “@Ariefboediman: pak, kan waktu tidur lampu dimatikan menjadi gelap, apakah warna cat tetap berpengaruh pak?”

Nggak semua orang bisa tidur dlm gelap. Penulis cerita horor terkenal, Stephen King – tidak berani tidur dalam gelap.

Saya pernah punya teman insomnia. Selain fisik terganggu – ia juga jadi sering depresi mental. Pernah coba bunuh diri. @firdasuraida

Kemungkinan ya “@luqluqman: kata sinsei tmpt sy berobat jm 10-2 mlm golden time utk tidur. Selaras dgn wkt produksi antibodi, apa benar?

Coklat mengandung kafein. Nggak bagus buat tidur. “@salvian_ace: minuman coklat panas sebelum tidur jg punya efek yg sama kan pak? Re: susu”

Sumber cahaya & suara yg merusak siklus tidur. “@justadhi: TV mengganggu tidur knp? Kan buat pengantar tdur menggunakan sleep timer.”

Atas alasan sama, kepercayaan kebudayaan Cina melarang memasang cermin berhadapan dg tempat tidur. Pantulan cahaya bisa mengganggu tidur.

Nggak selalu. Melatonin punya dosis optimal. Terlalu banyak bisa mengganggu juga. Orang bisa merasa gerah/kepanasan. @luqmanp

Saya juga tipe “orang pagi” jam 5 pasti bangun & langsung segar. Kalau kurang, ya usahakan tidur siang /power nap. @andisaputra08

Ada yg namanya “sleep hygiene”. Maksudnya tempat tidur hanya untuk tidur & seks. Jangan kerja di tempat tidur. re: agar lbh gampang tidur.

Ada yg namanya “sleep hygiene”. Maksudnya tempat tidur hanya untuk tidur & seks. Jangan kerja di tempat tidur. re: agar lbh gampang tidur.

Anggur dlm volume terbatas (semisal setengah gelas) bisa membantu tidur. Lebih dari itu, bisa ngeganggu atau bikin sakit kepala besoknya.

Teh menenangkan syaraf – tapi sayangnya juga mengandung kafein. “@maungbulao: kalau minum teh sebelum tidur ada efek negativenya ngga pak?”

kadar lactose tidak terpengaruh oleh suhu susu yg dikonsumsi. @hakimabdul

 

Posted in: Uncategorized