tentang cola dari @hotradero

Posted on November 18, 2010

0


Berarti Dr. John Pemberton masuk surga.🙂 RT @acopatunru: Semoga penemu cocacola masuk surga, begitu pula penemu es batu.

Berarti supaya adil – Dr. Caleb Bradham yg membuat Pepsi-Cola juga harusnya ikutan masuk surga. Coca Cola mustahil bagus tanpa Pepsi.

Baik Coca Cola maupun Pepsi Cola – dua-duanya didirikan oleh ahli farmasi. Dan dua-duanya bersal dari daerah Selatan Amerika.

Ini gara-gara @acopatunru ngomongin Coca Cola & es batu… jadi kepikiran utk nulis kultwit pendek tentang persaingan Coca Cola & Pepsi

Coca-Cola duluan muncul, yaitu 1886 di Atlanta Georgia. Diramu oleh Dr. John Pemberton mulanya sebagai obat bagi penderita insomnia.

Bahan bakunya adalah Buah Kola yg berasal dari Afrika & rendaman daun Coca yg berasal Amerika Selatan. Maka jd bernama Coca Cola.

Dan waktu pertama kali muncul, Coca Cola hanya dijual di Apotik. Wajar saja – karena yg meramu seorang ahli farmasi.

Dr. John Pemberton sebenarnya nggak orisinil banget. Beberapa tahun sebelum Coca Cola muncul – sudah ada demam minuman Cola di Amerika.

Bahan dasarnya sama: buah Kola (Cola) Afrika. Prosesnya buah itu dikeringkan lalu diambil ekstrak-nya lalu dicampur gula & air soda.

Itu ide orisinil membuat teh bisa tahan dlm botol pakai pemanasan singkat @metta_ds: Kalo doa istri saya buat penemu Teh Botol mas

Buah Kola dianggap berkhasiat timbulkan rasa segar. Biasa dikunyah penduduk Afrika. Baru dikemudian waktu diketahui ada kafeinnya.

Bagaimana Kola yg mengandung kafein malah bisa dibikin jadi obat anti-insomnia oleh John Pemberton? Kuncinya ada di ramuan Coca.

Di masa awal – ramuan Coca Cola ikut berisi sari daun Coca, yg dilarutkan menggunakan alkohol. Dan kita tahu Coca bahannya Kokain.

Sebelum abad-20 – org memang belum mengenal Cocaine/Kokain sebagai salah satu bahan narkotik. Masih dianggap bahan biasa.

Itu kerjaannya pendeta🙂 RT @ahmadgozali: Penasaran juga dengan sejarah & cara pembuatan air berkarbonasi (air soda). Bisa dishare juga?

Orang pertama yg membuat Air Soda adalah Joseph Priestley. Nggak ada hubungan sama Elvis Presley🙂 Kerjaan sehari2-nya pendeta.

Kalau tdk sedang menyusun khotbah, Romo Priestley ini punya hobby bereksperimen dg gas & cairan kimia. Ia jg ikut menemukan oksigen.

Maksudnya menemukan oksigen adalah: memisahkan oksigen dr udara secara umum & menggambarkan sifatnya. Ia cuma kalah cepat dari Lavoisier.

Walau bisa memisahkan oksigen dr udara – tp penemuan Joseph Priestley yg paling terkenal adalah air soda. Gas bisa dilarutkan dlm air.

Bagaimana caranya? Dengan mengubah besaran tekanan udara. Pada tekanan tertentu & eksposure terus menerus – gas bisa larut air/cairan.

Priestley membuktikan penemuannya dg keberhasilan melarutkan gas karbon dioksida ke dalam air yg dicobakan di sebuah kedai minum di Leeds.

Air Soda jadi kejutan, krn rasanya beda dari air biasa. Agak menggigit. Dan seperti biasa air soda dianggap punya berbagai khasiat ini-itu.

Air Soda dianggap bisa menyembuhkan cegukan, konstipasi, & bahkan penyembuh penyakit kulit dan kudis. Maklumlah, temuan baru.

Twitnya jd rada nge-bajaj ya? Nggak juga – krn Kola + daun Coca + air soda — menjadi tema jualan yg hebat dr. Dr. John Pemberton.

Dan Coca Cola menjadi sukses besar – krn ada satu selebritis mengakui kepada umum bahwa ia peminum Coca Cola. Org itu Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison penderita insomnia akut. Ia bisa tidak tidur selama berhari-hari. (Itu jg sebabnya banyak yg tdk betah bekerja dg Edison)

Edison bilang: ia akhirnya bisa tidur setelah sering minum Coca Cola. Ilmuwan sekarang tdk percaya itu: Edison punya siklus tidur unik.

Siklus tidur Edison pendek & dalam. Ia bisa benar2 tidur dlm waktu 10-15 menit – lalu terbangun & segar. Org tdk tahu ia sdh tidur.

