@hotradero on penciuman++

Posted on September 4, 2010

0


helo, posting kali ini campur campur, karna pembicaraannya agak paralel kesana kemari. still, lots of knowledge to digest. enjoy!

on color:

Soal warna, saya jadi ingat asal nama warna Magenta. Aslinya itu nama lokasi pertempuran di Italia Utara: Perancis vs. Austria.

Di pertempuran 1859 itu Perancis di bawah Napoleon III berhasil menang. Untuk merayakan, pembuat kain di Perancis membuat warna baru.

Nama yg dipilih: Magenta dr “Pertempuran Magenta”. Didefinisikan seperti warna darah yg mengering – Merah ke arah coklat.

Warna Magenta yg untuk cetak & warna kain – berbeda dengan warna Magenta cahaya. Pd cahaya: Magenta = Fuchsia

tentang penciuman:

Sedang baca tentang bagaimana indera penciuman bekerja. Indera ini yg punya sambungan langsung ke pusat emosi & memori.

Indera penciuman jg yg punya kemampuan sambungan langsung ke bagian otak manusia yg paling primitif.

Tanpa indera penciuman otak terhambat pertumbuhannya. Indera perasa (lidah) langsung tumpul dalam kemampuan membedakan.

Pada manusia, hormon & bau – dapat saling merangsang satu sama lain. Bahkan tanpa disadari org yg bersangkutan.

Perempuan2 muda yg bersama2 tinggal dalam satu tempat kos atau asrama – akan mendapati siklus menstruasi mereka jadi seragam.

Diduga ini dipicu aroma yg tersisa dari keringat. Kita tidak sadar mencium bau tsb & itu berpengaruh pd kerja tubuh kita.

Ini juga berlaku pd lain jenis. Perempuan yg siklus menstruasinya kacau – menjadi lebih teratur bila tinggal berdekatan dg pria.

Penciuman perempuan paling sensitif di saat ovulasi – dan paling tidak sensitif saat menstruasi. (Sementara pria sama aja…)

Hewan betina yg sering membaui urine hewan jantan – menjadi lebih cepat memasuki pubertas ketimbang hewan betina yg tidak.

Bisa jadi. Dan itu secara tdk kita sadari. RT @anitasputra: Gimana yang kerja sekantor? Karena di kantor saya juga jadi seragam🙂

Iya. Penciuman dan perasa di lidah — saling berhubungan & mempengaruhi. RT @DevyYulinda: Pantes kalo pilek semua makanan jd hambar..

Betul, dan lintasan sinyalnya bisa langsung ke otak primitif. RT @andraveda: paling dkt dg otak..cm dbtsi selapis tulang dlm cavum nasal

Penciuman jg punya kemampuan melakukan “override” terhadap rasa kenyang. Ini penting bagi mereka yg sedang menjalani diet.

Walaupun perut sudah kenyang – tapi aroma tertentu bisa kembali memicu selera makan. Dan ini lebih kuat dari rangsangan inderawi apapun.

Pernah terjadi kok. RT @asil: ada nggak ya disability di indera penciuman dan perasa, selayaknya orang bisa buta dan tuli?

Saya pernah membaca tentang orang yg karena kecelakaan lalu lintas & benturan di kepala — indera penciumannya jd hilang.

Dari subyek yg kehilangan indera penciuman itu lah, para ahli jadi tahu kuatnya efek penciuman terhadap indera perasa di lidah.

Saya jg pernah baca tentang metode pengajaran yg manfaatkan bau/aroma. Saat belajar sekelompok murid ter-expose bau tertentu. Yg lain tdk.

Saat ujian – bau tersebut dimunculkan lagi. Murid yg ter-ekspose nilai-nya rata2 lbh tinggi daripada murid yg tdk ter-ekspose.

Pada ujian yg materinya bersifat hafalan – faktor bau ini berpengaruh. Pada ujian non-hafalan — tidak ada bukti pengaruh yg kuat.

“@kreshna: Manusia trtarik pd lawan jenis yg miliki set gen kkebalan tubuh yg beda agr kturunan lbh kuat. Ini trcium dr bau jg.”

Betul, ini pernah diuji lewat sampel bau pakaian. Wanita cenderung suka pd bau keringat pria yg lbh kontras materi genetiknya.

“@kreshna: “Mencium” gen kekebalan tubuh yg berbeda ini juga jadi mekanisme alami utk hindari incest. –”

Yg memang lebih dominan sensitif terhadap bau adalah perempuan. Bentuk ekstreme-nya bisa terjadi saat hamil.

Menurut dugaan ahli biologi — penciuman yg sangat sensitif pd wanita hamil – berguna untuk melindungi diri & janin dari zat2 berbahaya.

Seingat saya – saat hamil istri saya bisa mencium bau jahe walaupun sangaaaat sedikit. Dan entah kenapa istri tiba2 benci jahe.

OK teman2 selamat berbuka puasa. Saya habiskan dulu bacaan tentang penciuman ya — nanti serial twitt-nya saya sambung lagi.

Memang laki2 yg lebih umum mengalami buta warna, tp pembawa gen buta warna itu umumnya pihak ibu. @irawatysarah

tentang perairan dan selat malaka:

Selamat pagi teman-teman. Baik yg sudah pegang tiket mudik ataupun belum. Juga bagi yg tahu bahwa lawannya mudik adalah hilir…🙂

Kota biasa dibangun di muara sungai agar memudahkan angkutan. Maka tidak heran bila mudik = ke udik/hulu sungai, tempat desa berada.

Kalau di game Civilization, membangun kota di muara sungai memudahkan perdagangan karena unit lebih cepat bergerak di sungai.

Angkutan air bisa memuat beban 300x lebih berat dengan energi yg sama. Itu sebab kota yg dialiri sungai bisa lebih cepat berkembang.

Itu juga berlaku pd angkutan laut. Itu sebab Selat Malaka sebagai selat terpanjang & tersibuk di dunia – menjadi maha penting.

Seperempat komoditas dunia diangkut melalui Selat Malaka. Tiap tahun antara 50-90 ribu kapal melewati Selat sepanjang 800 km ini.

Selat Malaka menyempit di dekat Singapura, hingga cuma selebar 2,5 km. Bayangkan bagaimana ribuan kapal berjejal melewati celah itu.

Kapal tertentu tdk bisa lewat Selat Malaka, yaitu tanker2 raksasa. Karena terlalu padat & perlu kedalaman lebih dari 25 meter.

Sedemikian pentingnya Selat Malaka, hingga Thailand pernah bermaksud membuat terusan di genting Kra supaya bisa mem-bypass Malaka.

Nggak. Memang dari dulu menyempit di Singapura. Reklamasi ada di tempat lain. RT @UQUky: Apa akibat reklamasi pantai Spore? re:malaka

Proyek Terusan Genting Kra akan sangat mahal & lama membuatnya. Bisa sesulit pembuatan Terusan Panama. China pernah bilang berminat.

Sepertinya proyek Terusan Genting Kra itu belum akan terealisasi hingga waktu lama. Selat Malaka masih akan menjadi kawasan strategis.

Itu sebab banyak pihak yg berkepentingan agar Selat Malaka tetap aman & terbuka. Selat itu urat nadi ekonomi global.

Itu sebab, negara manapun di Selat Malaka harus hati2 dengan retorika politik. Yg dianggap cari gara2 bisa dimusuhi banyak pihak.

Tagged:
Posted in: Uncategorized