tentang madinah dari @zuhairimisrawi

Posted on October 20, 2010

0


1. Baiklah kita mulai kultuit ttg #madinah @fadjroel @fahiraidris @Iweltweet @dr_meti09

2. Madinah adalah salah satu kota suci umat Islam. Terletak di dataran tinggi dan persimpangan tiga lembah: ‘aql, aqiq dan himd.

3. #madinah berarti kota, yg menghadirkan visi kuat tentang fondasi agama dan masyarakat.

4. Islama sbg ajaran “rahmatan lil ‘alamin” dikukuhkan di #madinah. Krn di kota inilah dikukuhkan multikulturalisme, yaitu Piagam Madinah

5. #madinah juga dikenang sebagai “kota kurma”, krn salah satu kurma terbaik di dunia berasal dari kota ini, yg dikenal dgn kurma ajwa.

6. #madinah adalah kota yg identik dan melekat dgn nabi. Kota ini dipilih nabi sebagai persinggahan terakhir dlm hidupnya.

7. Sebelum Islam, #madinah dikenal dgn Yatsrib. Yaitu mengacu pd orang pertama kali menetap di kota ini: Yatsrib bin Qaniah bin Mahlail

8. Ptolemy, ahli geografi asal Yunani menyebut Yatsrib dgn nama “iathrippe” dan “Iothrippe”.

9. Al-Mas’udi, sejarawan muslim, menyebutkan bahwa dua kaum yg menempati Yatsrib, yaitu Shu’al dan Faleg.#madinah.

10. Setelah itu, suku Arab yg menempati Yatsrib yaitu Arab Amalekit. Mereka gemar bercocok tanam, khususnya menanam kurma.#madinah.

11. Kaum yg sangat lama dan populer di #madinah pra-Islam, yaitu Yahudi.

12. Yahudi dikenal sebagai kaum yg ulet dan pekerja keras, sehingga mereka mampu mendayagunakan tanah #madinah yg subur.

13. Ketersebaran Yahudi di Arab, termasuk #madinah pra-Islam terkait klaim, krn tanah Arab merupakan warisan Ibrahim.

14. Alasan lain dipilihnya #madinah sebagai tempat tinggal, krn kota ini merupakan kota yg aman dari intimidasi orang-orang Romawi.

15. Kaum Yahudi eksodus dari Mesir, Suriah dan Yaman. Hingga akhirnya mereka menetap di #madinah.

16. Kaum Yahudi yg pertama kali dtg ke #madinah, yaitu Qainuqa, Quraidzah, Nadhir, dan Yahdhal.

17. Konon, menurut sejarawan, Yahudi #madinah tdk tertarik dgn proliferasi ajaran. Mereka konsern dengan perniagaan.

18. Hal tersebut menyebabkan Yahudi tdk mengalami perkembangan signifikan dari segi jumlah di negeri Arab lainnya.#madinah

19. Orang-orang Yahudi di #madinah dikenal sbg masyarakat yg inklusif. Faktanya, suku-suku Arab lainnya diperkenankan menetap.

20. Suku Aws dan Khazraj menetap di #madinah. Dan bahkan, orang2 Yahudi mau menerima kedatangan Nabi dlm hijrah.

21. Bahkan, orang2 Yahudi ingin melihat Nabi, krn bagi pemuka Yahudi, Muhammad adalah pemimpin besar sebagaimana dijanjikan dlm nubuat mrk.

22. Dalam hal ini, kita patut berterima kasih kpd orang2 Yahudi krn sebagai mayoritas, mereka mau menerima ke hadiran Nabi di #madinah.

23. Sbb itu, kalau melihat Yahudi di Israel kita akan berang, tp berbeda dgn Yahudi di #madinah yg menerima Nabi dgn hangat.

24. Orang Yahudi di #madinah terlibat pertikaian dgn suku Aws dan Khazraj, sehingga mereka pun hrs keluar kota tersebut.

25. Nabi datang ke #madinah sebagai imigran. Ia disambut dengan sangat luar biasa.

26. Nabi hadir dlm kapasitasnya sebagai teladan. Pertama kali yg dilakukan adalah membangun masjid. #madinah

27. Pada zaman Nabi, masjid tdk hanya berfungsi sbg tempat shalat, tetapi juga pendidikan dan kepedulian sosial.#madinah.

28. Sikap ini menimbulkan simpati dari kalangan non-muslim, bahwa agama yg dibawa Nabi yaitu agama yg mencerahkan dan mendamaikan.#madinah

29. Sbb itulah, Nabi didaulat sebagai inisiator kesepakatan bersama yg dituangkan dlm Piagam Madinah.#madinah

30. Mereka memilih Nabi sbg inisiator piagam tersebut, bukan krn agama yg dianutnya, ttp karena keteladanan dan kepemimpinannya.#madinah

31. Beberapa ayat al-Quran mengisahkan, bahwa orang2 Yahudi #madinah seringkali berkonsultasi kpd Nabi dlm memecahkan masalah mereka.

32. Nabi tdk pernah memaksa mereka untuk memeluk Islam. Nabi justru meminta mereka agar merujuk Taurat dan patuh pada ajaran Yahudi.#madinah

33. Nabi memimpin #madinah dgn cinta. Sebab itu, kata Nabi, cintai para penduduk bumi, niscaya kamu akan dicintai Tuhan.

34. Memang, terjadi perang di sekitar #madinah, hal terkait dengan kaum pagan Quraysh Mekkah yg senantiasa mengancam Nabi dan pengikutnya.

35. Setelah Nabi berkuasa di #Madinah dan menguasai Mekkah, maka Nabi menegaskan kembali ttg pentingnya hak asasi manusia.

36. Nabi wafat dan dimakamkan di #Madinah. Jejaknya msh terasa kuat jika kita berziarah ke makamnya di lingkungan masjid nabawi.

37. Itulah kultuit #madinah. Jk ingin tahu lebih dalam silahkan membaca buku saya, MADINAH: KOTA SUCI, PIAGAM MADINAH, DAN TELADAN MUHAMMAD.

38. Selamat malam dan selamat istirahat.

Posted in: Uncategorized