#CityIdeas from @ridwankamil

Posted on September 17, 2010

0


ide2 yang inspiring, mudah2an bisa ada yang direalisasikan yah🙂 #saveJakarta

Sy mau share beberapa ide2 yg berkeliaran di kepala ttg kota ya.

1. Konsep ‘satu taman satu komunitas’. Taman dipelihara oleh komunitas/warga. Pemkot gak usah keluarin dana. Di Bdg akan dimulai. #CityIdeas

2. Konsep ‘city park tourism’. Satu taman satu tema. Ttp hijau dgn fasilitas tematik. Agar anak2 kita mau cintai taman drpd mall. #Cityideas

Misal: Taman fotografi, taman zikir, taman fitnes, Taman skateboard, Taman musik, Taman buku, Taman aromaterapi, Taman bikers #CityIdeas

3. Konsep ‘Green Bldg Law’. Memberi insentif positif bg bgn yg lulus green.Di jkt sdh dibahas, tapi gak ngerti knp gak kelar2. #CityIdeas.

4. Bikin larangan kantung plastik di toko/mall/mart. Warga wajib bawa tas belanja sendiri. SF sdh lakukan itu. Yg langgar didenda #CityIdeas

5. Kembangkan konsep ‘Bank Sampah’ ala Pak Nanang RW 09 Cilincing JKT. Warga dikasih kredit jika setor sampah nonorganik #CityIdeas

Konsep ‘Bank Sampah’ Pak Nanang ini mungkin cocok dgn sosiologis warga kita. Short term mereka arus dipuji/dibayar utk disiplin. #CityIdeas

6. Kampanye “Pagar hijau”. Semua pagar kapling rumah/bgn publik, didominasi unsur tanaman/bunga. Anti pagar tembok/besi doang #CityIdeas

Besi didalam. Perdu hijau diluar yg terlihat dr jalan. Itu solusinya.”@ekorioh: wah saya agak ragu sm keamanan rmh kl ga pake pagar besi mas

Maka yg kita lihat adalah unsur hijau horisontal. Menemani hijau deretan pohon jalan vertikal. Segar di dada. Segar di mata. #CityIdeas

7. Ide ‘Zero Waste Home’ ‘Pak Bambang Cacing’, Sekeloa BDG bisa ditularkan kekota2 besar. Rumah hampir sama skl tdk prodks sampah #CityIdeas

Pak Bambang pelihara cacing utk makan sampah organik, Lele utk kotoran, marmut utk sisa makan. Kurangi plastik. *lg cb motivasi diri sendri

8. Ide “Green pole”. Semua tiang lampu listrik ditanami tanaman rambat seperti tiang2 listrik di spjg jalan menuju Bandara CGK. #CityIdeas

9. Ide ‘Fruit Street”mengombinasikan pohon buah2an yg rindang sbg urban trees. Selain rindang, wangi bisa dipetik pula. #Cityideas

“Fruit street’ ini bisa dibikin festival sesuai masa petiknya. Festival Jeruk, Festival Nangka, Festival Mangga, Festival Durian? #CityIdeas

10. Ide “Urban Farming”. Mengisi ruang2 kota tak bertuan dgn bercocok tanam. Sama hijaunya dgn ilalang/rumput. Namun bisa dipanen #CityIdeas

Bayangkan ada lahan pertanian/kebun di dalam kota beton. Bisa ajak anak2 SD utk pelihara. Mendekatkan mereka ke alam tp di kota. #CityIdeas

Posted in: Uncategorized