tentang peci dari @gm_gm

Posted on September 27, 2010

0


twitpocket: urutan yang tiba-tiba ‘loncat’ dari 21 ke 33 merupakan typo dari gm_gm

Selamat siang. Saya punya pertanyaan: apa yg terjadi dengan “peci”? Maksud saya “peci” hitam yg umumnya dari beludru itu? #peci

2. Kini di masjid, di pengajian, bahkan di jalan2, makin banyak lelaki memakai tutup kepala putih. Peci hitam praktis absen. #peci

3. Kini di poster2 besar di Jkt, banyak gambar habib2 mengenakan jubah dan sorban. Yg pakai peci hanya calon peserta Pilkada. #peci

4. Saya jadi ingat riwayat peci dan pergerakan nasional. Dlm hal ini, Bung Karno memang pelopor. #peci

5. Dlm buku otobiografinya yg ditulis Cindy Adams, Bung Karno bercerita bgm ia bertekad mengenakan peci sbg lambang pergerakan. #peci

6. Di masa itu kaum cendekiawan pro-pergerakan nasional enggan memakai blangkon, misalnya, tutup kepala tradisi Jawa. #peci

7. Jadi, jika kita lihat gambar Wahidin dan Cipto memakai blangkon, itu sebelum 1920-an. Ada sejarah politik dlm tutup kepala ini, #peci

8. Di sekolah “dokter pribumi”, STOVIA, pemerintah kolonial punya aturan: siswa “inlander” (pribumi) tak boleh memakai baju Eropa. #peci

9. Maka para siswa memakai blangkon dan sarung batik jika dari “Jawa”. Bagi yg datang dari Maluku atau Menado, misalnya, lain. #peci

10. Bagi siswa asal Manado atau Maluku, yg biasanya beragama Kristen, boleh pakai pakaian Eropa: pantalon, jas, dasi, Mungkin topi. #peci

11. Dari sejarah ini, tampak usaha pemerintah kolonial utk membagi-bagi penduduk dari segi asal-usul “etnis” dan “agama”. #peci

12. Maka banyak aktivis pergerakan nasional menolak memakai blangkon. Apalagi mereka umumnya bersemangat “kemajuan”, modernisasi. #peci

13. Jadi penolakan thd kostum tradisi mengandung penolakan thd politik kolonial (“divide et impera”) dan penolakan thd adat lama. #peci

14. Lalu apa gantinya? Utk pakai topi spt belanda-belanda itu akan terasa menjauhkan diri dari rakyat. #peci

15. Juni 1921, ketika Bung Karno mulai jadi mahasiswa di Bandung, ia menemukan solusi. Ia memilih pakai peci. #peci

16. Maaf, ada kesalahan. Sebenarnya Bung Karno memilih memakai peci dekat sebelum ia pindah ke Bandung. #peci

17. Waktu itu ada pertemuan Jong Java di Surabaya. Bung Karno datang, dan ia memakai peci. Tapi ia sebenarnya takut diketawakan. #peci

18. Tapi ia berkata pd dirinya sendiri, kalau mau jadi pemimpin, bukan pengikut, harus berani memulai sesuatu yg baru., #peci

19. Waktu itu, menjelang rapat mulai, hari sudah agak gelap. Bung Karno berhenti sebentar. Ia bersembunyi di balik tukang sate. #peci

20. Setelah ragu sebentar, ia berkata kpd diri sendiri: “Hayo maju. Pakailah pecimu. Tarik napas yang dalam! Dan masuk SEKARANG!!!” #peci

21. Lalu ia masuk ke ruang rapat. “Setiap orang memandang heran padaku tanpa kata-kata”, kata Bung Karno mengenangkan saat itu, #peci

33. Utk mengatasi kekikukan, Bung Karno bicara. “Kita memerlukan suatu lambang daripada kepribadian Indonesia.”, katanya. #peci

34. Peci, kata Bung Karno pula, “dipakai oleh pekerja2 dari bangsa Melayu”. Dan itu “asli kepunyaan rakyat kita.” #peci

35. Tapi seperti banyak hal di tanahair kita yg bhineka ini, “peci” juga mengandung percampuran. Kata itu dr bahasa Belanda. #peci

36. Menurut Bung Karno, kata “peci” berasal dari kata “pet” (topi) dan “je”, kata Belanda utk mengesankan sifat kecil. #peci

37. Menarik ‘kan, bahwa peci yg kata Bung Karno berasal dari para pekerja Melayu tak disebut “songkok”, sepatah kata Melayu. #peci

38. Baik dari sejarah pemakaian dan penyebutan namanya, peci mencerminkan Indonesia: satu bangunan “inter-kultural”. #peci

39. Maka tak mengherankan bila dari mana pun asalnya, agama apapun yg dianutnya, kaum pergerakan memakai peci. #peci

40. Keadaan ini berlaku sampai sebelum Orde Baru. Ada cerita, waktu bertugas di KL, Benny Moerdani pergi ke gereja memakai peci.#peci

41. Orang Melayu Malaysia bingung. Mereka hanya bisa membayangkan “Melayu” berarti “Islam”, dan “peci” adalah identitas Islam. #peci

42. Tapi sejarah politik peci memang tak berhenti dgn semangat nasionalisme. Bung Karno sendiri sambil melucu mengakui sebab lain. #peci

43. “…sekarang peci itu bagiku lebih merupakan… lambang untuk pertahanan diri. Sesungguhaya, kepalaku kian hari semakin botak”. #peci

