#batikID from @cloewich

Posted on October 2, 2010

0


selamat hari batik Indonesia!🙂 mudah2an bukan hanya di hari ini yah, tapi kita bisa melestarikannya secara konsisten🙂

sedikit biografi dari pemberi kultwit:

  • Bio creator of NITIKI,the batik participatory-game; nu’un corner; kk-idbv fsrd,bci-lskk stei itb; asst.lecture(designhistory,researchmethods,interactiveproduct)

selamat ber-batik ria hari ini kawan2… salam, #NITIKI, game-participatory batik🙂 , bagaimana kalau ada sedikit #kultwit tt #batikID

ada yg tau batik pertama kali ada di tanah pertiwi ini? ada yg sebut dr china, india, mesir, malah ada yg bilang itu origin kita #batikID

kalau sy ambil mazhab dr mesir berdasarkan literatur2, dulu di mesir ribuan tahun SM telah menghias tembikar dgn malam/wax/aspal #batikID

tepatnya kapan sampai di ID? penelitian yg dilakukan masih blum menyimpulkan scr kolektif. Ada yg menyebutkan sejak jaman majapahit #batikID

guru sy (alm-Hasanudin) awalnya yakin batik ada ketika bliau meyakini bhw kain patung Ramawijaya yg ditatah mtf kawung dgn halusnya #batikID

diakhir hayatnya beliau sempt meneliti ttg kemungkinan ‘batik purba’ di ID, jauh sblum era batik yg diketahui skr in (abad XVIII) #batikID

kita tahu batik bkembang kuat di lingk. kraton Jawa, dg Sultan sbg desainer: mberikan konsep, visual, dan aplikasinya scr langsung #batikID

Sultan Hadiningrat Yogya menciptakan sendiri ragam hias parang yg distilasi dr bentuk senjata, sbg perlambang ksatria-berani-api #batikID

dan ragam hias2 lainnya yg dirancang abstrak tp bermakna & maksud yg tinggi u merepresentasikan keagungan kesultanan Jawa saat itu #batikID

ragam hias lain: semen, kawung, udan liris, dsb., abstrak & stilasi adl implementasi ajaran Islam yg mhindari btk asli mahluk hidup #batikID

konsumsi batik hny bredar sbg busana (sinjang-kain pjg) di kalangan istana saja, rakyat hny mgunakan kain tenun kasar tak bercorak #batikID

lambat tp pasti rakyat ingin memiliki jg tentunya, disebut FETISH, timbul rasa ingin spt yg dikenakan o kalangan raja-bangsawan… #batikID

yg saya bayangkan, rakyat jelata mcoba meniru ragam hias dg kualitas buruk pd saat itu, tp kmudian bs menyerupai krn peran saudagar #batikID

pemujaan rakyat pd sultannya & kebijakan sultan saat itu membuahkan keputusan ttg peraturan tegas ptama ttg batik u mbedakan strata #batikID

yaitu: Pranatan Dalem Bab Namanipun Panganggo Keprabon Ing Nagari Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat ttg ragam hias, pola, cara pakai #batikID

yg saya ingat, mengatur 1. ragam hias keraton LARANGAN adlh: PARANG (p.rusak barong, pr. gendreh, klithik) dgn ukuran 5-8 cm #batikID

2. SEMEN GEDHE SAWAT GURDHO, SEMEN GEDHE SAWAT LAR (dunia atas-tengah bawah dgn bentuk2 sayap burung kanan kiri, gunung, & dataran) #batikID

3. UDAN LIRIS (hujan gerimis) lambang Jawa yg makmur-kaya dg bentuk bangun/garis dasar yg beda & dipisahkan garis lurus per 8-12cm #batikID

