@renecc on ultimate u – apa kontribusimu

Posted on August 30, 2010

0


Pekerjaan adalah alat, tidak lebih dan tidak kurang. Tidak peduli sedalam apapun kecintaan pada pekerjaan anda sekarang, saat menerimanya anda juga harus punya kesiapan & berencana melepaskannya.Ini satu2nya cara untuk senantiasa tumbuh secara pribadi & professional.

Berbeda dengan pekerjaan, karir memang konsep yang sangat pribadi. Your career is about you. Obrolan karir memang sewajarnya bicara soal passion (segala hal yang sangat diminati), purpose of life (segala hal yang sangat penting) kita dan values (segala keyakinan yang membedakan keberadaan dan ketiadaan diri) kita. Karir juga punya ujung kebahagiaan & ketercapaian (fulfillment).Our own happiness & fulfillment in life. There’s nothing wrong with that. Namun karir adalah bagian dari kehidupan.Dan kehidupan hanya bisa disebut kehidupan apabila tidak semata mengenai diri sendiri.Kehidupan melibatkan orang lain, keluarga lain, bangsa lain, mahluk lain, benda lain, lingkungan dan alamsemesta.

Ketergantungan, keterikatan dan keterkaitan adalah kata-kata yang menggambarkan kondisi kehidupan dunia saat ini. Sebenarnya sudah sejak awal penciptaan dunia memang demikian namun belakangan jauh lebih terasa. Semakin cepat kesadaran ini diperoleh semakin baik. Let’s face it; the universe does not evolve around you no matter how special we think we are. Kita hanya memerankan satu peran kecil didalamnya.Sejalan dengan itu, ada satu kata yang harus senantiasa kita renungkan dalam tatanan ini, yaitu KONTRIBUSI.Apa kontribusi saya?Apa kontribusi kita? Dan, apa kontribusimu?

Partisipasi luarbiasa dalam # Indonesia unite beberapa saat setelah bom Mariott 2 adalahsalah satu bentuk kepedulian dan kontribusi kepada selain dari diri sendiri. This is great! Bagaimana dengan gempa dahsyat yang mengguncang Haiti beberapa waktu lalu?Apa yang anda rasakan saat mendengar kabar menyesakkan ini?Berapa % dari pendapatan sudah dialokasikan untuk membantu mereka?Atau bahkan sudah ada yang mengajukan diri sebagai relawan untuk terjun langsung?

Kontribusi tidak sekedar kepada keluarga sendiri, kelompok sendiri, perusahaan sendiri bahkan Negara sendiri. It’s about your contribution to all mankind, to all other kind and to the universe! Sejak dilahirkan, pernah membayangkan berapa banyak oksigen telah kita hirup, berapa ton makanan telah ditelan, berapa ribu liter air bersih telah dihabiskan, pakaian,ruang untuk hidup dan seterusnya. Have we given anything back?

Kontribusikan sebagian uang, waktu dan sumber daya lain setiap saat – that will make you a good person. Namun lebih dari itu, kontribusikan perhatian dan kepedulian untuk memastikan kesinambungan hal-hal baik yang anda yakini – that will make you a great being.

Saat ada yang bertanya apa achievement diri sendiri dalam pekerjaan dan karir, sebelum berpikir panjang soal pencapaian pribadi seperti jabatan Vice President atau bahkan CEO,jumlah anak buah yang ratusan, gelar Doktor, gaji 100 juta per bulan, belasan training diluar negeri, coba piker hal-hal yang telahdikontribusikan. Dalam pekerjaan, karir dan hidup, your achievement is your contribution.

Stand up for something in life. And that will be your biggest contribution throughout your lifetime.

original link : http://www.kompaskarier.com/tips/rpassion/1/ApaKontribusimu

Tagged:
Posted in: Uncategorized