@fxmario tentang #diet / #fitnesstips

Posted on September 16, 2010

0


Banyak yang nyangka kalo Diet itu berarti gak makan, padahal diet itu harusnya berarti pengaturan makanan.

3 prinsip dalam diet adalah: 1 Gak boleh lapar. 2 Gak boleh lemas. 3 gak boleh membosankan/bisa dijalankan terus2an sebagai lifestyle😛

karena #diet berarti pengaturan makanan,berarti ada “apa yang dimakan” “kapan makan” “bagaimana dimasaknya” dan “berapa banyak” #fitnesstips

apa yang dimakan? secara umum ada 2 nutrisi yang perlu dipenuhi dalam #diet : makronutrisi dan mikronutrisi #fitnesstips

makronutrisi adalah makanan yg dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar, bisa puluhan sampai ratusan gram perhari. #diet #fitnesstips

Yg terdiri dari makronutrisi adalah: Karbohidrat, Protein, dan lemak.jadi jangan sampai gak konsumsi lemak ya, pilihlah lemak baik dlm #diet

Sumber lemak baik: kacang2an, minyak ikan, olive oil, alpukat, canola oil #fitnesstips #diet

sumber karbohidrat baik: Nasi merah, ubi, gandum, oatmeal, singkong, pasta, muesli #fitnesstips #diet

Oh iya, sayur2an dan buah2an yang tidak terlalu manis juga bisa jadi sumber karbohidrat baik #fitnesstips #diet

Sumber protein yang baik: dada ayam, ikan, putih telur, non fat milk dan turunannya (yoghurt, keju dll) kacang2an. #fitnesstips #diet

Gimana penyajiannya?dr 7 cara penyajian umum : goreng, bakar, kukus, rebus, pepes, panggang, tumis.jauhin 1 aja:GORENG #fitnesstips #diet

Hal itu karena makanan yang digoreng, kalorinya bertambah hampir 2 kali lipat tanpa menambah gizinya. #fitnesstips #diet

contoh 1 potong dada ayam yang gak digoreng: 200-300 kal, yang digoreng bisa 500 kalori #fitnesstips #diet

Selain itu perhatikan juga zat penambah makanan yang bisa menambah kalori: mentega, santan, gula, tepung #fitnesstips #diet

Kapan kita makan? karena #diet gak boleh lapar, gue pake prinsip gampang aja sehari 5 kali :p 3 kali makan besar, 2 kali snack diantaranya

porsi #diet gampangnya : . Karbohidrat baik maks: sebesar kepalan tangan.Protein sebesar kotak kartu,Sayuran sisanya u/ penuhi piring

kenapa gue bilang gampangnya? karena emang susah kalo mau makan kudu buka tabel nutrisi dulu buat ngitung ukuran dan persentasenya :p

itu porsi buat makan besar dalam #diet,kalo snack,biasanya saya minum susu non fat, atau snack bar yang low GI, atau telur di siomay

Jangan lupa tentang mikronutrisi.. ini jenisnya banyak banget, segala macam vitamin dan mineral.. #fitnesstips #diet

Dengan konsumsi makronutrisi (karbo, protein, lemak) dari sumber yang bervariasi, biasanya kebutuhan mikronutrisi akan terpenuhi.

terakhir adalah air. Usahakan 2 liter air sehari agar metabolisme lancar, jangan diganti teh/kopi ya.

Ketika #diet, buat mindset pada “apa yang boleh dimakan”. Bukan “apa yang dilarang” biar gak bete dalam milih menu kalo makan di luar🙂

Dengan pola #diet ini saya berhasil nurunin berat badan 13kg dalam setaun dan kolestrol turun 37 poin tanpa obat2an

Dalam #diet, usahakan makan tepat pd waktunya. Kalo kita telat makan, biasanya pas makan jadi rakus.. (Pengalaman pribadi) :p

Oh iya tweeps, yang turun 13kg dsb tadi, gue #diet sambil olahraga 3x seminggu ya :p

Oh iya lupa jelasin istilah #diet yang gue pake tadi.. Karbohidrat baik maksudnya yang kadar glikemik indeksnya rendah

Lemak baik dalam #diet maksudnya yang tinggi HDL (kolestrol baik) dan LDL (kolestrol jahat) rendah.

few responses:

@riniiiii gue biasanya makan malem 2 jam sebelum tidur.. iya pake prinsip itu kok.. kdg ga makan karbo kalo malem.. Tergantung aktifitas aja

Koko krunch gulanya tinggi, saya pilih jenis cornflakes yang kuning RT @asrifairuz klo sarapannya sereal gandumnya koko krunch gitu bisa ga?

kalo ada yang bilang air dingin bikin gemuk itu mitos. Air gak ada kalorinya, jadi ga menggemukkan kecuali ditambah sirop @josephsihotang

Posted in: Uncategorized