4. RUJAK SENTE, ini bukan batik tapi hasil dr teknik tekstil tye dye/jumputan/tritik, digunakan sbg stagen (ikat pinggang) #batikID

kain yg dililit dipinggang Sultan Jawa u selipan keris dgn 1 warna (kuning, hijau, atau merah), pola belah ketupat, itu: rujaksente #batikID

jadi, rekan2 sekalian: Kesultanan Yogya, saat itu hanya menentukan 4 ragam hias/motif larangan, sisanya tidak #batikID

ragahm hias (rh) lainnya yg termasuk klasik tp bukan termasuk MOTIF LARANGAN adalah kawung, alas-alasan, truntum, nitik, & lainnya #batikID

oke sekarang tentang rh. kawung: dia termasuk pola geometri yg merupakan gambaran konsep ‘mancapat’ pusat negara & arah mata angin #batikID

ingatkan konsep alun2: Barat-masjid, U-bank/lumbung, T-kantor polisi/penjara-keamanan, S-keraton/administrasi pemerintahan, #batikID

itu mengapa kawung (buah kawung sejenis kolang-kaling) terdiri atas btk titik dan lingkaran2 yg bertautan mbentuk komposisi kokoh #batikID

klasifikasi kawung: kawung picis (1-1,5cm), bribil (2-3cm), sen atau bligo (4-6cm), dulu diukur berdasarkan mata uang koin #batikID

skr rh. banji atau svastika: simbol tertua di bumi ini, tersusun atas bentuk dasar segi 4 membentuk huruf ‘S’ perlambang matahari #batikID

kalau mau lebih paten ttg info BANJI/SVASTIKA silahkan tanya2 ke @tyartyar.. dia peneliti simbol banji tahun 2007-2008 #batikID

saya sebutkan sisanya, nanti bisa di cari sendiri klasifikasi rh. #batikID, yaitu: ganggong, ceplok, nitik, parang/lereng/liris (geometri)

semen, buketan, pinggiran, dan dinamis termasuk pola non geometri di #batikID yg mengambl unsur2 alam sbg konsep makna dan visual

tahukan rekan-rekan bahwa #batikID berbeda corak dan warna dan rh.? karena apa? krn faktor topografi, antropologi, kadar keasaman air, dsb

suku Badui: teknik membatik mgunakan bubur beras sbg perintang warna indigo (biru) alami, krn mereka tdk mengenal lilin malam/wax #batikID

#batikID di Jabar selatan dipengaruhi o kerajaan Galuh & Sumedang dgn gaya visual pasundan (flora, gunung) dgn warna2 hijau-biru-merah-krem

#batikID Jabar baguan utara dipengaruhi oleh Kasunanan Cirebon yg memiliki ikatan dgn Tionghoa

skill teknis, detil, mitologi hybrid (rh. paksi naga liman, buroq, naga seba, mg.mendung), & latar putih adl kekuatan #batikID Cirebon

#batikID Pekalongan… ini yg paling juara.. semua ragam hias, teknik, warna, aplikasi bisa dihasilkan oleh perajin batik di sini

karena apa? Pekalongan adl bandar laut, banyak pendatang dr China, India, Arab, Belanda, Pribumi selatan, pribumi luar daerah #batikID

#batikID yg awalnya dikerjakan mgunakan bilah bambu sbg kuas, kmd canting tulis, menjadi booming ketika menerima teknik baru –> canting cap

canting cap (prinsip block print) awalnya berbahan kayu yg diukir, atau bahan karet yg dibentuk sesuai pola gambar mjd percepatan produksi

dan mencapai puncaknya ketika teknologi perlogaman mampu merakit canting cap seukuran -/+18×18 cm sbg alat produksi #batikID hingga saat ini

#batikID mencapai perubahan drastis dr ragam hias dan teknologi sejak campur tangan pendatang ke nusantara ini

China & India mbawa perubahan pd pggunaan bahan sutra, katun, pewarna sintetis, & ragam hias detil+shading (isen2) pada #batikID

Arab mberikan makna religi & penggunaan ragam hias abstrak dan stilasi bentuk alami dan lbh ornamentalis, serta jiwa dagang #batikID

