Cara menilai mahirnya penerbang (#GoodBadPilot) dari @chappyhakim

Posted on October 6, 2010

0


Mau tahu menilai penerbang mahir atau tidak? Saya mau share disini, barangkali bermanfaat. #GoodBadPilot

Bagi beberapa penumpang, landing biasanya dijadikan sbg tolak ukur untuk menilai keterampilan seorang penerbang. #GoodBadPilot

Dari semua rangkaian penerbangan,momen paling kritis itu pada saat pesawat take off dan landing. #GoodBadPilot

Dibanding take off, landing pnya arti tersendiri. Landing menjadi penting sekali, walaupun derajat kritisnya tak jauh berbeda #GoodBadPilot

Landing itu jadi momen akhir yg paling ditunggu oleh semua penumpang setelah harap2 cemas ingin segera sampai tujuan. #GoodBadPilot

Ketika Landing dilakukan di suatu aerodrome/bandara, biasanya sebagian besar orang tertarik untuk menontonnya. #GoodBadPilot

Saya biasa mendengar komentar orang bhw pilot “X-Airlines” Jago! Itu karena landing-nya selalu halus dan tidak terasa. #GoodBadPilot

Ada juga yg berkomentar, pilot “Y-Airlines” payah! Karena landing-nya sering kasar dan bergoncang dan lainnya. #GoodBadPilot

Bahkan, kadang ada penumpang meluangkan waktu menemui Captain Pilot stlh mendarat, memberikan selamat atas landing yg mulus #GoodBadPilot

Tapi masih ada yang kurang menyadari bahwa landing itu hanyalah bagian kecil dari seluruh kegiatan penerbangan. #GoodBadPilot

“Pokoknya kalau landing-nya mulus, brarti pilotnya jago!”. Ini bs dmngerti,krn hny landing-lah yg dpt dinikmati para penumpang #GoodBadPilot

Hal itu jg diakibatkan ulah tim penilai yg hanya memberikan “point” pada landing saja, maka sebagian pilot terpengaruh. #GoodBadPilot

Sebagian pilot terpengaruh dan berusaha utk selalu melakukan landing mulus, halus dan tidak terasa dan melegakan hati. #GoodBadPilot

Tentunya timbul pertanyaan bukan? Mengapa tidak semua landing itu berlangsung mulus? Ada beberapa alasan. #GoodBadPilot

Landing yg benar tdk dpt diukur dr kasar/halusnya saja. Landing yg bnr dilaksanakan sesuai prosedur yg berlaku bg pesawat tsb. #GoodBadPilot

Landing jg harus memenuhi syarat2 tertentu, dimana situasi kondisi di bandara yg bersangkutan sangat perlu diperhitungkan. #GoodBadPilot

Pesawat hrs berada pd kecepatan tertentu sesuai persyaratan yg tercantum dlm performance chart pesawat tersebut. #GoodBadPilot

Jika landing sesuai prosedur,ktika pesawat kena gangguan yg tiba2 (gusty,mesin,ban pecah, dll) kecelakaan fatal dpt dikurangi. #GoodBadPilot

Masalah halus dan tidak halusnya roda mendarat di landasan tdk akan memberikan pengaruh besar dlm hal ini. #GoodBadPilot

Selama pesawat tetap berada pd landing (approach/touch down) speed sesuai dgn berat pesawat (barang,penumpang,bahan bakar) #GoodBadPilot

Liat jg Performance Chart di pesawat, dan tentunya posisi pesawat yg dibuat pilot pd sikap mendarat atau landing attitude. #GoodBadPilot

Ada beberapa jenis pesawat yg memerlukan perkenaan roda ke landasan pada saat landing harus keras (tdk boleh halus) #GoodBadPilot

Hal itu untuk menghidupkan bbrpa sistem di pesawat yg akan digunakan pd saat pesawat bergerak di darat. #GoodBadPilot

Ada “touch down switch” di semacam “shock breaker” roda pesawat yg akan meng-ON-kan sistem pengatur sudut baling2 pesawat. #GoodBadPilot

Ada yg meng-OFF-kan sistem pengatur tekanan kabin & yg meng-ON-kan sistem “lock” agar roda tdk masuk lagi ke badan pesawat. #GoodBadPilot

Pada saat kondisi tertentu, landing yg halus mulus justru mengundang bahaya. Wah, Kapan? Pada saat runway tergenang air hujan #GoodBadPilot

Pada saat runway tergenang air, maka pesawat yg mendarat dapat mengalami “Hydroplaning”. #GoodBadPilot

Apa itu Hydroplaning? Suatu kondisi dr pesawat pd saat mendarat tetapi sebenarnya pesawat belum sempurna berada dilandasan. #GoodBadPilot

Hal tsb bahaya apabila mesin mati atau ada tiupan angin arah tegak lurus dgn landasan! Maka arah pesawat tdk bs dikendalikan. #GoodBadPilot

Nose Wheel Steering (alat kemudi pesawat utk bergerak di darat) tdk bs berfungsi krn roda belum melekat sempurna di landasan. #GoodBadPilot

Hal ini hrs diatasi dgn apa yg dikenal dengan “Positive Landing”, yg mungkin dirasakan agak kasar oleh penumpang. #GoodBadPilot

Tapi, Positive Landing ini bertujuan agar roda pesawat dpt segera melekat sempurna di runway, sehingga tdk trjadi Hydroplaning #GoodBadPilot

Jadi yang utama itu bukan landing “kasar” atau “halus”. Pendaratan harus sesuai dgn prosedur dan tatanan yg dipersyaratkan. #GoodBadPilot

Penumpang tdk usah gusar dengan pendaratan yg kasar, sebaliknya jg tdk perlu khawatir apabila pesawat mendarat mulus. #GoodBadPilot

Seorang Pilot akan selalu mengerjakan segala sesuatunya semaksimal mungkin mencapai derajat tertinggi keamanan terbang. #GoodBadPilot

Ada semacam kode etik dikalangan pilot utk selalu memegang teguh safety factor dan airmanship. #GoodBadPilot

Dua hal tadi scara tdk resmi menjadi tolak ukur dikalangan intern para pilot, sebagai “jago” atau tidaknya seorang pilot itu. #GoodBadPilot

Yg hrs diingat, pilot jg manusia biasa, bkn superman, jd mreka tentunya akan berusaha mengerjakan segalanya secermat mungkin. #GoodBadPilot

Ada ungkapan sllu diingat oleh para penerbang: “Flying, like the sea, is not inherently dangerous but, extremely unforgiving”. #GoodBadPilot

Sekali lagi, keras atau halusnya Landing bukanlah barometer jago atau tidaknya seorang pilot. #GoodBadPilot

Mau tahu Jago atau tidak? Lihat aja kalo laki-laki pasti jago, kalo perempuan ya babon! #GoodBadPilot

Posted in: Uncategorized