tentang apatosaurus – brontosaurus dari @hotradero

Posted on October 6, 2010

0


Brontosaurus itu hewan yg salah nama. Harusnya disebut Apatosaurus. (jadi iklan yg menyebalkan itu menyesatkan)

Apa yg disebut “Brontosaurus” dimulai saat Charles Marsh di 1879 salah menggabungkan fosil & keburu menyebut adanya spesies baru.

Sempat dipamerkan di museum, para ahli menemukan bahwa apa yg disebut “Brontosaurus” ternyata spesies yg sudah ditemukan sebelumnya.

Spesies itu adalah Apatosaurus – ditemukan & diberi nama tahun 1877. Itu sebabnya nama Brontosaurus lalu dicoret dr daftar spesies.

Pencoretan resmi nama Brontosaurus baru dimulai tahun 1903. Sialnya, nama Brontosaurus kadung tersebar ke seluruh dunia.

Kenapa nama “Brontosaurus” yg salah itu menyebar? Karena sempat diklaim sebagai dinosaurus terbesar (sebelum ditemukan Brachiosaurus).

Brachiosaurus (ada di film Jursassic Park) kemudian juga kalah besar dibandingkan Dinosaurus yg bernama Seismosaurus (“kadal gempa”).

Brontosaurus = Kadal Petir = emang kedengaran lebih keren ketimbang Apatosaurus = Kadal Palsu. Tapi, Brontosaurus itu ya Apatosaurus…

Anak sulung saya waktu kecil suka sekali dinosaurus. Dia hafal banyak spesies… Saya jadi kebawa ingat. Sekarang? Eh dia sudah lupa…

Posted in: Uncategorized