tentang kedudukan Indonesia dalam ASEAN dari @hotradero

Posted on November 10, 2010

0


Indonesia tetap penting kok bagi Amerika. Di ASEAN tidak ada yg bisa menggantikan posisi Indonesia. Dan ASEAN kawasan penting @assyaukanie

Seringkah Presiden Amerika mengunjungi Malaysia atau Thailand? Jangan kata Singapura. Tp setiap presiden Amerika SELALU kunjungi Indonesia.

ASEAN jadi ajang pengaruh Cina, Jepang, Korea, India & Amerika. Tanpa Indonesia – ASEAN tidak berarti apa-apa. Indonesia proxy-nya ASEAN.

Cina, Jepang & Korea sebenarnya saling tidak suka satu sama lain. India tdk suka Cina krn negara itu rencana bangun pangkalan di Pakistan.

Dan Asia Timur punya potensi masalah di Kepulauan Spratly & Paracel. Mungkin cuma Indonesia yg tdk merasa perlu rebutan kepulauan itu.

Masalahnya Indonesia sering tidak tahu konstelasi politik luar negeri itu. Kita terlalu sibuk urusan dalam negeri. Jd sulit pegang peranan.

Ingin bicara dg salah satu pihak di Timur Tengah? – Amerika akan gunakan saluran Indonesia, krn Indonesia bisa sebagai honest broker.

Arab Saudi sulit bicara langsung dg Iran. Juga sebaliknya. Sunni vs. Syiah masih sangat kuat. Tapi semua akan mau dengar Indonesia.

Cuma dari dulu Diplomat Indonesia nggak sadar akan hal ini. Entah mereka ngurusin apa… diplomasi nggak jalan – TKI tetap terlantar.

Yg tadi saya sampaikan bagian dr pendapat seorang diplomat senior asal Eropa. Mereka sendiri heran mengapa Indonesia tdk sadar peran.

Chindia memang penting – tapi keduanya punya agenda besar sendiri2. Dan sebagai kekuatan nuklir, keduanya sulit dikendalikan. @assyaukanie

Pengaruh Jepang meredup – tetapi tetap besar. Itu sebabnya Jepang perlu sekutu terutama di kepulauan Asia Timur & Tenggara. Ini kesempatan.

Di sisi lain, China lebih dekat dgn anggota ASEAN daratan (Myanmar, Thai, Cambodia, Laos, Vietnam), tp tetap perlu amankan Selat Malaka.

China pernah mendukung gagasan Thailand utk membuat terusan di Genting Kra, Thailand – agar bisa mem-by-pass Selat Malaka.

China jg berencana bangun rel kereta api sampai ke Thailand. Bila ini terjadi ASEAN bisa terpecah akibat pengaruh kuat China.

Satu2-nya yg bisa menjaga ASEAN tetap utuh – ya cuma Indonesia. Dan itu baik bagi kepentingan lebih banyak negara & kekuatan regional.

Malaysia terlalu kecil & lemah. Lebih susah utk konsisten. RT @aliscabastari: knp ngga Malaysia yaa, Bang? re: Iran, TimTeng

Posted in: Uncategorized