#200thBdg oleh@motulz

Posted on September 27, 2010

0


RT @GNFI: Happy 200th anniversary, Bandung. Tiap minggu,bandung dikunjungi 2.3 juta turis. itu artinya,119 juta pertahun!

Tahu Jl. Dago? itu dari kata “tunggu” tempat org belanda janjian saling tunggu kl mo ke Bdg bawah @GNFI #200thnBdg

Blueprint gedung Aula Barat ITB itu masih terkubur di salah satu pilar gedung itu @GNFI #200thnBdg

Kl main ke Taman Ganesha di dpn ITB ada, disana kita msh bisa liat batu arah gunung2 di Bdg Utara @GNFI #200thnBdg

Sebuah bangunan kembar gaya art deco asli msh ada di Jl. Dago, dpn RS. Boromeus, ayo cari!🙂 @GNFI #200thnBdg

Bdg itu disiapkan Sukarno sbg kota backup Jkt, gak heran pos penting ada disana : Telkom, IPTN, Pindad, seskoad dst @GNFI #200thnBdg

Sebutan orang Bandung jaman Belanda : Preanger dr kata orang Parahyangan @GNFI #200thnBdg

Bdg kota kembang, kembang itu kiasan buat “wanita cantik” bukan kembang beneran lho🙂 so bangga deh cewe2 Bdg @GNFI #200thnBdg

Tuan tanah Eropa pertama di Bdg : Dr. Andries de Wilde. Tanah dia separo dr Bdg skrg!! @GNFI #200thnBdg

Kantor Pemda Bandung skrg itu dulunya gudang kopi milik Pak Andries de Wilde ini😛 @GNFI #200thnBdg

Bangungan Aula Barat ITB itu tahan gempa, karena tiap sambungan struktur pake baut @GNFI #200thnBdg

Jantung kota Bandung jaman dulu itu di Gedong Sate (Pusat Kegiatan Masyarakat Eropa) #200thnBdg

sebutan Bdg : Parijs van Java krn ikatan bisnis dan budaya Bdg dgn Paris jaman dulu sudah kuat sekali #200thnBdg

Krn cantiknya mojangan Priangan, di Belanda ada poster dgn pesan: hati2 jika suami anda berlayar ke Bdg, bisa jadi gak pulang :)) #200thnBdg

Sempatkan main ke BMC (Bandoengsche Melk Centrale), itu penjual susu murni sejak jaman Belanda! Skrg masih ada di Jl.Wastukencana #200thnBdg

Tahu Villa Isola? (IKIP Bdg), ternyata itu tempat persembunyian seorang oknum lho. Dia mati krn pesawatnya jatuh #200thnBdg

Arsitek beken Bdg tempo Doele ada K.C. Schoemaker, dia yg bikin banyak bangunan di Bdg, dia pula dosen-nya Sukarno #200thnBdg

Presiden Sukarno itu lulusan Teknik Sipil ITB (dulu belum ada arsitek), salah satu karya dia adalah toko roti di Simpang Lima #200thnBdg

Tahukah bhw Bdg itu dulunya danau besar? surut krn ada patahan. Lubang patahan itu masih ada disebut sumur Bdg di Jl. Asia Afrika #200thnBdg

Sempatkan pula ngopi di Kopi Aroma (dr jaman Belanda), duh lupa di jalan apa itu ya?😛 dkt Banceuy lah #200thnBdg

Percaya gak, wanita Priangan itu tergolong maju & modern sejak dulu, sejak th 1910 udh berani naik sepeda keliling kota #200thnBdg

Tahu Marhaenisme? Itu dari nama seorang petani (Pak Marhaen) di Bdg utara yg ngobrol sama Sukarno jaman ia msh mahasiswa #200thnBdg

Sempatkan main ke peneropong bintang Bosscha, dibuat oleh org kaya Pak Bosscha yg hobby perbintangan #200thnBdg

Observatorium Bosscha saat ini udh gak layak krn sekitarnya penuh rumah jadi kl malam terang benderang, idealnya gelap gulita #200thnBdg

Ingin tahu betapa org Belanda bisa jatuh cinta Bdg? dengarkan lagu “Hallo Bandoeng”-nya Wieteke van Dort. Anda akan nangis deh #200thnBdg

Kalo lewat Taman Maluku, liat deh ada patung pendeta, dia Pak Verbraak, seorang pastur militer Belanda. Ada sejak jaman Belanda #200thnBdg

