@revolutia tentang NeoLib

Posted on September 16, 2010

0


FYI, Obama itu tidak NeoLib, dia SosLib sama dgn mayoritas Democrats. George W Bush is the NeoLib man, just like most Republicans.

Tidak semua kapitalis itu NeoLib. NeoLib itu salah satu aliran Kapitalisme, salah satu, bukan satu-satunya.

Liberalisme adalah paham ekonomi yg menekankan Mekanisme Pasar dalam segala tindakan ekonomi. Turunannya ada NeoLib, ada SosLib, dan lain2.

NeoLib berpandangan Pemerintah tidak boleh mengintervensi pasar. Pemerintah tidak perlu punya banyak duit. Ekonomi serahkan ke pasar semua.

Dalam pandangan Neoliberalisme, subsidi adalah sesuatu yg buruk, karena subsidi berarti pemerintah sudah mengintervensi.

Dalam Neoliberalisme, tidak dikenal istilah BUMN, karena semua kegiatan ekonomi adalah milik swasta dan Mekanisme Pasar.

Pendukung Neoliberalisme menyukai tax cut (potongan pajak) karena berarti semakin banyak uang yg beredar di pasar, semakin bergairah,

Pemerintah NeoLib tidak akan melakukan bailout terhadap perusahaan/bank/lainnya karena ini adalah bentuk intervensi.

Banyak pihak yg koar2 memberikan stigma NeoLib ke bbrp orang mengada2. USA sendiri bukan contoh negara NeoLib karena masih kasih subsidi.

NeoLib murni yg pernah ada itu di Hongkong. Negara lain, intervensi pemerintah atas ekonomi masih ada.

Bagaimana mungkin orang yg dituduh NeoLib macam Boediono & SMI memutuskan bailout Bank Century krn NeoLib tulen itu anti bailout.

Ketika pemerintah Bush memutuskan bailout di US, dia bilang saya semestinya tidak lakukan ini (karena bertentangan dgn prinsip ekonomi dia).

Situasi ekonomi kacau pada waktu itu memaksa Rep bersatu dgn Dem mendesak Bush lakukan bailout.

@saintpooney semakin minimal peran negara, semakin baik. begitu pandangannya.

Orang2 kaitkan privatisasi BUMN dgn NeoLib, memang benar NeoLib pro privatisasi, tapi NeoLib juga anti subsidi.

Privatisasi tidak selamanya buruk. Lihat China, negara ini maju pesat setelah privatisasi banyak BUMN korupnya.

Dalam pandangan NeoLib, semakin banyak duit di tangan pemerintah, semakin banyak penyalahgunaan. Baiknya jgn pegang duit banyak.

Ada beberapa NeoLib tulen di Indonesia, di twitter lumayan banyak, mereka malah bingung kenapa Boediono & SMI bisa di cap Neolib.

Lucunya yg ngecap NeoLib adalah orang yg sama dgn yg pertanyakan BailOut Century? Jadi mereka itu ngerti gak sih NeoLib apa?

Indonesia sulit jadi negara Neolib karena mayoritas rakyat harapkan bantuan pemerintah dalam ekonomi.

Trus yg pro-investasi asing disamakan dgn NeoLib. Mereka maunya Nasionalisasi semua aset asing. Itu namanya Sosialis wooyy… kamu dah Kiri.

Mau Nasionalisasi? Lihat Case Zimbabwe, abis di nasionalisasi jadi BUMN, jadi sarang korupsi. Rakyat yg dapat duit? Boro2..Koruptor jaya.

BUMN di Indonesia juga banyak yg penyakitan. Idealnya buat rakyat, tapi beberapa kita tahu cuma jadi sapi perah partai politik.

Katakan Partai X berkuasa & Presidennya Nasionalisasi Freeport jd BUMN, dia bakal taro orang2nya di sana, supaya duitnya ngalir ke Partai X.

Lebih baik semua BUMN go public, jadi duitnya gak disalahgunakan lagi oleh2 elemen2 politik di Indonesia.

Saya sendiri penganut Social Liberalism, saya berpandangan subsidi perlu, tapi yg disubsidi orangnya bukan barangnya.

Contoh subsidi orang = pendidikan, kesehatan. Contoh subsidi barang = BBM, Pupuk, Sembako, etc.

Menurut saya, subsidi orang lebih baik untuk jangka panjang dibanding subsidi barang. Ini arah pemerintahan SBY-Boed yg saya suka.

RT @PramOctavy: Malah kalau Pemerintah fokus jadi pemegang saham aja dan lepaskan BUMN ke tangan profesional, urusan pemerintahan tak akan terganggu.

Tagged: ,
Posted in: Uncategorized