tentang Excessive Daytime Sleepiness dari @dr_meti09

Posted on October 20, 2010

0


Mari teman2 kita mulai serial twitt hari ini yaitu Excessive Daytime Sleepiness ato #EDS

1. #EDS ato hypersomnia dapat dikatakan sbg kantuk berlebih di siang hari

2. Ini merupakan salah satu gejala orang menderita gg tidur #EDS

3. #EDS merupakan gejala yg penting dalam mendeteksi adanya gg tidur..apa saja??

4. Paling ringan seseorang mengalami kelelahan n kurang tidur krn seseorang dituntut untuk produktif shg tdk jrg mengorbankan jam tdur #EDS

5. Tapi tahukah anda bahwa tidur yg kurang akan menurunkan produktivitas?bhkan daya tahan tubuhpun akan berkurang #EDS

6. Kemungkinan lainnya diakibatkan oleh gg tidur obstructive sleep apneu dan periodic limb movements yg mnyebabkan tidur jd terpotong2 #EDS

7. Yg mungkin paling jrg ditemui adlh Narcolepsi,dimana seseorang sulit untuk menahan dorongan untuk tidur bhkan saat aktivitas #EDS

8. Tp jgn cepat2 anda mengira kalau anda terkena gg tidur,lihat faktor2 lain seperti kecukupan vitamin,mineral,dan nutrisi #EDS

9. Anda mungkin mengalami #EDS,jika kebnyakan dr gejala ini anda alami…

10. Selalu mrasa lelah,sering mengantuk,sering tertidur dalam rapat,kurang bersemangat,sulit konsentrasi,mudah lupa,libido turun #EDS

11. Pada ibu hamil dan melahirkan,,biasanya sering mengalami #EDS

12. Pertama,seorang ibu dari bayi jelas akan terganggu tidurnya,krn hrus mengikuti pola tidur bayi #EDS

13. Kedua,ibu hamil rentan sekali menderita sleep apneu (henti napas saat tidur),pada pria ditandai suara mendengkur,pada wanita tidak #EDS

14. Selain memperburuk kualitas tidur juga dpt menyebabkan hipertensi pada ibu hamil #EDS

15. Kebutuhan tidur remaja-usia 30tahun adlh 8,5-9,25 jam sehari..usia dewasa 8jam #EDS

16. Jam biologis remaja-dewasa muda memang baru mengantuk setelah lewat tengah malam #EDS

17. Jgn terlalu cepat menilai diri menderita narcolepsy,lihat 4tanda klasik berikut…#EDS

18. Narcolepsy: kantuk berlebih #EDS

19. Narcolepsy: Cataplexy,tiba2 lumpuh setelah emosi kuat (gembira) #EDS

20. Narcolepsy: Hypnagogic hallutination,seolah melihat org lain di dlm kmar #EDS

21. Narcolepsy: sleep paralysis,menjelang tidur tubuh tidak bisa bergerak,napas terasa berat —> srg disebut tindihan #EDS

22. Ada bbrapa hal yg menyebabkan kita sering mengantuk #EDS

23. Gangguan saraf #EDS

24. Apabila saraf otak terganggu maka pengaruh aliran darah pun kurang #EDS

25. Penyakit tertentu #EDS

26. Penyakit diabetes kelebihan gula dalam darah yg menyebabkan kerusakan saraf #EDS

27. Kualitas tidur terganggu #EDS

28. Terlalu sering tidur #EDS

29. Terlalu sering tidur membuat membuat tubuh tidak bisa bekerja,akibatnya tubuh mudah lelah dan cepat mengantuk #EDS

30. Kurangnya asupan oksigen ke otak #EDS

31. Gula dan karbohidrat sderhana bs mningktkan energi,tp kbnyakan mengonsumsinya menyebabkan rasa kantuk #EDS

32. Glukosa yg masuk ke dalam tubuh akan cepat diserap oleh tubuh krn unsurnya sederhana #EDS

33. Penurunan gula darah yg terlalu drastis akan mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendaptkan oksigen untuk pmbkaran #EDS

35. Rasa kantuk yg mnyerang sehabis mkan merupakan suatu reaksi “food coma” #EDS

35. Bnyak hal yg bisa mengakibatkan food coma ini #EDS

36. Kalau mkanan yg kita konsumsi terlalu besar,tubuh kita bekerja ekstra keras untuk mengolahnya,akibtnya tubuh menjadi lelah #EDS