Kalaupun ada periode Edison tdk tidur berhari2 – itu krn kecemasannya yg tinggi. Edison sebenarnya tdk terlalu pintar – tapi gigih.

Jadi, bisa jadi tdk ada efeknya Coca Cola pd pola tidur Edison. Tapi org percaya pada ucapan Edison & Coca Cola menjadi terkenal.

Sejak itu petinggi Coca Cola percaya bahwa selebritis bisa sangat berpengaruh pd penjualan suatu produk. Itulah awalnya iklan besar2-an.

Dan petinggi Coca Cola pun serius. Mereka mempatenkan merk, model huruf tulisan Coca Cola, dan bahkan sampai ke bentuk botolnya.

Tulisan Coca Cola yang hurufnya meliuk-liuk itu adalah hasil karya Frank Robinson. Ia juga yg merekomendasikan nama Coca Cola.

Padahal Frank Robinson kerjanya sehari-hari adalah akuntan di pabrik tempat Dr. Pemberton memulai pembuatan ramuan Coca Cola.

Frank Robinson ini jg yg memperkenalkan ide membagi-bagikan sampel gratis Coca Cola via kupon di keramaian. Iklan yg terencana.

Sementara utk botolnya yg unik, perlu menunggu lebih lama. Botol Coca Cola yg berkontur itu adalah hasil lomba tingkat nasional.

Coca Cola membuat sayembara mendesain botol di antara para para pembuat botol. Botol itu harus unik & dikenali bahkan dlm gelap.

Di tahun 1915, Earl R. Dean memenangkan lomba itu dg desainnya: botol yg berulir. Unik & semakna dg model tulisan Coca Cola.

Coca Cola jg punya masalah. Di awal abad 20 muncul sentimen anti Cocaine. Pemilik baru Coca Cola, Asa Candler bereaksi dg mengurangi kadar.

Dan posisinya sebagai minuman ringan (dan bukan lagi obat yg dijual di apotek) – membuat Asa Candler menghilangkan unsur Coca dr Coca Cola.

Metode melarutkan daun Coca dg alkohol jg dikurangi & tdk ada lagi jejak alkohol maupun esktrak Coca dlm Coca Cola sejak 1929.

Bagaimana dg cairan Coca Cola yg berwarna mendekati hitam pekat? Apakah begitu karena pakai zat pewarna tertentu? Ternyata tidak.

Aslinya Coca Cola berwarna jernih (seperti Sprite) – namun agar unik maka diberi warna dg cara khusus: dilewatkan pd karamel.

Jadi yg memberi warna gelap pd Coca Cola adalah karamel (gula yg dihanguskan). Dulu tdk begitu masalah – tp sekarang gula dianggap masalah.

Tadi cerita tentang Coca Cola – lalu bagaimana dg Pepsi Cola? Kenapa nama Pepsi muncul? Ternyata ada hubungan dg sakit perut.

Kalau Coca Cola awalnya diiklankan sebagai obat insomnia – maka Pepsi Cola dipromosikan sebagai obat penyakit dyspepsia (stomach upset).

Nama Pepsi Cola tersebut didaftarkan pd tahun 1903. Lambat laun dikenal bukan sebagai obat tetapi sbg minuman ringan bersoda.

Iya katanya sih begitu. Belum coba sih “@andywilliameade: saya pernah denger katanya buah kola itu rasa aslinya pahit sekali, bener ga sih?”

Maksudnya dialirkan & mengendap bersama karamel hingga sama2 berwarna gelap. “@ferzyferlian: Maksudnya dilewatkan?”

Iya, dan dulu warnanya sering tdk konsisten. Berubah2. RT @saintpooney: pernah baca kalo dulu coca cola warnanya hijau… Benar begitu om?

Ttp menang Teh Botol di Indonesia. Bahkan kalaupun Cola keroyokan. @metta_ds: Di Industri minuman, perang Coca Cola vs teh botol memang seru

Beda banget & dulu pernah jadi heboh. “@ARIEFSYAIFUL: Pepsi n Coca Cola itu rasanya beda ga bang?”

Awalnya krn Coca Cola berusaha membuat rasa baru – setelah puluhan tahun memiliki rasa yang sama terus menerus. Itu thn 1985.

Kenapa begitu? Krn Coca Cola terlambat masuk ke segmen minuman Cola dg rendah kalori. Pepsi lebih dulu masuk ke segmen pasar itu.

Generasi Baby Boomers yg beranjak dewasa, lebih menaruh perhatian pd kesehatan – sehingga Pepsi lebih disukai ketimbang Coca Cola.

Dengan pangsa pasar yg semakin menyusut terutama karena “dirampas” oleh Pepsi – maka Coca Cola mencoba membuat terobosan.

Coca Cola (“Coke”) membuat New Coke. Ini saat Coca Cola dibawah manajemen Goizueta. Pertama dicoba pd sampling kecil.

Hasilnya bagus, tetapi ternyata tdk dicobakan pada kelompok yg lebih heterogen. (mahasiswa statistik pasti tahu kesalahan model begini).

