tentang lampu LED dari @hotradero

Posted on December 21, 2010

1


Di rumah saya sedang mencoba lampu LED. Wattnya rendah, cahayanya terang dan konon punya daya tahan tinggi – bisa sampai 25 tahun.

Lampu LED punya daya tahan antara 25 ribu hingga 100 ribu jam. Banyak LED yg dipasang sejak tahun 1970-an masih bisa nyala sampai sekarang

Lampu LED saat ini harganya memang masih mahal, tapi kalau daya tahannya bisa 25-30 tahun – cukup masuk akal untuk dicoba.

Berbeda seperti lampu neon (TL) yg bisa rusak bila sering di-hidup-matikan berulang2 dlm waktu singkat. Pd lampu LED tdk ada pengaruh.

Ada tuh yg buatan Philips. Yg dipasang di rumah saya sih merk-nya nggak jelas. Buatan China. Tapi ok juga. @marrlala re:lampu_LED

Masih relatif mahal. Hampir Rp. 70 ribuan utk yg cahayanya setara lampu 100W. Mudah2-an bisa makin murah. @omgultom@Rardiasti

Sekarang ini LED (Light Emitting Diode) mulai banyak dipakai pada lampu senter – karena cukup terang, tahan lama & hemat listrik.

Yg saya tahu, lampu lalu lintas di beberapa negara mulai diganti pakai LED “@halimjm: lampu penerangan jalan mulai diganti dgn LED.”

Lampu LED ada yg bentuknya kayak bohlam biasa. Ada juga yg seperti deretan lampu berbagai warna & bentuk. @siamsii@marrlala

Yg saya lihat dijual di toko lampu LED merk Philips. Saya cek ternyata Osram Indonesia juga sudah rilis lampu LED.

Belum tau juga. Teknologinya masih baru sih. “@surya_boi: Tergantung merk gak bang? re: lampu led”

LED itu jenis lampu (semisal lampu pijar, lampu neon, dll). Merknya sih bisa macam2. Ada jg yg OEM (nggak bermerk) @melindakisworo

Yg pernah saya baca, China produsen LED terbesar di dunia – tapi mungkin akan habis mereka konsumsi sendiri krn kebutuhan tinggi.

Yg pernah saya baca, China produsen LED terbesar di dunia – tapi mungkin akan habis mereka konsumsi sendiri krn kebutuhan tinggi.

Lampu LED tidak memancarkan Ultra Violet ataupun Infra Merah – jadi warna di bawah sinar LED akan alami – tidak seperti lampu Neon.

Lampu pijar boros energi & tidak efisien antara tenaga listrik vs. output cahaya yg dihasilkan. @Barbara_Pejoth

Lampu Pijar permukaannya panas. Sebagian energi diubah menjadi panas yg tidak kita perlukan. Yg kita perlu kan cahayanya.

Lampu Neon sebenarnya berkedip2 dlm siklus sangat cepat. Banyak orang sensitif terhadap kedipan ini & mengeluh matanya lelah.

Light Emitting Diode (Dioda Pemancar Cahaya) “@CrystalOpera: LED kepanjangan dari apa ya?”

“@FebyGS: ada produksi INA, terdiri dr rangkaian 5 lampu LED + kabel & saklarnya yg bisa dinyalakan dng accu motor, cocok untuk pedesaan”

Ya saya pernah dengar LED digunakan sebagai lampu pedesaan karena umurnya sangat panjang & hampir tanpa pemeliharaan berarti.

Di sini yg mati aja belum diganti PLN…😦 “@halimjm: kalau di china, lampu penerangan jalan mulai diganti dgn LED. Hemat energi.”

Sekarang ini ada juga TV yg pakai teknologi LED – sebagai pesaing teknologi LCD & Plasma (yg sudah mulai ditinggalkan orang).

Hampir sama, cuma ukuran LED_nya keciiil banget & berbaris2. “@chillisilly: kalau TV LED maksudnya sama gak?”

