tentang Masjid Babri (#Msj) dari @gm_gm

Posted on October 6, 2010

1


Pengumuman: Saya ingin cerita ttg sebuah masjid yg dihancurkan 8 tahun y.l., dan persoalannya masih panas sampai hari ini. #Msj.

1. Ya, benar. 16 Desember 1992, Masjid Babri dihancurkan oleh kaum fundamentalis Hindu di Ayodhya, di Faizabad, di Uttar Pradesh, India.

2. Menjelang pembakaran, kaum fundamentalis Hindu berkumpul. Ada 150 ribu orang ikut dlm rapat umum itu. #msj

3. 18 tahun y.l. itu peristiwa tsb memicu konflik yg mengerikan. 2000 tewas. Orang Islam membela diri atau membalas, dihantam lagi.#Msj

4. Konflik merambat ke kota2 India lain, mis.Mumbay dan New Delhi. Dlm film “Slumdog Millionaire” sekilas tampak kekerasan itu. #msj

5. Dlm buku “Maximum City: Bombay, Lost and Found” Suketu Mehta, dilukiskan kebuasan fundamentalis Hindu + preman2-nya thd org Muslim. #msj

6. Penduduk Muslim hanya sekitar 13% di India: sebuah kelompok minoritas. Meskipun jumlahnya 138 juta. #msj

7. Masjid Babri didirikan thn 1527, oleh Babur, maharaja Moghul pertama. Zaman Moghul adalah zaman kekuasaan Muslim di India. #msj

8. Tapi kaum fundamentalis Hindu anggap masjid itu didirikan di tempat candi suci Hindu yg dihancurkan Babur 400 tahun sebelumnya. #mjs

9. Konflik ttg ini pernah terjadi pernah meletup di th 1853. Pemerintah India bertindak: di tempat itu dilarang dibangun candi. #msj

10. Tapi menjelang akhir abad ke-20, kaum Fundamentalis Hindu jadi kuat, dan berhasil mengguyahkan asas Republik India yg “sekuler”.#msj

11. Memamg kaum fundamentalis di semua agama berkibar di dunia sejak itu (Islam, Yahudi, Kristen), dan agama jadi api + pedang.

12. Klaim kaum Hindu Fundamentalis atas Masjid Babri punya ciri yg mirip dgn kaum fundamentalis Islam atau yg lain ttg “asal-usul”. #msj

13. Bg mereka, “asal-usul” itu menentukan yg benar, sah, suci. Bagi mereka sejarah tidak pernah menyumbang kebaikan + kesucian. #msj

14. Mereka berpegang ke masa lalu yg mereka anggap masih murni. Tapi masa lalu itu mereka pilih dan mereka tafsirkan sendiri. #msj

15. Maka kaum fundamentalis Hindu itu anggap masa lalu yg sah adalah sebelum abad ke-16. Yg lain dianggap penyelewengan. #msj

16. Mereka anggap tak ada masa lalu selain masa Hindu. Padahal kaum umat Jainis mengkiam juga bhw tempat itu dulu tempat agama mereka. #msj

17. Jadi, masa lalu yang mana yg sah? Persoalan ini tak perlu ada seandainya masa lalu tak dianggap keramat. #msj

18. Konlfik Masjid Babri tak akan meletus andai sejarah umat Islam juga dihargai. Apalagi sumbangannya tak kecil bg kebudayaan India. #msj

19. Kemaharajaan Moghul yg Islam berlangsung antara abad ke-16 s/d ke-19. Melahirkan arsitektur yg menakjubkan, juga seni dan teknik. #msj

20. Bagi kaum fundamentalis Hindu, itu justru “penjajahan” yg harus dibalas. Bagi mereka, sejarah kekuasaan Hindu tanpa cela. #msj

21. Tapi umat Islam di India, meskipun cuma 13%, punya hak yg dilindungi Konstitusi. Republik India tak memihak ke kaum mayoritas. #msj

22. Apalagi orang Muslim di India sudah lebih tua ketimbang kekuasaan Moghul yg asalnya dari “luar”. #msj

23. Sejak kemerdekaan India th 1947, sudah ada tiga orang Muslim yg jadi Presiden, dan beberapa duduk di Mahkamah Agung. #msj

24. Perpecahan India dari mana Pakistan lahir merupakan trauma, tapi tampaknya India yg “non-agama” jadi lebih menonjol prestasinya. #msj

25. Pakistan tak sebagus India dlm ekonomi & teknik. Politiknya tak stabil. Juga negeri Islam itu pecah: lahir Banglasedih dgn perang. #msj

26. Tak berarti India langsung bebas dari fanatisme agama. Lahirnya kaum fundamentalis sbg kekuatan politik merusak politik India. #msj

27. Pekan lalu pengadilan setempat memutuskan membagi lokasi Madjid Babri itu baik utk Hindu maupun Muslim. Suasana tegang. #msj

28. Ada penafsiran bhw keputusan itu menguntungkan kaum fundamentalis Hindu. Mahkamah Agung India ditunggu utk memberi kata akhir. #msj

29. Kasus penghancuran Masjid Babri adalah contoh satu keyakinan agama yg dianggap mutlak hrs diberlakukan di dunia yg rumit. #msj

30. Hasilnya adalah pemaksaan. Kekerasan. Pembunuhan. Akhirnya pertanyaan: untuk apa sebenarnya agama bagi kita, jika begitu? #msj

31. Sekian. Terima kasih. Semoga bermanfaat. #msj

Posted in: Uncategorized