37. Kalori sama halnya dgn energi #EDS

38. Dengan mengonsumsi mkanan dlm porsi seimbang,rasa kantukpun enggan mendekat krn kadar gula dlm tubuh meningkat #EDS

39. Disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana #EDS

40. Kelelahan juga diakibatkan dari asupan mkanan yg tdk cocok dikonsumsi tubuh #EDS

41. Jadi seperti apa karbohidrat kompleks itu?? #EDS

42. Karbohidrat kompleks yaitu karbohidrat yg kurang manis dan tidak mudah diserap tubuh #EDS

43. Kalo susah diserap tubuh,tidak bnyak kalori yg disimpan menjadi lemak,membuat energi kita selalu terpasok #EDS

44. Ini dia daftar makanan yg sering buat anda cepat mengantuk #EDS

45. Hindari sarapan yg manis2 #EDS

46. Selain penurunan kadar gula darah cepat,makanan manis jg mnrunkan produksi zat kimia dlm otak yg berfungsi membuatnya tetap menyala #EDS

47. Minuman berenergi mengandung gula tinggi dan kafein #EDS

48. Bbrpa lama setelah minum,gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong #EDS

49. Hindari Makanan berlemak #EDS

50. Organ pencernaan butuh waktu 6-8 jam untuk mencernanya #EDS

51. Makanan berlemak jg diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang #EDS

52. Makanan rendah zat besi #EDS

53. Zat besi adalah zat pembangun energi dan kalori #EDS

54. Anda akan merasa lelah jika kekurangan zat tersebut #EDS

55. Paha ayam lebih baik dibandingkan dadanya dalam meningkatkan zat besi #EDS

56. Daging merah jg tinggi zat besi tp lebih bnyak kolesterol #EDS

57. Labu juga mengandung zat besi yg tinggi #EDS

58. Hindari minuman beralkohol #EDS

59. Alkohol dapat menyerap energi dari tubuh krn mengandung melatonin yg tinggi,hormon yg memproduksi rasa kantuk #EDS

60. Tp jgn gunakan alkohol sbg obat tidur,ganti oleh susu #EDS

61. Persepsi salah ttg kangkung #EDS

62. Org2 slama ini beranggapan bhwa serat yg sulit dicerna ini menyebabkan tubuh kita membutuhkan bnyak oksigen #EDS

63. Logikanya oksigen yg menuju kepala diserap ke perut dan usus untuk membantu pencernaan kangkung #EDS

64. Tapi lagi2 ini bukan penyebab kantuk!!! #EDS

65. Buktinya bayam,sawi hijau yg bnyak seratnya tidak menyebabkan kantuk #EDS

66. Secara fisiologis tubuh kita mempunyai alarm untuk mengingatkan bhw tbuh memerlukan istirahat yg ckup #EDS

67. Apabila tubuh perlu istirahat,akan memberikan kode berupa rasa kantuk #EDS

68. Apabila dgn kode mengantuk kita tidur,maka setelah bangun tubuh akan terasa bugar #EDS

69. Sebab saat tidur tubuh akan memanfaatkan zat kelelahan (asam laktat) untuk diolah kembali dalam hati menjadi energi #EDS

70. Proses itu terjadi pukul 24:00 sampai pukul 02:00 jadi berilah tubuh istirahat terutama pukul tersebut #EDS

71. Apabila kadar gula darah kurang dari 80mg/dl,,maka otak tidak dpt menrima aliran drh dr otak,krn otak tdk bs menyimpan cdngn gula #EDS

72. Selanjutnya lensa mata yg mngalami myopia (mata minus),apabila tidak dikoreksi akan menyebabkan mata mudah lelah dan mngantuk #EDS

73. Kekurangan biotin (vit B) dpt mnyebabkan mengantuk #EDS

74. Biotin diperlukan untuk metabolisme lemak dan karbohidrat #EDS

75. Biotin terdapat pada hati,ginjal,pankreas,telur,susu,ikan dan kacang2an #EDS

76. Org yg sering mengonsumsi telur mentah slm bbrp minggu sering kekurangan biotin,krn mngndung suatu bhan yg mengikat biotin dlm tbuh #EDS

77. Ternyata ngantuk bs diatasi dgn bbrp trik #EDS

78. Pertama,jika kita ngantuk dan kita nyerah,maka kita akan cepat untuk tidur #EDS

79. Kedua,rasa mengantuk itu seperti parabola terbalik,jika kita bertahan sampai puncaknya,maka rasa ngantuk itu akan hilang #EDS

80. Ketiga rasa mengantuk itu akan hilang ketika ada sesuatu yg membuat seseorang surprise #EDS

82. Bbrapa perlakuan fisik juga bisa memutus rasa kantuk #EDS

83. Oke semoga brmanfaat teman2 cozz saya sudah mengantuk,,c yaaa #EDS

Posted in: Uncategorized