tentang gas dari @hotradero

Posted on December 21, 2010

0


Sepertinya ada kebocoran di kompor. Satu dapur jadi bau gas.

Sepertinya kompor yg biasa dipakai ada bagian pipanya yg patah, jadi gasnya bocor. Sudah hidupkan exhaust van utk keluarkan gas yg ada.

Sebenarnya gas alam dalam bentuk asli nggak ada baunya. Tapi itu kan berbahaya karena kebocoran jadi tidak diketahui.

Jadi waktu dimasukkan dlm tabung elpiji ditambahkan gas lain yg namanya Merchaptan. Gas ini di Guinness Book of Record masuk gas paling bau.

Itu sebabnya kita tahu gas di tabung/kompor elpiji kita bocor. Yg tercium itu sebenarnya bau gas Merchaptan – bukan gas alamnya.

Sorry sedikit salah tulis tweeps. Bukan Merchaptan tetapi Mercaptan. Nama persisnya gas Methyl Mercaptan atau Methanethiol.

RT @galuhew: @hotradero pemberian merchaptan digunakan sbg early warning agar pengguna tahu kebocoran sblm kepadatan gas di udara mencapai flamable range

Betul. Kalau sudah terlalu padat, saat tersulut sepertinya bisa ikut membuat tabungnya ikut meledak & bikin kebakaran. @galuhew

Harusnya sih ada. Kalau nggak gimana tau ada boco? “@tujukutu: mercaptan ini ada di BBG yg buat bis transjakarta gak bang?”

RT @galuhew: @hotradero jadi jikalau gas bocor, namun belum mencapai flamable range dan tak ada sumber yg menyebabkan percikan api, gas tak akan menimbulkan ledakan/kebakaran

Iya, berkat Mercaptan. Tapi sempat bertahun2 orang nggak ada ide, gas yg sangat bau seperti Mercaptan bisa dipakai untuk apa. @fonsa_r

Terdapat alami di alam lewat proses biologi, tapi juga bisa dibuat di lab. @andibacil: gas mercaptan ini dapetnya darimana?

Secara sintetis – gas Mercaptan bisa dibuat dg melakukan senyawa antara gas Hidrogen Sulfida & Keluarga Alkohol tertentu.

Apa yg kita kenal sebagai “bau kentut” itu adalah Gas Hidrogen Sulfida.

Dalam kentut ada campuran gas2 lain: karbon dioksida, monoksida, dan juga methane. Tapi Hidrogen Sulfida yg paling tajam baunya.

Tanpa bercampur gas2 lain, Hidrogen Sulfida baunya akan seperti bau telur busuk.

Ada. Keluarga olahan susu & kacang2-an pemicu utama “@fxmario: produksi hidrogen sulfida ada hubnya sama makanan yang dimakan gak bang?”

Biasanya kerjaan anak pramuka atau pencinta alam… “@achmad_marendes: waktu sma ada temen yg kentut di lilin, langsung berkobar *metana*”

tergantung dosis lah…🙂 “@diteynadine: tp dgn gas2 dlm kentut itu kalo kehirup ga berbahaya sama skali kan om?”

RT @myaowww: @hotradero pemicu gas buangan juga bs dari pisang,apel dan segala bentuk gandum dan olahannya. (dari Rachel Ray Show)

Kalau mau mengurangi volume gas kentut – perbanyak pasokan bakteri Lactobacillus Casei utk bantu pencernaan. @hanantosubiakto @myaowww

Lactobacillus Casei itu yg ada di minuman kesehatan merk Yakult ataupun Vitacharm.

Posted in: Uncategorized