Belanda mberikan konsep dongeng & buketan, pggunaan SIGNATURE (paten) pertama kali #batikID, mengenalkannya ke dunia internasional d EROPA

Jepang juga berperan memberikan gaya visual #batikID dgn tone warna2 lembut, putih-biru

Jepang berperan penting pada usaha mengeksplorasi bahan tekstil dr serat alam (serat pisang, nanas, rami, dsb) sbg bahan dasar kain #batikID

katun hanya boleh digunakan oleh Jepang dan sekutunya, rakyat hanya menggunakan karung goni dan kain2 kasar (masa2 kejam) #batikID

oleh karena itu #batikID spt diterapkan di kain batik berbahan dasar nanas, rami, pisang dst.. tokoh reka kain adl Abdul Kadir (pekalongan)

pada masa Jepang lahir kain PAGI SORE… konsep brilian saat itu.. 2 in 1 cloth of #batikID

PAGI SORE: 1 kain terdiri atas 2 motif yg bbeda ukuran, tema, & warnanya, dipisahkan sama besar baik diagonal atay 1/2 bagian kain #batikID

motif besar2 warna terang digunakan u siang hari. Dibalik arah kainnya shg nampak motif kecil2 warna gelap dipakai untuk malam hari #batikID

Beralih ke daerah lain: Yogya dan Solo.. banyak datanya.. silahkan cari sendiri ya🙂, Banyumas saja yug #batikID

pernah dengar tentang batik TIGA NEGERI? ini konsep batik yang hebat berdasarkan identifikasi tempat produksi #batikID

tahukan rekan-rekan bahwa untuk mendapatkan warna coklat (sogan) sebaiknya dikerjakan di Yogya dan Solo, putihan di Cirebon? #batikID

dan untuk menghasilkan warna biru (indigo) sebaiknya dikerjakan di Banyumas…merah di Lasem, kuning-hijau di Pekalongan #batikID

jadi.. konsep TIGA NEGERI adalah konsep menghasilkan warna tiga jenis dari tiga daerah yg berbeda dlm 1 kain. #batikID

merah-kuning-biru, berarti kain itu harus melampaui Lasem, Pekalongan, dan Banyumas, kebayang repot & waktu yg diperlukan u 1 kain #batikID?

k Jawa bagian timur… ada sidoarjo, lamongan, tuban, Lasem (td udah disinggung & ga tau banyaksih ).. sy bahas sedikit madura aja #batikID

saya kagum dgn #batikID madura, klasifikasi batik rakyat agraris, sederhana tapi gilak… masih teguh ber-batik TULIS hingga kini.. SALUT!!!

mereka menolak batik cap (entah sekarang bgt?).. krn yakin atas hasil yg baik jika langsung dr otak-hati-keringat via batik tulis #batikID

jadi jika rekan2 ingin pasti menggunakan #batikID yg masih tulis asli, pilih batik madura, walau visualnya berkesan kasar-itu karakternya

#batikID madura sangat kental dengan ‘aroma’ agrarisnya, yaitu penggunaan isen2 (gori/guri-madura) yang artinya isian detil pengisi oranmen

gori atau isen2 di madura selain dikenal cecek siji (titik2 satu) seperti di daerah lainnya jg mengenal ratusan isen2 #batikID

nama2 lainnya saya sebutin aja sekilas biar tweeps cari sendiri dtg k madura ya🙂 : cokeh, dik-bidik, beras dumpa (beras mawur di yogya),

isen2 #batikID madur: bang kopi, krooot, das, rawan enggo, mata keteran, seppet, mo-ramo, tes tes, trontom, dll

rekan2.. mohon disadari bahwa ISEN-ISEN adl jantung #batikID, dia mengiringi keagungan falsafah, keindahan detil, keteguhan hati #batikID

oleh karena itu IWAN TIRTA, AMRI YAHYA, AGUS ISMOYO-NIA FLIAM, BIRANUL ANAS, dsb.. menghendaki bahwa #batikID adalah hasil kinerja sungguh2

