sedikit tentang burma dari @hotradero

Posted on November 25, 2010

0


Saya jadi teringat istri saya yg pagi ini berangkat ke Burma. Sampai seminggu ke depan sulit untuk ada kontak via telepon.

Di Burma (disebut Myanmar oleh Junta Militer yg berkuasa), orang yg kedapatan punya modem tanpa ijin – bisa dijebloskan ke penjara.

Tekanan politik di dalam negeri, membuat orang2 paling cerdas & paling potensial di Burma – meninggalkan negeri itu. Pergi merantau.

Mereka memilih jadi “orang biasa” di negeri lain, karena hanya orang2 istimewa (dekat dg Junta Militer) yg bisa hidup lebih bebas.

Istri saya ke Burma terkait kerjaan. Visa-nya memang susah & petugas keduaannya cenderung rese…. @riezafm

“@ajiwar: Penggantian nama dari Burma ke Myanmar dan pemindahan ibukota ke Naypyidaw dikarenakan karena Junta Militer percaya hal2 klenik”

Istri saya memasarkan lensa IOL utk penderita katarak di Burma. Sedikit banyak tahu tentang Burma dari dokter2 mata yg ada di sana.

Dan dari dokter2 mata itu – diperoleh cerita bagaimana petinggi2 militer Burma melarikan & menyimpan uangnya di Singapura.

Sepertinya petinggi2 militer Burma adalah murid2 teladan untuk berbagai pelajaran penting yang mereka peroleh dari Rejim Suharto.

“@therealnurul: nih pendiri Taman Bacaan Pelangi @nilatanzil pernah ampir 2 bln traveling ke Burma. Jg nyaris ga bs dpt akses komunikasi.”

Oh nggak, ini cuma program reguler “@ajiwar: wah kalo ga salah operasi katarak di burma ini program PBB ya?ada di national geographic”

Bukan hanya internet & komunikasi yg dibatasi – pemilikan kendaraan bermotor juga. Harga mobil beberapa kali lipat di luar Burma.

Apa yg murah di Burma? Bebatuan mulia. Ruby, Zamrud, Giok, dll. Orang lazim membeli pakai sendok besar – persis seperti beli kacang.

Siapa yg untung? Penyelundup. Mereka beroperasi di perbatasan Thailand-Burma. Dan tentu saja mereka di-backing pejabat militer.

“@ajiwar: Salah satu negara yg melindungi burma adlh china,dkarenakan punya akses strategis k laut hindia,pasokan gas yg kaya& perdagangan”

Dan kita tahu bagaimana China juga menjadi pelindung rejim diktator di Korea Utara. Bila Suharto berkuasa – mungkin polanya akan sama.

Di mata pemerintah China, jelas Indonesia masih jauh lebih berharga daripada Burma atau Korea Utara – atau keduanya sekaligus jadi satu.

Thn 2011 Indonesia giliran memimpin ASEAN. Tahun ini Aung San Suu Kyi dibebaskan, & Pemilu diselenggarakan di Burma. Itu sebab Obama datang

Indonesia masih punya pengaruh di ASEAN & mungkin cuma Indonesia yg bisa mendorong ASEAN memaksa Burma membuka diri. Itu kalau RI mau…

Ya, bisa jadi. @anggawirastomo: Cina melindungi kedua negara itu dengan dalih mengamankan perbatasan mereka….

Juga Selat Malaka @Gmontadaro: Jelas, terutama natural resource “ RT: Di mata pemerintah China, Indonesia lbh berharga dprd Burma atau KorUt

Cadangan minyak Cina tdk lebih dr 15 hari. Bila Selat Malaka ditutup – Cina bisa krisis energi. Tanker dr Afrika harus muter cukup jauh.

Iya. Tapi kasian rakyatnya, nggak kebagian apa-apa… “@gatotpurwoko: Jadi inget tapestry buatan Burma, Bang. Best.”

Betul, Thailand susah diharapkan, krn mereka juga menikmati penyelundupan dari Burma & juga takut banjir pengungsi @LSAMLKASKUS

“@LSAMLKASKUS: Burma bisa diintervensi pake investasi, terutama oleh negara yg dianggap sahabat, spt indonesia. 1. untung. 2. influence.”

Beberapa dokter mata Burma menawarkan buat investasi jadi agen tunggal produk kesehatan. Tapi kita masih mikir soal kepastian bisnis.

Saya sekarang bisa ngerti, bahwa hal serupa juga yg ada di pikiran investor asing saat akan investasi di Indonesia, kalau birokrasi korup.

Militer Cina lemah di laut. Makanya dari dulu mereka tdk berani menginvasi Taiwan, karena harus nyeberang air… @jjay_twitt

Jgn lupa Jepang + India “@Gmontadaro: Yang pasti Cina juga butuh pasar Indonesia yg besar + kawan politik penyeimbang US influence in Asia”

Selat Malaka adalah selat tersibuk & terpenting di dunia. Sulit tergantikan. Antara 60-100 ribu kapal melewatinya tiap tahun. @Gmontadaro

IEA punya kebijakan bahwa suatu negara bila telah mencapai ukuran tertentu – harus punya cadangan minyak cukup 60 hari. @elvironovianus

 

Posted in: Uncategorized