#PMS dari @dr_meti09

Posted on October 20, 2010

0


1. #PMS alias premenstrual syndrome kumpulan gjala fisik,psikologis dan emosi yg terkait dgn siklus menstruasi wanita

2. Gejala #PMS dpat diperkirakan dan biasanya terjadi regular 2minggu sblm menstruasi

3. #PMS dpat hilang begitu dimulainya perdarahan namun dapat berlanjut setelahnya

4. 14% wanita usia 20-35taun #PMS dpt terjadi hebat shg mengharuskan mereka istiraht dr skolah atau kantornya

5. Gg kesehatan brupa pusing,depresi,atau perasaan sensitif berlebihan 2minggu sblm mens dianggap lumrah bagi wanita usia produktif #PMS

6. 40% wanita usia 14-50tahun mengalami #PMS

7. Penyebab munculnya #PMS memang belum jelas

8. Ada yg menyebutkan krn tidak adanya keseimbangan antara estrogen dan progesteron #PMS

9. Teori lain blg,adanya hormon estrogen yg berlebihan #PMS

10. Salah satu kmngkinan yg sdg diselidiki adlh prbdaan gnetik pd sensitivitas reseptor yg mnyampaikan pngeluaran hormon seks yg lain #PMS

11. Kemungkinan lain berhubungan dgn gg perasaan,faktor kejiwaan,mslh sosial,atau fungsi serotonin yg dialami penderita #PMS

12. Sindroma ini terjadi pada wanita yg lbh peka thdp perubahan hormonal dlm siklus haid #PMS

13. Faktor yg meningktkan risiko trjadinya #PMS yaitu….

14. Pertama wanita yg pernah melahirkan #PMS

15. Kedua,wanita yg sudah menikah lebih sering mengalami #PMS

16. Ketiga,semakin bertambahnya usia #PMS semakin sering mengganggu,terutama usia 35-40tahun

17. Keempat,faktor stres memperberat gangguan #PMS

18. Kelima,faktor kebiasaan makan tinggi gula,coklat,teh,garam,kopi,soda,produk susu,mknan olahan memperberat #PMS

19. Keenam,kurang zat gizi seperti vitamin b,e,c,magnesium,zat besi,mangan,seng,asam linoleat #PMS

20. Kebiasaan merokok dan minum alkohol jg memperberat #PMS

21. Ketujuh,kurang berolahraga memperberat #PMS

22. Tipe PMS terdiri dari tipe A,H,C,D

23. #PMS Tipe A (anxiety): rasa cemas,sensitif,saraf tegang,perasaan labil

24. Bahkan bbrp wanita mnderita depresi ringan sampai sedang sebelum haid #PMS

25. Gejala ini timbul akibat ketidakseimbangan hormon estrogen (berlebihan) dbndgkan progesteron #PMS

26. Pemberian hormon progesteron dilakukan untuk mengurangi gejala #PMS

27. Penderita #PMS bisa jd kekurangan vit b6 dan magnesium

28. Penderita #PMS A sebaiknya mengkonsumsi makanan berserat dan mengurangi kopi

29. #PMS tipe H (hiperhidrasi): pembengkakan,perut kembung,nyeri buah dada,pmbngkakan tangan dan kaki,peningkatan BB sblum haid

30. Gejala tipe ini dpt bersamaan dgn tipe #PMS lain

31. Pembengkakan ini akibat berkumpulnya air pada jaringan di luar sel krn tingginya asupan garam dan gula pada penderita #PMS

32. Pemberian obat diuretika untuk mengurangi penimbunan air dan natrium hanya mengurangi gejala saja #pms

32. Pencegahaanya membatasi asupan garam dan gula serta membatasi minum atau asupan cairan #PMS

34. #PMS tipe c (craving): rasa lapar ingin mengkonsumsi mkanan yg manis2 (biasanya coklat) dan karbohidrat sederhana (gula)

35. Hal ini disebabkan stres,tinggi garam dlm diet mkanan,tidak terpenuhinya asam lemak esensial (omega 6),atau kurangnya magnesium #PMS

36. #PMS tipe D (depresion): gejala depresi,ingin menangis,lemah,gg tidur,pelupa,bingung,gg verbalisasi,kdg2 muncul rasa ingin bunuh diri

37. Biasanya #PMS tipe D bersamaan dgn #PMS tipe A,hnya 3% yg murni tipe D

38. #PMS tipe D ini murni disebabkan kelebihan hormon progesteron dbndingkan estrogen

39. Kombinasi #PMS tipe D dan tipe A dipengaruhi oleh bbrp faktor

40. Faktor stres,kekurangan hormon tyrosine,penyerapan timbal di tubuh,kekurangan magnesium dan vitamin B6 #PMS

41. Meningkatkan konsumsi mkanan yg mengandung vit b6 dan magnesium,membantu mengatasi gg #PMS tipe D yg bersamaan dgn tipe A

42. Kram perut yg dialami hari pertama atau menjelang datang bulan tidak termasuk #PMS wlaupun ada kalanya bersamaan dgn gejala #PMS

43. Nyeri perut kerapkali menggangu wanita,bhkn acapkali menghruskan pendrita istirahat mningglkan pkerjaanya slm berjam2 bhkn berhari2 #PMS

44. Nyeri perut (dismenorrhea) akn mnghilang atau berkurang saat wanita sudah mlahirkan,sdgkn #PMS kebalikannya

45. Ini dia diet tepat mencegah #PMS

46. Batasi konsumsi tinggi garam,tinggi gula,daging merah,alkohol,teh,kopi,coklat, serta soda #PMS

47. Kurangi rokok atau berhenti merokok #PMS

48. Batasi asupan protein (sebiknya 1,5gr/kgBB/hari) #PMS

49. Meningkatkan konsumsi ikan,ayam,kacang2an,dan biji2an sbg sumber protein #PMS

50. Batasi konsumsi mkanan produk susu dan olahannya,ganti dgn kedelai #PMS

51. Batasi konsumsi lemak dr mknan hewani dan mkanan yg digoreng #PMS

52. Meningkatkan konsumsi sayuran hijau #PMS

53. Meningkatkan konsumsi makanan yg mengandung asam lemak linoleat seperti minyak bunga matahari,minyak sayuran #PMS

54. Konsumsi vit b6,vit e,magnesium,kalsium,jg omega 6 #PMS

55. Di samping itu,perhatikan hal_hal berikut #PMS

56. Melakukan olahraga dan aktivitas secara teratur #PMS

57. Menghindari dan mengatasi stres #PMS

58. Menjaga BB #PMS

59. Catat jdwal siklus haid anda serta kenali gejala #PMS

60. Perhatikan pula apakah anda sudah dpat mengatasi #PMS pada siklus haid bulan berikutnya

61. Oke sekian ttg #PMS semoga bermanfaat yah😀

Posted in: Uncategorized