RT @freydoh ; @motulz titik 0 km Bdg dmulai d dpn Ged Asia Afrika yg mrupakan lintasan Jalan Pos Daendels #200thnBdg

Kl main ke Tmn Maluku, lewatin Gedung Jaarbeurs deh, ada gedung Kologdam.Ada patung gaya art deco yg dianggap porno, 3 cowok nude #200thnBdg

Buat yg tahu Situ Aksan, itulah sisan danau purba cikal bakal Bdg, sok atuh foto2😀 #200thnBdg

Nah kalo lewat Babakan Siliwangi, disitulah tepian danau purba Bdg. Ayo foto2 lagi😀 #200thnBdg

duh ada yang inget gak nama tempat makan di Braga? itu ada sejak jaman Belanda, jgn kaget kalo siang2 mrk tutup buat tidur siang #200thnBdg

Anda udh main ke Ciwalk kan? dulu deket situ ada pemandian jadul org Belanda. Gak tahu msh ada / ngga😛 #200thnBdg

Ingin merasakan jd meneer Belanda tempo doeloe? Mampir & makan2 di Bumi Sangkuriang Cieumbuluit deh #200thnBdg

Tahu Jl. Kebon Bibit dulunya emang tmpt pembibitan bunga. Tempat noni2 Belanda hang-out #200thnBdg

Tempat makan di Jl. Braga itu namanya Sumber Hidangan (thx @Pashatama ) sok mampir dan foto2😀 #200thnBdg

konon, Jl. Braga itu diambil dr istilah “ngabaraga” atau menyusuri sungai Cikapundung #200thnBdg

Bdg emang udh jadi pusat fashion sejak dulu, terbukti dgn adanya gedung OB (skrg jadi bank ya?) #200thnBdg

Gedung OB itu kalo gak salah sempat jadi Sarinah Bdg (skrg msh ada gak ya?) #200thnBdg

Pusat fashion lainnya ada di seberang OB, yaitu : Au Bon Marche” ngetop dgn gaun2 perancis. Sempet kasus ya dipake konser metal #200thnBdg

Percaya gak, cikal bakal perakitan mobil pertama itu di bengkel Mercy Jl. Braga (ada di sebelah kiri jln masuk ke dalam) #200thnBdg

Kl sempet ke Jl. Braga jgn naik mobil, jalan kaki deh perhatikan plakat2 di bangunan2 situ, dibuat tahun 1900 sekian!! :Dayo foto #200thnBdg

RT @hotradero : Restoran “Snoephuis” tulz. Selalu tutup jam tidur siang @motulz

mau merasakan kafe aseli eropa? main ke “Maison Bogerijn” (?) satu2nya kafe di Braga yg pake Lambang Kerajaan Belanda :)) #200thnBdg

Kalo tahu stasiun KA Bdg, masuk lewat pintu belakang, itulah pintu aseli stasiun Bdg jaman Belanda #200thnBdg.

Tahu Taman Lalu Lintas? itu taman jadul juga, dulunya Insulinde Park #200thnBdg

Taman Maluku (Moluken Park) juga taman tertua di Bdg #200thnBdg

Taman Ganesa (Itjerman Park) juga jadul, kolam teratainya udah ada sejak jaman Walanda #200thnBdg

@hotradero yg saya tahu Toko Buku Indira (masih ada gak ya?) saya beli komik Tintin pertama di sana :)) #200thnBdg

RT @chriskaraweh: Skrng jd Braga CityWalk (meureun) hehe RT @motulz: Percaya gak, cikal bakal perakitan mobil pertama itu di bengkel Mercy Jl. Braga (ada di sebelah kiri jln masuk ke dalam) #200thnBdg

Tahu Jl. Dipati Ukur? itu nama Bupati Sumedang yg diangkat Belanda jadi wali negara atas tanah Priangan #200thnBdg

Duh..saya tahu itu semua dr baca2 buku Haryato Kunto (baguusss!!) buat bahan komik Kapten Bandung saya😀 mangga dilengkapi atuh @hotradero

RT @hotradero: Bioskop yg (pernah) ada di Jl. Braga: Bioskop Mayestik, President, Luxor, Braga Sky. Satu jalan ada 4 bioskop..🙂 #200thnBdg

Ada yg bisa bantu kasih link lagu “Hallo Bandoeng” versi Wiete van Dort? Kalian musti denger dan baca liriknya via @asepkusmanto #200thnBdg

Ah ini : Buat yang mau denger lagu “Hallo Bandoeng” plus lirik (sub-title) dpt dari Mas Priambodo🙂 http://bit.ly/bkyWCD

Lagu “Halo2 Bandung” Ismail Marzuki sempat dianggap ambil judul dari “Halo Bandoeng” Wieteke td Krn kata “halo” gak Bdg bgt😛 #200thnBdg

Sori kl ada typo, semua pernah gw baca dr bukunta Haryato Kunto “Semerbak Kembang di Kota Bdg” (?) jaman kuliah dulu🙂 @farry

Gw bikin komik itu pun karena cinta berat ke Bdg euy :)) http://www.kaptenbandung.com @farry lupa lo yg bikin Kapten Bandung!