Ketika launching dg rasa baru, New Coke diharapkan bisa membuat orang beralih dr Pepsi – ternyata gagal. Yg terjadi malah sebaliknya.

Orang2 yg semula fanatik dg rasa Coca Cola merasa lidahnya dikhianati & mereka menyatakan kekecewaannya secara frontal.

Mereka mengancam memboikot Coca Cola. Terpaksa Coca Cola menyerah: New Coke berubah jadi Coke II, sementara Coke lama jd Coke Classic.

Tapi tindakan blunder ini efeknya kuat. Pangsa pasar Coca Cola tdk bisa lagi pulih. Saat ini Coca Cola kalah di dalam Amerika.

Tetapi di luar Amerika; posisi Coca Cola masih sangat kuat dibandingkan Pepsi. Sehingga persaingan antara keduanya masih berlangsung.

Bagi yg belajar finansial: Laporan Keuangan Pepsi sering jadi contoh laporan keuangan yg bagus & transparan di buku2 keuangan.

Sementara bagi yg belajar marketing – mustahil tdk menyebutkan nama Coca Cola – baik dlm strategi marketing baik yg bagus maupun yg jelek.

Di Indonesia, hingga masa 90-an – Coca Cola & Pepsi masih bersaing. Tapi kemudian Pepsi keluar dari Indonesia krn kalah telak.

Baru pada awal tahun 2000-an, Pepsi Cola masuk kembali ke Indonesia – dan bersaing kembali dg Coca Cola…

“@OkkiAnjani: Ktika coke kmbli ke rs classic, pepsi mliburkan karyawannya.Seolah mryakan pngakuan coke yg memang meniru rs pepsi #colaWars

Intinya kembali ke apa yg diucapkan @acopatunru – kalau yg bikin Coca Cola bisa masuk surga – maka yg bikin Pepsi seharusnya juga di sana.

Intinya: persaingan membentuk karakter & memaksa orang utk berinovasi dg berbagai cara & metode baru. Ini bagus bagi konsumen.

“@harynovianto: Artikel di Businessweek, Coca-cola mulai fokus di Africa u/ menjaga growth mereka. Pasar lain mulai stagnan”

Coca Cola yg memang kuat di marketing – pernah berinovasi dg film sebagai iklan terselubung, yaitu film “The Gods Must Be Crazy”

Di tahun 1980-an, Coca Cola pernah menjadi pemilik Columbia Pictures, perusahaan itulah yg mendistribusikan film The Gods Must Be Crazy.

Iya, faktor itu dominan “@sisogi: Menurut sy, salah satu hal yg membuat Pepsi bertahan di Indonesia adalah krn ‘nempel’ dgn KFC :)”

Aslinya di KFC selalu hidangkan Pepsi Cola. Tp ini tdk terjadi di Indonesia saat Pepsi menghilang di 1990-2000. Yg ada Coca Cola…

Padahal franchise KFC, Pizza Hut, dan A&W aslinya dipegang oleh anak perusahaan Pepsi Cola. Ya mau gimana? Nggak ada rotan, akar pun jadi.

Nggak lah. Itu ngada-ngada… @ferinadebby: Benar gak sih di luar negeri coca cola dipake buat ngebersihin toilet?

betul. “@peteryeah: dlihat dr sisi korporasi, bkn sbu, pepsi berdiversifikasi luas di industri f&b, diantaranya Lays, quackeroat, dll.”

“@cosmologeek: @hotradero Ketika Michael Jackson tumbang d tengah konser, Coke mengeluarkan iklan koran hny dgn tulisan, “Dehydrated?”. :D”

Kan udah dibeli Sosro “@ridodolipet: skrg McD Indonesia juga sajikan teh botol sosro kn Pak.buat saya si aneh.paling cocok memang dgn cola.”

“@ameoktavia: kayaknya Pepsi tahun 1998 udah ada lagi deh di Indonesia, soalnya saya beli pepsi buat ngumpulin posternya David Beckham :D”

Susah, krn cuman orang Indonesia yg minum teh secara “sembarangan”…🙂 “@hosa15: teh botol bisa mendunia ga bang?”

Di Barat dan apalagi di Timur (Cina & Jepang) – membuat, minum & menyajikan teh itu selalu serius & cenderung seremonial.

*barutau* “@devitaharya: Teman saya setiap flu selalu minum Coca-Cola dingin sebagai obat. Selalu manjur. :)”

“@DianOnno: di resto2 sunda(di daerah jabar)biasanya teh dikasih gratis.Kata Ayah sy yg pembela teh rakyat:”Gimana mau dihargai kl gratis?”

Tergantung obat apa dulu…”@noorf: bukannya kalo minuman bersoda ketemu obat2an bahaya ya?”

Betul, Baking Soda bisa dipakai utk bersihkan toilet dll. Kalau pakai CocaCola malah nggak efektif. @sandjaja

 

Posted in: Uncategorized