@ridwankamil on semiotika

Posted on September 13, 2010

0


Sy mau kultwit ttg semiotika, bagaimana “fakta yg sama bisa punya makna yg berbeda”. Biar efektif ada 10 voting sy akan mulai. Mau?

1. Saat 11 Sep ’01: Bush “Ini kejahatan terbesar thd peradaban!”. Sopir Taksi Beijing “Ah.itu adl pelajaran buat kesombongan AS” #semiotika

2. AS menyebut pelaku 9-11′ Teroris Bajingan!’ Di Afganistan: Disebut ‘pejuang’ yg berhasil meruntuhkan ‘setan besar’. Koq beda? #semiotika

3.Knp pelaku memilih WTC New York? Knp gak stadion Yankee atau RS Elmhurts (tempat anak sy lahir) di Queens. Mereka sdh berhitung #semiotika

4. Mrk ingin efek psikologis tertinggi: WTC wakili kebanggaan AS sbg superpower ekon. Pentagon dipilih mewakili supremasi militer #semiotika

5.Dlm cerita td, arsitektur srg dipakai utk pertontonkan sbh ‘nilai’. Nilai politik/budaya/ekon bisa ‘dibaca’ dr sebuah bangunan #semiotika

6. WTC yg dirancang Minoru Yamasaki dimaknai sbg ‘kebanggaan’ bg warga AS. Di dunia ke-3, ia dimaknai sbg simbol ‘kesombongan’. #semiotika

7. Perbedaan ‘membaca’ & interpretasi makna ini bisa ditelaah dgn #semiotika. Sbh ilmu ttg ‘tanda’ atau ‘sign’. Ia juga adl proses mental.

8. Dari ‘sebaris kata’, foto, bahasa tubuh, denting bunyi sampai Arsitektur bisa disepakati maknanya. Atau malah tdk sepakat #semiotika

9.Misal Kata ‘HIJAU’: sebagian maknai sbg satu spektrum warna. Sebagian sbg ‘Islam’, sbg ‘blm matang’, sbg ‘tentara’ Dll. Beda2. #semiotika

10. Sy cb fokus di ‘visual semiotics’. Taj Mahal&Eiffel adalah ‘Cinta’. Hotel Ind adl ‘kami modern’. Tweeps bisa kasi conth lain? #semiotika

11. Awal abad 20, Ferdinand de Sausurre, ahli #semiotika Perancis, perkenalkan konsep penanda (signifier) dan petanda (signified).

12. Esensi sbh pakaian, gedg, ekspresi wajah adl signifier. Namun makna kebaya, ide filosofis arsitektur, arti kerlingan mata adl signified

13. Tapi Saussure krgg bisa elaskan knp tanda yg sama maknanya bisa banyak? (Spt kt hijau td). Maka Roland Barthes cb jawab itu #semiotika

14. Barthes lahirkan Denotatif: Hal yg tersurat/esensi. & Konotatif: Makna tersirat yg dipengaruhi ol emosional/sosial/mental/ #semiotika

15. Denotatif: Rok adl tekstil ut tutupi bag tubuh dr pinggang kebawah. Konotatif: di Skotlandia rok adlh identitas. #semiotika

16. Itulah knp makna sbh tanda (signified), hanya mudah dikomunikasikan dlm wadah kultural yg sama. #semiotika

17. Ini penting. Akibat perbedaan situasi emosional/mental/kultural ini, byk menimbulkan keributan/peperangan #semiotika

18. Dgn teori ini, Maksud dirikan Gereja oleh sebagian dimaknai sbg ‘kristenisasi’ wilayah. Urusan jd repot dan berdarah-darah #semiotika

19. Dgn teori ini makna bs disetir. Media adl contohnya. Sy krgg percaya ada media yg ‘netral’. Media memihak. Al-Jazeera vs FOX #semiotika

20. Manipulasi intensional media ini ditelaah oleh Edward Said. Citra Islam bisa buruk/buruk ol media tergantung niat si peliput #semiotika

21. Contoh: citra Islam jadi buruk jika sisi liputannya fokus hanya di Afganistan dgn fokus pada pedang/poligami/iliterasi wanita #semiotika

22. Karenanya menurut Milan Kundera, sastrawan Slovakia: “kekuatan image atau imagologi seringkali menelikung realita #semiotika

23. Mudahnya, Denotatif adl “what is photographed”. Konotatif adl “how it is photographed”. Itu kata John Fiske pemerhati #semiotika

24. Ratusan ribu mati utk Jerusalem. Krn #semiotika ini. ‘Milik’ Yahudikah? Kristenkah? Islamkah? Lokasi itu. Semua punya klaim. Repot.

Hikmah#semiotika ini: kita harus mau belajar utk tidak naif, belajar meriset fakta, belajar toleransi thd makna baru, jernih thd perbedaan.

Contoh makna Konotatif yg terlalu mendominasi “Kulihat kubah, pasti itu masjid”. Itulah yg sy cb ubah dlm karya2 masjid sy. #semiotika

Posted in: Uncategorized