tentang patung dari @assyaukanie

Posted on October 11, 2010

0


Sebentar lagi saya akan bercerita ttg sebab2 kenapa sebagian kelompok Muslim membenci #patung.

1. Kebencian pada patung telah ada sebelum Islam datang. Gejala itu disebut ikonoklasme. #patung

2. Ikonoklasme adlh ideologi/keyakinan yg membenci patung, lukisan, monumen, atau simbol2 (icons). #patung

3. Para perusak patung (Ikonoklas) umumnya berangkat dari pemahaman literal thdp ajaran agama ttg berhala. #patung

4. Kaum Ikonoklas meyakini bhw patung, lukisan, dan monumen, adlh “berhala” yg dapat membuat orang jadi musyrik. #patung

5. Keyakinan Ikonoklasme awalnya muncul dlm tradisi Kristen, berasal dari pemahaman literal thdp Perjanjian Lama. #patung

6. Perintah kedua dari Sepuluh Perintah Tuhan menyebutkan larangan membuat atau menyembah #patung.

7. Gerakan ikonoklastik pernah sangat kuat pada masa pemerintahan Leo III (680-741), Kaisar Bizantium. #patung

8. Kaisar Leo memerintahkan pemusnahan seluruh lukisan, #patung, dan benda apa saja yang dapat membawa kemusyrikan.

9. Dalam Islam, gerakan ikonoklastik dimulai sejak zaman Nabi, hampir berbarengan dg kebijakan penghancuran #patung dlm Kristen.

10. Ketika menaklukkan Mekah, Nabi Muhammad dan pengikut2nya beramai2 menghancurkan #patung di sekeliling Ka’bah.

11. Nabi meyakini bahwa #patung di sekeliling Ka’bah itu dapat membuat kaum Muslim menjadi musyrik.

12. Perbuatan Nabi itu, kemudian menginspirasi kaum Muslim dalam menyikapi #patung dan kesenian secara umum.

13. Kata Louis Al-Faruqi, akibat diharamkannya seni lukis dan #patung dalam Islam, muncul seni kaligrafi sbgai alternatif.

14. Bisa dimengerti kalau peradaban Islam yg agung itu tak banyak mewarisi seni lukis dan #patung.

15. Sementara karya kaligrafi dan seni tulis Al-Qur’an berkembang sedemikian maju. #patung

16. Sikap ikonoklastik terus hidup dalam Islam. Penolakan #patung oleh kelompok2 Islam radikal (FPI) adlh warisan zaman Nabi.

17. Di Arab Saudi dan bbrp negeri Arab, #patung masih terus dipersoalkan.

18. Yang menarik, ada perluasan interpretasi thdp #patung. Apa saja yang dpt membuat orang terkagum2 dan musyrik, dianggap haram.

19. Beberapa penulis Arab bahkan mengaitkan tema2 ikonik dengan modernitas. Bisa dilihat pada karya2 Sayyid Qutb. #patung

20. Sayyid Qutb menggunakan istilah “berhala modern” utk merujuk konsep2 spt demokrasi dan sekularisme. #patung

21. Sikap ikonoklastik kaum Islamis juga diperluas kepada anti-Barat dan anti produk pemikiran Barat secara umum. #patung

22. Dalam bentuknya yang ekstrim, Ikonoklasme mewujud pada penghancuran thdp monumen2 dan ikon2 peradaban Barat. #patung

23. Muhammad Qutb, adik Sayyid Qutb, menulis buku Jahiliyah Qarn al-‘Isyrin (jahiliah abad ke-20). #patung

24. Qutb menganggap bhw zaman modern adlh zaman jahiliah yang kurang lebih sama dg jahiliah pada masa Nabi. #patung

25. Kata Qutb, jika jahiliah masa Nabi diwakili oleh kafir Quraish, jahiliah modern diwakili oleh peradaban Barat. #patung

26. Kata Qutb lagi, pada jahiliah abad ke-20, berhala2 itu adlh pemikiran orang2 Barat spt demokrasi. #patung

27. Sebagian kaum Muslim terpengaruh buku2 Qutb. Mrk meyakini bhw zaman jahiliah sedang berlangsung sekarang. #patung

28. Barat mereka samakan dengan Quraish, dan pemikiran2 Barat mereka anggap sebagai berhala2 berbahaya. #patung

29. Demikianlah penjelasan singkat ttg akar2 pengrusakan dan penolakan #patung oleh sebagian umat Islam spt terjadi belakangan ini.

Posted in: Uncategorized