#batikID juga hasil kontemplatif yg berkembang dan bergejolak dengan jaman.. HASANUDIN malah menganggap #batikID adl hidup dgn titik-titik2

nah sekarang saya mau bicarakan tokoh yg saya kenal, gerakan, dan kontradiksinya ttg #batikID

tokoh2 #batikID yg berjasa sejak pasca kemerdekaan saja yg akan saya bahas.. sedikit base on sowan, gossip, & literarut ya (sambil inget2)

oke pertama era 70an @bayugenia: digawangi oleh Bagong K, AMRY YAHYA, dkk (tak ingat satu satu)..

#BatikID mengalami pergolakan yg sangat keras digawangin oleh Bagong K., dkk.. kemudian oleh AMRY YAHYA dkk.. mereka adl lulusan ASRI yogya

seniman & pelukis beramai2 mgunakan teknik #batikID (lilin malam+katun) sebagai pengganti kanvas dan cat minyak dg gaya abstrak ekspresionis

sangat di luar kebiasaan & pakem ornamentalis #batikID k arah pd karya seni murni dgn ideologi m’odern to postmo’ yang sedang beken di dunia

penolakan, pengucilan, & cibiran dialami AMRi YAHYA, dkk dr pelaku batik tradisi, krn tidak taat pakem #batikID..

tapi hasilnya, justru #batikID berhasil dg sukses di dunia internasional sbg karya seni dunia.. mengembalikan kejayaan batik pd masa belanda

bukan cuma d tataran kain tua (collectable item) saja & hanya nongkrong di museum2 di eropa, amerika, jepang.. tp di galeri2 modern #batikID

di dalam negeri gerakan seni rupa baru abstrak-ekspresionis #batikID memberi dampak positif pd munculnya pola2 modern yg lebih segar & muda

dan mohon dicatat: AMRI YAHYA kemudian menjadi panutan literatur2 #batikID dgn mendefinisakan kata BATIK, …

#batikID (Amri Yahya): batik=embat (lempar); tik (titik), aktivitas tulis/susun titik2 mjd motif di atas kain dgn malam sbg rintang warna

oleh karena itu AMRI YAHYA menggunakan teknik dan media #batikID sbg ekspresi karya lukisnya, & berkembang pd seni Islami (batik Kaligrafi)

sekian u AMRI YAHYA (alm), saya berkesempatan membaca tulisan & sowan langsung beberapa saat sblm museumnya terbakar, doa sy u Alm, #batikID

ALI SADIKIN, gubernur DKI adalah pencetus #batikID sebagai busana nasional (minimal di lingkungan pemda DKI) saat itu, ada yg tau ceritanya?

peran Ibu Tien (alm) yg ningrat jg berpengaruh besar pada #batikID… melahirkan Danar Hadi, Batik Keris, dan Batik Semar sbg saudagar

mereka memasok kebutuhan busana #batikID Istana Negara RI, sekarang lbh bersaing & cukup merata hingga ke yang pemula asal berkualitas bagus

IWAN TIRTA (alm), sapa yg tak kenal? dosen, perancang dan pakar #batikID terkenal dgn gubahannya dgn gaya dekoratif, prada emas, & ‘clean’

ragam hias klasik #batikIDLARANGAN dilabrak pakemnya dg cara diperbesar ukurannya, dipergelarkan di runway2 intl.,

IWAN TIRTA pun menghilangkan ketabuan keraton ke dalam glamourous fashion party tingkat dunia dgn gemerlap tegas prada emas/perak #batikID

dia tentu saja seperti AMRI YAHYA, dkk, mendapat cibiran dari kalangan #batikID tradisi, tapi sekali lagi, batik berhasil diangkat kembali

puncak ketenarannya adalah pada konferensi APEC, IWAN TIRTA menjadi desainer tunggal u mendandani 150an petinggi negara dunia dgn #batikID

