@hotradero on bau badan & keringat

Posted on September 8, 2010

0


bermula dari pertanyaan @newsplatter:

Ada yg tau kenapa bubuk deterjen suka ngumpul di lipatan ketiak baju?

Waduh. Gitu toh?😦 RT @viabaik: itu bukan diterjen tp bekas dr deodoran, makanya klo abis pake deodoran jng lgsng pake baju…

berlanjut ke #kultwit @hotradero:

Itu akumulasi silikat yg jd bahan anti-perspiran

Tapi yg tadi rekomendasinya bener kok, anti perspiran harus kering dulu sebelum kita pakai baju, supaya nggak nempel ke pakaian @newsplatter

Alumunium Silikat itu bahan anti perspiran. Dalam bahasa Indonesianya: Tawas. Yg sering digunakan utk jernihkan air

Tawas berfungsi sebagai astringent – berfungsi megecilkan pori2. Dengan cara ini keringat berkurang / tdk mengalir => anti perspiran

Sebenarnya yg membuat bau badan tdk sedap itu bukan keringat, melainkan bakteri yg berkembang biak di genangan keringat.

Penumpukan silikat di bagian ketiak baju juga bisa terjadi kalau kita mengoleskan anti perspiran terlalu banyak dibanding seharusnya.

Berapa jumlah seharusnya? Susah diukur. Tiap orang berbeda2 karakter berkeringatnya. Banyak faktor: dari jenis kulit hingga faktor genetik.

Iya. Maka perlu ada libur-nya.RT @erchedepe: kalo pori2 dikecilkan, keringatnya jadi gak keluar/keluarnya sedikit dong, itu bukannya bahaya?

Secara genetik, ras yg bau badannya paling jinak adalah orang Asia Timur bagian Utara: keturunan Korea & Jepang. Adaptasi cuaca dingin.

Setahu saya sih tidak. Tapi tentu semua tergantung dosis. RT @achmad_marendes: pernah baca kalo anti-perspirant itu karsinogen

Orang yg minumnya terlalu sedikit, bisa punya volume keringat sedikit tapi bisa cepat jenuh oleh bakteri penghasil bau badan.

Rekomendasi umum atasi bau badan: banyak minum. Keringat akan mengalir lebih lancar & bakteri tidak sempat bertumpuk & hasilkan bau.

Katanya sih beberapa ras Afrika. Tidak disebut spesifik. RT @kamvreids: yg bau badannya paling ganas & brutal, ras yg mana bang?🙂

Iya, faktor menu makanan juga berpengaruh – bakteri bereaksi terhadap apa yg kita makan via keringat yg timbul.

Ada yg tanya: Kenapa org India nggak disebut sebagai ras yg bau badannya “ganas”? Kasus mereka lebih dipengaruhi faktor menu makanan.

Belum pernah dengar sub-etnis bisa dibedain via bau badannya. Mungkin saja bisa, tapi saya nggak berminat mencoba…🙂

RT @deelestari: Kl anti-perspirant yg mengandung paraben sbtlnya dianggap berbahaya (dan msh byk produsen yg pake). re:karsinogen.

Rajin mandi & ganti pakaian dalam – juga faktor yg bisa menurunkan potensi bau badan. Selain hindari makanan berasa & aroma tajam.

Sisa bahan makanan beraroma tajam spt bawang putih, bawang merah, rempah2 & alkohol – mengikuti aliran keringat & jadi pencetus bakteri.

Keringat sebenarnya ada 2 macam: Eccrine & Apocrine. Keringat Apocrine mengandung minyak yg jd makanan bakteri penghasil bau badan.

Anti perspirant sebenarnya menghambat keringat Eccrine yg volumenya lbh banyak daripada apocrine, sehingga iklim ketiak jd kering.

Pada ketiak yg lebih kering, bakteri yg pemakan apocrine jadi terhambat perkembangannya, sehingga bau badan jd terkendali.

Biasanya anti perspiran juga memiliki zat tambahan yg bersifat anti bakteri, yg membunuh bakteri penghasil bau badan.

Sampai saat ini tidak ada zat yg bisa meredam keringat apocrine. Itu sebabnya anti perspiran cuma faktor pembantu – bukan yg utama.

Org yg terlalu gemuk – cenderung lbh mudah keringatan krn efek metabolisme. Bagaimana agar tidak bau? Ya usahakan jd lebih kurus.

RT @fajarwidodo: minum rebusan daun sirih adalah resep tradisonal yg bisa membantu menghilangkan bau keringat. Badan jd seger.

Daun sirih memang bersifat anti-bakteri alami. Jadi mungkin saja bisa membantu mengendalikan masalah bau badan.

“@deelestari: Ini artikel mengenai bahaya paraben dlm produk kosmetika (tmasuk deodoran), kalo di-google msh lbh byk lg: http://is.gd/f06FJ

Itu jg gara2 bakteri. Kuncinya: keringkan kaki. RT @skyhils: Kalo bau kaki bang? Itu lebih ganas dari bau badan menyengatnya..

RT @deelestari: Yg ingin tahu tingkat keamanan dr produk2 kosmetika/toiletries yg kt pakai, bs cek di http://www.cosmeticsdatabase.com/

Iya. Jamur juga. RT @osusanto: Jamur, Bang. Bedak anti jamur sangat menolong @hotradero: Itu jg gara2 bakteri. Kuncinya: keringkan kaki.

RT @denephille: tradisi keluarga saya agr bdn tdk berbau, minum perahan daun beluntas yg sdh dihaluskan ketika beranjak remaja re: keringat

Tagged:
Posted in: Uncategorized