44. Di masa Or-Ba, peci diubah jadi lambang pejabat (kalau dlm foto resmi). Pe-negara-an peci terjadi. Sampai sekarang. #peci

45. Sementara itu, tampaknya ada hasrat utk membebaskan diri dari “bau Negara”. Justru kaum pergerakan antiOrde malas pakai peci.#peci

46. Saya pernah pakai peci dlm satu momen “pergerakan”. Yaitu waktu kasus pembredelan Tempo diputus oleh Mahkamah Agung. #peci

47. Kalau dilihat fotonya, kayaknya saya (pakai peci sambil pidato) mau meniru Bung Karno. Padahal tadinya utk sedikit menyamar. #peci

48. Nah, sementara itu, ada semangat menegaskan identitas lain: Islam. Identitas ini dilambangkan dgn tutup kepala putih bagi pria. #peci

49. Mengapa idenitas “Islam” harus berarti “seperti Arab”, tentu ada orang yg lebih tahu ketimbang saya. Saya undang mereka bicara. #peci

50. Tapi tampaknya, soal tutup kepala sering tak bisa dipisahkan dari sejarah politik. Aneh tapi nyata. #peci

51. Contoh paling jelas di Turki. Begitu Mustafa Kemal memegang kendali, ia melarang penggunaan “fez”, topi Turki yang lama. #peci

52. Bagi Kemal, yg hendak jadikan Turki negeri modern, “fez” itu lambang keterbelakangan bangsanya. #fez

53. Yg menarik, “fez”, topi berbentuk ketopong warna merah dgn kuncir itu bukan barang kuno di Turki. #peci

54. “Fez” baru dipakai sbg topi Turki di tahun 1826, di bawah Sultan Mahmud II. Tujuannya: jadi lambang modern…#peci

55. Sebelumnya, “fez” dikenalan di wilayah Afrika Utara, oleh sebagian angkatan laut Kesultanan Usmani. #peci

56. Apa artinya jika lambang modernisasi dari abad ke-19 itu dilarang di tahun 1925 oleh kekuasaan yg menghendaki modernisasi? #peci

57. Artinya: lambang selalu menghasilkan interpretasi, yg bisa berbeda dan berubah. “Fez” dan “peci” menunjukkan hal itu. #peci

58. Itu sebabnya soal tutup kepala dan kostum tak pernah terlepas dari sejarah sosial-politik. “Identitas” itu bukan hal yg kekal. #peci

59. Tapi tak ada jeleknya bila sehari dua hari dlm bulan Agustus nanti, kita memakai peci ala Bung Karno yg dulu jadi “topi” semua #peci

60. Agustus nanti tak ada jeleknya kita ingat: ini negeri yg ingin meneguhkan persaudaraan dlm perbedaan – dengan darah dan doa. #peci

Pengumuman: […]  Saya ngantuk. Maaf, Kul-Twit No. 21 mendadak masuk ke No. 33. Harap diperbaiki, kalau bisa.

comment  : klo mmg #peci adalah pengaruh budaya luar, berarti penutup kepala orisinil warisan budaya kita adlah blangkon ya pak?
gm_gm    : Mungkin saja peci ada berkat pengaruh luar. Tapi blangkon juga belum tentu “asli”, dan Bung Karno bijaksana utk memilih peci.

comment  : mas, di kampung kami siborong2, grj2 sediakan gantungan peci.
comment  : Kakek saya yg Katolik jg slalu pakai peci ke gereja.
gm_gm    : informasi anda berdua sangat penting: bhk sdah lama peci dikenakan bukan orang Muslim sehari-hari.

retweeted by gm_gm:
Rabbi YAHUDI mengenakan hal serupa loh,TUTUP KEPALA PUTIH🙂 #peci

comment  : pak saya mau tnya, peci aslnya drmn? Sy tdk tau krn, peci identik dgn ‘sesuatu’.
gm_gm    : Saya tak tahu dari mana peci berasal. Tapi kalau lihat Karzai dari Afghanistan dan dulu Nehru dari India, bisa jadi peci dari sana.

retweeted by gm_gm:
kalau Nabi Muhammad lahir di Jawa, mungkin blangkon yg akan jd simbol Islam ya.

gm_gm    : 49. Mengapa idenitas “Islam” harus berarti “seperti Arab”, tentu ada orang yg lebih tahu ketimbang saya. Saya undang mereka bicara. #peci
comment  : TDK HRS sprti arab, ya. Tp jgn juga larang org natalan dgn pohon cemara, krn gak indonesia.
gm_gm    : Saya tak setuju ada larangan memilih pakaian, juga peci. Saya hanya usul kita sesekali menegaskan lagi apa itu “indonesia”.
comment  : Even that. Indnsia cair, mngalir. How wld we even attempt 2 dfine it? Kindly advise. Bs trjbak bilang ini indo, itu tdk. Trmsk #peci.
gm_gm    : KIta bisa memilih satu penanda identitas, tanpa menjadikannya sesuatu yg tafsirnya itu-itu saja. Peci bukan penanda yg final.
comment  : Easier said thn done.. Milih idntitas aja dah ribet. Apalg cari sign. *psimist cum realist* Re: milih 1 pnanda idntitas.
gm_gm    : Identitas itu dibutuhkan jika kita bersua dgn orang yg kita anggap lain. Ekspresinya tak pernah final.

Tagged: , ,
Posted in: Uncategorized