IWAN TIRTA secara personal mendalami karakter individu pemimpin dunia tsb & negaranya u kmd mendesain scr khusus & eksklusif busana #batikID

sayangnya beberapa tahun terakhir IWAN TIRTA bangkrut, corp. diakuisisi o perush. asing, IT kmd menekuni ragam hias #batikID pd keramik

dan tahun ini IWAN TIRTA yang saya cap sebagai BEGAWAN #batikID telah meninggalkan kita, doa kami untuk Alm.

dan inilah guru langsung sy ttg #batikID, HASANUDDIN… dosen Kriya Tekstil FSRD ITB, yg telah melahirkan ratusan murid u pernah kenal batik

@9miano @tyartyar @gracesahertian @mialmira @resturafiani dll adl 1 dr murid2 terakhirnya, mrk di tekstil lain: bordir, tritik, dst #batikID

HASANUDDIN (pengajar #batikID di FSRD ITB) & mletakkan dasar batik secara ilmu desain modern (terukur, terstruktur, tersistem)

karya2 #batikID HASANUDDIN adl sekarjagad geometris, warna2 cerah untuk konsumsi interior, disaat yg lain selalu berorientasi busana

HASANUDDIN dkk, menghasilkan buku pegangan u belajar #batikID yaitu Indoensia Indah seri Batik (TMII), BATIK PESISIR, Etos Dagang Santri

sepengetahuan sy, HASANUDDIN tdk mengalami byk gejolak dlm mengembangkan #batikID, mungkin posisi beliau sbg ‘dosen’ & dekat dgn perajin

HASANUDDIN (Alm) meninggalkan kami dan mewariskan keilmuannya pd kami dan putri2nya pd 2006, doa kami & terima kasih kami u BEGAWAN #batikID

AGUS ISMOYO (ID) & NIA FLIAM (Usa) adl pasutri seniman di yogya yg menjadi target cerita saya berikutnya dlm gejolak #batikID

saya singkat mjd ISNIA (nick name mereka) .. mereka pun turut dianggap merusak pakem batik klasik+tradisi pada era 90’an dhn karya2 #batikID

sekilas karya ISNIA adl hasil photosop, tp salah.. itu adl hasil eksplorasi teknik #batikID puncak. http://www.brahmatirtasari.org/cv2.html

sy pernah mencobanya di karya Tugas Akhir saya 2002.. saya hanya mampu mengerjakan dgn teknik yg sama 30% dr yg mereka lampaui #batikID

skill tinggi mengolah teknik #batikID dgn 7x pelepasan malam (lorod) dgn masing2 10x pencelupan..hasilnya: sy sbt konsep #batikmultilayer

ISNIA bs mengolah skill teknis u mcapai skill digital artis (layer photoshop) saat ini, & mrk telah melakukannya lebih dr 1 dekade #batikID

ISNIA seperti tokoh2 sebelumnya mengalami hal yg sama, sempat dikucilkan dan dicibir krn dianggap merusak pakem #batikID

tp ketika sy sowan & diskusi langsung, ISNIA adl pasangan yg sy anggap scr lugas dpt mmecahkan kode makna+filosofi ragam hias #batikID

ISNIA berpikir bahwa esensi ragam hias PARANG adl senjata-satria-berani- keyword: API / semangat, itu yg ditangkap oleh mereka #batikID

@9emiano & sy sowan ke ISNIA, & tahukah hanya ISNIA yg diundang mjd pembicara di International Batik Conference di Boston, 2005, #BatikID

ISNIA aktif berkolaborasi mengajarkan #batikID ke suku aborigin Aussy, lecturing d Michigan Univ, & lokal tentunya, & pameran seni FiberFace

berikutnya sy sbtkn saja tokoh2 #batikID yg saya ketahui krn ini lebih popular dan bisa di search: Carmanita dgn batik di kain strecth lycra

