@benhan on borobudur

Posted on September 1, 2010

0


Sedikit cerita ah soal Borobudur. Mungkin kita lupa Nusantara dulu adalah daerah kekuasaan kerajaan Hindu-Buddha. Dari abad 7 s/d abad 15.

Abad 7 Sriwijaya Kerajaan Buddhist paling maju di Asia. Bahkan pendeta dari Tiongkok dan Tibet dtg berkunjung utk mencari ilmu.

Atisha pendeta Tibet berguru ke Dharmakirti, biksu agung Sriwijaya ttg Boddhicitta. Ajaran ini kemudian jadi inti Tibetan Buddhism

Dharmakirti, biksu Sriwijaya ini di jamannya sangat dihormati. Di Tibet ia dipanggil Serlingpa, the master from the Golden Isle.

Saat itu Sumatra dikenal oleh dunia sebagai Suvarnadvipa, yg artinya The Golden Peninsula, Pulau Emas, karna makmurnya Sriwijaya.

Atisha yg berguru ke Dharmakirti, membawa ajaran Bodhicitta ke Tibet. Menjadi core teaching sekte Gelugpa. Sektenya Dalai Lama.

Untuk bayangkan kemashyuran Sriwijaya, bisa bayangkan baru abad 13 Marco Polo ke Asia. Abad 7 I-tsing sdh ke Sriwijaya dan abad 11 Atisha.

Kekuasaan Sriwijaya tdk hanya sekitar Sumatra. Pada masa jayanya mencakup Sri Lanka, Malaysia, Jawa, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, Filipina.

Candi Borobudur dibangun Raja Sriwijaya, Samaratungga dari Wangsa Syailendra. Wangsa Syailendra melakukan ekspansi ke Jawa.

Karena Samaratungga dan Wangsa Syailendra menganut aliran Buddha Mahayana, maka Borobudur pun bercirikan filosofi Buddha Mahayana

Ada dua aliran besar Buddhism: Mahayana (kendaraan besar) dan Hinayana (kendaraan kecil), yg terakhir lebih populer dengan sebutan Theravada

Mereka memilih sebutan Theravada yg artinya Ajaran Tua (Ancient) dirasakan lbh OK drpd disebut Hinayana yg seakan2 lbh kecil dari Mahayana.

Yg bedakan Mahayana dg Theravada adalah cita-citanya. Penganut Mahayana bercita2 menjadi Bodhisattva sedangkan Theravada cukup dengan Arahat

Singkat kata Bodhisattva = org suci yg menunda masuk Nirvana sebelum semua makhluk terselamatkan, sedangkan Arahat memilih masuk Nirvana.

Berikut akan saya tweet ciri2 Borobudur bernafaskan Buddha Mahayana, bukan dengan ilmu Matematika Islam DLA tentunya. #nooffense🙂

1. #Borobudur kalau dilihat dari atas membentuk Mandala, lambang alam semesta dalam kosmologi Buddha Mahayana. Pengaruh Hindu.

2. #Borobudur bertingkat 10: 6 bujursangkar, 3 lingkaran, dan 1 stupa utama. Ciri 10 tingkatan kesucian Bodhisattva.

Ternyata di kaskus sudah mulai bergerak penjelasan soal #Borobudur🙂 Ini contoh Denah Borobudur=Mandala http://bit.ly/aM4a4m

Penjelasan di Kaskus cukup lengkap ttg #Borobudur setelah saya baca sekilas. Silakan teman2 berkunjung http://bit.ly/9J0Zcz

3. Tingkatan2 #Borobudur dibagi2 u/ melambangkan Kamadhatu (alam nafsu rendah), Rupadhatu (alam berbentuk), dan Arupadhatu (tanpa bentuk).

4. Relief2 pada #Borobudur diukir sesuai lambang alam tsb. Ada yg berbeda antara relief di tingkatan Kamadhatu dan Rupadhatu dst.

5. Relief di tingkat Kamadhatu (paling bawah) #Borobudur gambarkan hukum karma, bagaimana perbuatan tercela mendapat hukumannya dll

6. Di level Rupadhatu #Borobudur, lantai 1 s/d 4 relief tentang riwayat Sang Buddha, termasuk Jataka (kisah2 kehidupan sebelumnya)

7. Dalam Buddhisme, dikenal konsep kelahiran kembali. Buddha mengalami 555 kelahiran sejak ia bertekad jadi Buddha sampai kelahiran terakhir

8. Yg pernah ke #Borobudur coba amati relief di lantai 1 s/d 4, akan terlihat gambar hewan. Buddha pernah terlahir sbg hewan.

9. Jataka adalah kitab yg menceritakan kisah kehidupan sebelumnya Buddha. Dari ia menjadi macam2 hewan, manusia dg berbagai profesi, dst.

10. Sedikit OOT, dlm Buddhisme dikenal 6 kelompok alam. Dari yg tinggi ke rendah: Alam Deva, Asura, Manusia, Hewan, Peta, Neraka.

11. Dalam filosofi Buddhist, makhluk hidup berkelana di antara keenam kelompok alam ini sebelum ia mencapai Nirvana/ api kehidupannya padam.

12. Selain relief ttg Jataka, di #Borobudur juga ada Awadana dan Gandawyuha, cerita tentang kehidupan tokoh2 yg bukan Buddha. Khas Mahayana.

13. Ada 504 arca Buddha di #Borobudur yg mirip/persis patung2 Buddha di Vihara. DLA hrs kerja keras utk cari 504 nama kalo mau klaim🙂

14. Arca Buddha di #Borobudur “berpose” dengan tangan membentuk Mudra, khas aliran Buddha Mahayana. Mungkin DLA punya nama utk pose ini?🙂

15. Tahun 1991 #Borobudur ditetapkan sbg World Heritage oleh UNESCO. Jadi usaha DLA ke Mahkamah Konstitusi pasti akan dapat sorotan dunia.

Saya rasa cukup tweet soal Borobudur, yg tertarik lebih dalam bisa cek kaskus: http://bit.ly/c1dlmB dan wikipedia: http://bit.ly/98mTzr

Tagged:
Posted in: Uncategorized