kopi, kebiasaan dan ritual part 2 oleh @siadit

Posted on September 20, 2010

0


Yak! Selamat malaaaam. Saatnya kultwit “Kopi, kebiasaan dan ritual bagian 2: kehidupan di dalam kedai kopi Timur Tengah abad 16”

1. Pemilik kedai kopi/cafe brsh menarik tamu dgn menyewa musisi, penari dan pertunjukan boneka, selain melalui pelayanan dan kopi.

2. Begitu tamu kelihatan bosan dan obrolan mereda, pemilik kedai segera memerintahkan seorang sastrawan membacakan puisi atau cerita klasik.

3. Permainan pengisi waktu seperti catur atau kartu juga menjadi kegiatan populer di kedai kopi.

4. Judi dan konsumsi opium juga turut menjadi bagian dari kehidupan kedai kopi. Setiap kedai pasti ada narghiles.

5. Narghiles digunakan utk menghirup Hashish(opium) atau sisha(tembakau) sambil menunggu kopi.

6. Konon, tradisi mentraktir bir di bar2 Inggris berasal dari kebiasaan kedai kopi di Turki pada abad 16 ini. Begini ceritanya:

7. Jika sso “tamu lama” melht temannya yg mrpk “tamu baru” hendak memesan kopi di sebuah kedai kopi, maka ia akan berteriak “caba!” (Gratis)

8. Maka sang pemilik kedai tidak akan meminta tagihan kepada sang “tamu baru”. Untuk membalas kebaikan ini, tamu baru akan berkeliling.

9. Si tamu baru berkeliling memperkenalkan dirinya, menyalami seluruh tamu satu persatu, sebelum duduk di tempatnya.

10. Jika tamu yg datang adalah yg “dituakan”, mak semua tamu akan berdiri memberi hormat dan memberikan tempat terbaik bagi sang “senior”

11. Kebiasaan di kedai adalah meminum kopi sepanas-panasnya. Jadi, para tamu akan menyeruput kopi dari sebuah piring kecil.

12. Cangkir baru digunakan belakangan. Antara cangkir dan piring kecil, ada masanya para tamu menggunakan mangkuk cina ukuran kecil.

13. Pemilik kedai akan terus menuangkan kopi di mangkuk2 para tamu, hingga sang tamu menggunakan tanda tertentu untuk berkata “sudah cukup”

14. Caranya adalah menutup mangkuk dengan telapak tangan atau “menggeleng2kan” mangkuk, ketika pelayan datang untuk mengisi ulang.

15. Seorang pengembara Inggris menggambarkan suasana di kedai kopi : “mrk menghabiskan hampir 1 jam untuk satu piring kopi”

16. “Bunyi seruputan kopi sgt ramai. Tamu baru atau lama, sama saja. Bayangkan riuhnya bila beberapa ratus org menyeruput pd waktu yg sama”

Posted in: Uncategorized