#batik ID pertama kali diterapkan di kain berbahan dasar non serat alam oleh Carmanita yg kmd jg buat gebrakan dg mencat mobil merceden benz

maksudnya mencat mobil itu dgn ragam hias #batikID sekarjagad (simbol kesejahteraan-kemakmuran-kekayaan alam) yg dikerjakan oleh MastoCustom

Kemudian ada Komarudin (Batik Komar), pencetus desain2 molussca u #batikID dan pencetus Gelar Batik Terpanjang di Dunia 465,5m, 2005

dan saya berkontribusi di perhelatan GBT 465,5 m tersebut sekaligus sumbang 10 desain di kain yang dibatik tak putus itu #batikID

fyi: kain sepanjang 465,5 m esok akan diarak u k-2x sejak 2005 d bandung esok start pukul 10 dr jalan dago info:@resturafiani #batikID

geser lagi yuuug.. ini nih yg paling fenomena saat ini &tentu saja mdpt respon2 miring dari #batikID.. yaitu kawan2 dr pixelpeople project

2007 pp project yg digawangi oleh Lukman lulusan arsitek ITB mengajukan ide proses perancangan batik dg metode algoritma fractal, #batikID

sy terlibat mengantarkan project batik fractal u 10th GenerativeArtConference di Milan jd sedikit ngerti, u jelasnya search sj🙂 #batikID

fyi tweeps: tim batik fraktal ada 2 ya, 1) PixelPeople Project by M. Lukman, dan 2) Bandung Fe Institute… sy mengenal baik mereka #batikID

tadi sy sudah cerita tt sejarah #batikID dan tokoh2nya, skr sy akn cerita dikit sj tt sy & projek tt batik tp yg terakhir sj, yaitu #NITIKI

skdr berbagi #NITIKI adl media baru yg diciptakan u memenuhi informasi edukasi tt dunia #batikID dg cara yg fun pd konsol multi-touch screen

#NITIKI adl game untuk anak2 dg konsep participatory (partisipatif) & ditempatkan d ruang publik agar users bs saling berkomunikasi #batikID

cara bermain #NITIKI adl semacam mewarnani bunga/hewan dgn pola isen warna2, drag-drop, dg rewar info history ragam hias #batikID

pgn liat cara main #NITIKI? please cek: http://bit.ly/dyVGJa , semoga bisa menginspirasikan pengembangan #batikID

u selanjutnya ttg silahkan cari artikel terkait dg #nitiki sbg keyword, & bisa visit fb: chandra tresnadi u lihat dokumentasi foto #batikID

statemen saya ttg #batikID adl: 1) BATIK merup. teknik menulis/menggambar dg mengunakan malam/wax pd berbagai macam bahan (kain, kayu, dsb)

jadi teknik batik TIDAK BEDA dg teknik lukis, ukir, digital paint,dsb yg BOLEH digunakan o siapapun & TIDAK bisa diklaim o siapapun #batikID

teknik #batikID kmd bkembang dg gaya2 (ragam hias) khusus yg dpengaruhi budaya lain: Islam, China, Budha, Hindhu, Belanda, Jepang, lokal dsb

jd yg dpt dikalim mnrt sy adl ragam hias yg menjadi origin ID, telah lama & turun-temurun ada di Indonesia & meng-infulence #batikID

td yg ke-2, skr 3) ciri batikID adl isen2 (detil pengisi sbg refleksi kekayaan alam dan rasa org2 ID) yg tidak ada di negara lain #batikID

3) mulai biasakan menyebut karya #batikID dgn a. kain batik (asli tulis-cap-lukis); b. kain motif batik (print-sablon, yg dr china) #batikID

5) caranya dg baca buku (Sewan, Hasanuddin, Tirta, Doellah, dsb), kmd datangi workshop #batikID terdekat u belajar & spread it

6) #budayaID tak hanya #batikID, mari giatkan yg lainnya seperti kt @mialamira, trims rekan2, ini sekaligus menutup kultwit #batikID , salam

Posted in: Uncategorized