tentang Al Ghazali by @irfan_beik

Posted on September 20, 2010

0


kumpulan twit ini membahas tentang ekonomi syariah, sistem ekonomi yang mengagumkan utk saya secara personal🙂

1. Al Ghazali bernama lkp Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Tusi Al-Ghazali. Lahir di Tus Khurasan th 1058 M #eksyar

2. Karya2 al-Ghazali sgt luas, lbh dr 300 judul, mencakup banyak disiplin ilmu,,,termasuk ekonomi. Karya terkenalnya Ihya Ulumuddin

3. Sharing tweet skrg hanya akan mencoba membahas sbagian saja dari pemikiran ekonomi al-Ghazali

4. Pertama soal konsep pasar. AlGhazali mengatakan bahwa pasar adlh institusi yg lahir akibat dorongan pemenuhan kebutuhan manusia

5. Pasar adlh tmpt utk saling mempertukarkan kebutuhan manusia yg bermacam2. Utk menganalogikannya, beliau mbuat perumpamaan menarik

6. Al_ghazali mberi contoh hub antara pandai besi, tukang kayu dan petani. Mrk slng mptukarkan kpemilikanny utk mmenuhi kbutuhan mrk

7. Proses ptukaran ini akan melahirkan perdagangan, yg tujuan utamanya adlh mengumpulan modal dan keuntungan

8. Model pjelasan tbrntuknya pasar akibat proses ptukaran jg ditiru oleh Adam Smith bbrp abad setelahnya

9. bedanya Adam Smith menggunakan contoh penjual daging, pbuat bir dan tkg roti. Gaya menjelaskannya persis sama dg gaya al-Ghazali

10. Kmudian, al-Ghazali jg membahas soal hukum supply dan demand serta elastisitas harga

11. Al-Ghazali mengatakan: “Ketika seorang petani tidak menemukan seorang pembeli atas hasil ptaniannya, maka..

12…ia akan menjualnya dgn harga yg lbh rendah”. Artinya, excess supply akan mbuat harga jd turun

13. Al-Ghazali jg menganjurkan agar pedagang tdk mengambil untung tlalu tinggi dlm bisnis brg2 kebutuhan pokok manusia

14. tampaknya al-ghazali sgt memahami konsep inelastisitas harga via pernyataannya tsb

15. kmudian soal uang, al-Ghazali mengatakan bhw fungsi uang itu adlh sbg medium alat tukar

16. Bg al-Ghazali, sistem barter tdk efektif dlm memfasilitasi pertukaran barang dan jasa. Krn itu, kita perlu uang sbg alat tkr

17. memiliki uang itu tdk akan ada manfaatnya apabila tdk digunakan sbg alat ptukaran brg dan jasa. Bgitu kt beliau

18. Fungsi uang kt al-Ghazali jg sbg standar pengukur nilai brg dan jasa

19. al-Ghazali mengecam praktek riba. Kt bliau, uang tdk diciptakan utk menghasilkan uang

20. Kalau ingin membuat uang qt berkembang, maka gunakan ia dlm proses bisnis yg rill dan halal. Ia berkembang brsm perdagangan

21. Bg al-Ghazali, membungakan uang merupakan ksalahan bsr dan ia berpotensi mengancam perekonomian

22. Al-Ghazali mbuat perumpamaan fungsi uang bagaikan aliran darah dlm tubuh manusia. ia hrs mengalir ke sluruh tubuh.

23. Bunga, bg al-Ghazali, adlh instrumen yg bs menghambat aliran darah tsb. Kalau terhambat, akibatnya bs fatal

24. Tubuh akan mudah tserang penyakit, dan sgt rentan. Daya tahan akan berkurang. Bgitulah akibat riba

25. Slain itu, yg jg bs menghambat aliran darah dlm tubuh prekonomian jg, adlh praktek2 bisnis yg tdk sesuai syariah

26. Misal, ihtikar (penimbunan), dg tujuan mengurangi supply, shg harga naik. al-Ghazali sgt mengecam org2 sperti itu

27. al-ghazali jg sgt peduli dgn peran negara dlm perekonomian. Bg beliau, fungsi negara adlh menciptakan ksejahteraan sosial

28. Dr konsep ksejhateraan ini, al-ghazali mperkenalkan konsep mashalih (utilitas, manfaat) dan mafasid (disutilitas, madharat)

29. kbijakan ekonomi hrs berorientasi pd mashalih&bkn mafasid. At least, agama, jiwa, harta, akal, &kturunan manusia hrs tlindungi

30. Kbijakan ekon yg menciptakan kerusakan pd agama, harta, jiwa, akal dan kturunan, serta khidupan manusia, adlh kbijakan yg gagal

31. Dmikian kultwit sbagian pmikiran ekonomi al-Ghazali😀

Posted in: Uncategorized