Betul. Keluarga Dioda. “@arisdn: LED sebenarnya bukan lampu tp semikonduktor yg dikembangkan jd lampu”

Km berapa? @PilarWirotama: setahu saya di jalan tol Cipularang ada satu area yg lampu penerangan jalannya pake LED putih & tenaga surya:)

Ini pembandingnya tweeps “@arisdn: Konsumsi energi LED skitar 10% terhadap lampu pijar. Jd utk yg 100W, bisa pake LED 10W dg terang yg sama”

Ada yg bisa konfirmasi ini: “@demprul: LED buatan mahasiswa ITB sangat hemat energi namanya lampu Ganesha(kalo gak salah)”

Hampir sama “@denyoga: Aku punya senter #LED kok bisa terang ya? Sama gak sih dg flipo flop yg dulu kita rakit jaman ekskul SD”

Lampu pijar murah – tapi boros energi. Kalaupun harus ada subsidi – harusnya lampu pengganti yg disubsidi bukan listriknya.

“@NadyaArdianti: sebenarnya LED bukanlah teknologi br TV dlm hal panel spt LCD atau plasma tp lebih kpd teknologi backlighting”

“@rmzulkipli: Iya, LED ITB mmg keren! http://bit.ly/fe2JlK@hotradero @demprul FYI dibyk persimpangan palembang sdh pake LED + Solar cell”

Hebat juga Lampu Ganesha ini: konsumsi listrik 3 Watt cahaya yg dihasilkan bisa sama dgn bohlam 100 Watt.

Belum. Masih prototipe. @sayie007: Sdh ada dipasaran blm bang?RT @hotradero: Hebat juga Lampu Ganesha ini: konsumsi listrik 3 Watt

Belum. Masih prototipe. @sayie007: Sdh ada dipasaran blm bang?RT @hotradero: Hebat juga Lampu Ganesha ini: konsumsi listrik 3 Watt

Kalau satu lampu LED 3 Watt harganya Rp. 100 ribu, tp bisa tahan 10 thn – berarti ongkos lampunya Rp. 27 per hari.

Haduh… “@FebyGS: kenapa lampu LED lambat berkembang di INA, karena banyak industri lampu TL yg investasi di INA belum balik modal”

“@rmzulkipli: hitungankasar LED ITB td biaya listriknya cm 3rb/thn & bohlam 300rb/thn. Mslh harga LED bs disiasati dg produksimasal + sub”

“@padmakumaro: LED Philips yg masuk Time’s Best Inventions of 2009 http://bit.ly/e61NBh

“@sidarta_s: LED ideal dikombinasikan dgn solar panel + accu. Hemat listrik & tdk perlu converter DC/AC. Ideal utk desa yg blm ada listrik.”

Menurut saya sih iya. Saya baru coba skala kecil sih. @CrystalOpera: ok makasih om.. ,emang lebih bagus dari neon?

Menurut saya sih iya. Saya baru coba skala kecil sih. @CrystalOpera: ok makasih om.. ,emang lebih bagus dari neon?

Dengan penduduk 240 juta jiwa, masak sih nggak ada pasarnya? Sampai harus dijamin? Tinggal optimalkan skala produksinya saja. @trisetyarso

“@FebyGS: ada pabrik dicikarang yg mengganti sluruh lampunya dengan Lampu LED, ± 1.5 tahun investasinya kembali dr penghematan listik”

Dari 49 keping LED yg disusun. Urutan menyalanya diatur controller jadi terlihat serempak. @tuvokvulcan

OK segitu dulu tweeps tentang Lampu LED. Coba kita lihat apakah dalam waktu dekat ini juga akan menjadi berita?🙂

🙂 “@arisdn: intinya teknologi LED sdh siap menggantikan lampu konvensional (pijar,TL,sorot,dsb), tinggal tunggu waktu saja”

Lampu Ganesha masih protitip – belum diproduksi massal. Masih harus kita tunggu. @tuvokvulcan

Makin lama lagi dong… “@mrsarrazaq: Lampu jalan itu tanggung jawab Pemda, pak. Bukan PLN. RT: Di sini yg mati aja belum diganti PLN…😦

“@Gmontadaro: Pasti ..Philips melihat sebelum tahun 2015, 35% lampu dunia akan berubah jadi #LED

Iya, saya sudah baca tentang BYD. Sepertinya persaingan akan seru🙂 Polytron akan ikut bikin lampu LED jugakah? @boenming@gmontadaro

“@tweettarie: Di Cipularang lampu LED-nya buatan Bapak saya, dari Solarens nama perusahaannya, ada juga di Pasteur @PilarWirotama :)”

Posted in: Uncategorized