RT @asepkusmanto: @motulz Hallo Bandoeng”-nya Wieteke van Dort : http://bit.ly/ctDtj5. (Mp3) – http://bit.ly/bUKr6m. (Lyrics)

Terus terang, sedih banget liat Bandung skrg, terlalu macet dan kebanyakan papan reklame. Gedung2 tua dibongkar jadi FO😛 #200thnBdg

Knp org Belanda dulu musti tunggu2an di Jl. Dago (tunggu)? krn suka dipalak sama Preanger (org pribumi) :)) #200thnBdg

Rada gak percaya pas denger Bandung jadi kota sampah dan offroad dalam kota😛 #200thnBdg

Tahun 90an, jalan2 kaki di Bdg itu enak, dari toko ke toko pinggir jalan dan dingin, bagaikan mall satu kota🙂 #200thnBdg

hehe.. dulu itu Nurtanio, org Indonesia pertama yg merakit pesawat @dinsul Klo IPTN kan jamannya soeharto, itu kan Habiebie yg bikin*protes

IPTN itu dulunya Nurtanio, buah karya bengkel di Pasir Kaliki yg ngerakit pesawat. Namanya PakTossin sempet bikin geger dunia :)) #200thnBdg

RT @hotradero: Kenapa di Bandung banyak papan reklame sementara pohon ditebangi? Karena yg mengurus papan reklame adalah Dinas Pertamanan. #200ThnBdg

Buat yang ingin tahu sejarah IPTN / Nurtanio bisa baca disini http://bit.ly/bJbix3#200thnBdg

Bandung tahun 90an itu bepergian cukup jalan kaki atau naik angkot (mikrolet). Skrg kemana2 musti pake mobil (Jakarta style??) #200thnBdg

Bukti kalo Bandung itu kota pejalan kaki = banyak toko2 letaknya di tepi jalan dan gak menyediakan tempat parkir #200thnBdg

Bukan.. Preanger itu dari Org Priangan, sebutan org Belanda @parahitairawan Baru tau saya kalo preanger itu artinya pribumi @hotradero

Indah dan seru nya Bdg adalah kita masih bisa liat “heritage” di sekitar jalan2. Jangan sampai sisa yg ada dirusak euy #200thnBdg

ingin merasakan jalan2 Bdg tempo doeloe? Lewatin Jl. Cipaganti. Semoga pohon2 disitu gak digusur #200thnBdg

Enaknya cuaca di Bdg, memungkinkan pake jaket / sweater dgn kaca mata hitam. Di Jkt berasa kurir :)) #200thnBdg

Tgl 25 September 1810 adalah Hari penanda tanganan Bdg dijadikan kota pemukiman oleh Belanda #200thnBdg

Villa Isola (IKIP Bdg) dulunya dimiliki oleh seorang pengusaha kaya turunan Jawa – Itali, doi seleb jaman itu #200thnBdg

Pemilik Villa Isola ini adalah penyuplai berita Hindia Belanda yg nyeleneh jd dimusuhi pemerintah Belanda #200thnBdg

Gak nyangka kalo si pemilik Villa Isola itu org yg depresi, dia menggunakan villa itu sbg tempat menyendiri (sembunyi) #200thnBdg

Lokasi Villa Isola itu di Jl. Setiabudi, yang sejak doeloe emang jd daerah fav org2 kaya Belanda #200thnBdg

Sbg patokan, Bandung Utara itu atas, Bdg Selatan itu bawah. Makanya lagu Bdg Selatan di waktu malam= city light #200thnBdg

Peresmian Kota Bdg sbg kota pemukiman oleh pemerintah Hindia-Belanda ke Deandels @farry 25 Sep 1810 ada peristiwa apa

Bandung juga terkenal dengan scene musik2 indie-nya mungkin @aparatmati akan share banyak ttg itu #200thnBdg😛

Kalau mau iseng, mampir deh ke Jl. Ciateul no.8, disitulah kos2an Sukarno jaman kuliah dulu. Itu rumahnya Ibu Inggit. Ayo foto2!! #200thnBdg

Kalo pernah denger Jl. Moh. Toha, dia adalah pejuang Bandung lautan api #200thnBdg

Tahu Jl. Buah Batu? konon itu diambil dari nama batu mistik!! yg keberadaannya masih ada lho😀 #200thnBdg

Jl. Asia-Afrika dulunya Jl. Pos Besar (Grootepostweg), diganti krn ada Konf Asia Afrika #200thnBdg

Gedung Asia-Afrika itu dulunya Concordia, tempat hang-out org Belanda. Ayo foto2!! sebelum jadi FO😀 #200thnBdg

Di depan BIP ada Gedung Merdeka (?) dulunya tempat barber shop jaman Belanda. MAsih ada gak ya? #200thnBdg

Nah deket warung Internasional (jl apa ya?) ada barber shop, yg tukang cukurnya dulunya asisten tukang cukur Belanda #200thnBdg

si tukang cukur itu sudah tua, punya dua kursi cukur warisan dari bos belandanya, dia msh menyapa tamunya : toean moeda :D#200thnBdg

Maaf lho kalo gw salah sebut nama gedung2 di Bdg, udah lupa dan lama gak ke Bdg😀 #200thnBdg

Ingin merasakan suasana perumahan era kolonial? muter2 deh di jalan2 belakang Gedung Sate #200thnBdg

di Bdg / Jawa Barat tidak ada nama jalan Hayam Wuruk, Gajah Mada, Majapahit, ini efek dari Perang Bubat (dari @freydoh ) #200thnBdg

Dulu ada kafe pinggir jalan Asia-Afrika asik banget di sisi depan Hotel Homann, diajak sama @sociotalker (pasti dia udh lupa) #200thnBdg

Mau liat perumahan gang2 sempit Bdg tempo doeloe? mampir ke Jl. Rangga Gempol deh.. sambil jalan kaki aja #200thnBdg

Toko alat2 gambar lengkap juga ada di Toko Hidayat, di daerah Cihapit. Itu juga kalo siang tutup, yg jualnya tidur siang! :)) #200thnBdg

Oh iya! TIDAR :)) masih ada gak ya? itu di gang kan? @sulelubis hidayat mah bukan di cihapit, cihapit mah Tidar.#200thnBdg

@Pashatama iya iya 😀 maaf.. nah di Toko Hidayat itu dulunya jual kaset2 instrumen sunda lho, semoga msh ada #200thnBdg

Ingin merasakan suasana komplek militer Belanda tempo doeloe? Muter2 deh ke Jl. Gudang Utara, dkt toko brownies Sari Rasa (?) #200thnBdg

Kalo ingin merasakan suasana sekolah jaman kolonial, mampir dan foto2 di SMA 3 dkt Taman Lalu Lintas ya? #200thnBdg

Duh iya!! Jl. Gudang Utara tadi deket PrimaRasa!! makasiih @Pashatama toko brownies nya Prima Rasa🙂. #timrevisi

Orang Jakarta rugi kalo ke Bdg cuma ke PVJ, gak beda sama mal Jkt koq.. mending keliling2 heritage😀 #200thnBdg

Ada tempat makan dan ngopi enaak bgt di Bandung Atas, gw lupa namanya mungkin @sulelubis mau kasih tahu? konon jgn dibocorin spy gak rame:))

Sukarno pnh dipenjara di Penjara Banceuy, skrg jadi pertokoan, yg sisa cuma salah satu tower pengawas, ayo cari! msh ada tuh!🙂 #200thnBdg

Sedih, baru tahu kalo bengkel Mercedez Benz pertama di Indonesia di Jl. Braga udh gak ada, jadi Braga Walk #200thnBdg

Buat yg mo ngemil2 home-made yoghurt dan somay, bisa main ke Yoghurt Cisangkuy dkt Gedung Sate (masih ada?) #200thnBdg

OK teman2 tweeps.. cukup dulu share buat Kisah Bdg-nya🙂 makin bikin kangen euy.. Sok silakan yg lain share jg di #200thnBdg

Ternyata kopi di Kopitiam Oey pake kopi Aroma dari Bandung!! #200thBDG http://plixi.com/p/47061243

Di Jl. Banceuy ya, km cm bs beli bubuk lho gak bs minum disitu @ulaulaninja:Eh kopi aroma dmn si dibdg?#200thBDG http://plixi.com/p/47061243

Posted in: Uncategorized