@hotradero on saham

Posted on August 30, 2010

0


Dividen besar justru indikasi sebuah perusahaan sudah tidak mampu lagi tumbuh re: BUMN

Berapa dividen yg dibagikan Microsoft sejak saat go public 1986 hingga tahun 2003? NOL. Semua laba diputar lagi memicu pertumbuhan.

Supaya bisnisnya lebih cepat tumbuh BUMN unggulan harusnya tidak perlu bayar dividen. Pendapatan pemerintah dari sisi pajaknya saja.

Ini yang dilakukan China dengan BUMN-nya. Di-go public-kan – lalu diperbolehkan tidak bayar dividen supaya bisa lebih cepat tumbuh.

Sebuah perusahaan yg boleh memanfatkan laba ditahannya untuk bertumbuh – itu sama efeknya dengan dapat pinjaman dengan bunga nol.

Dari capital gain. Berlipat 300 kali. RT @ariefmw: Pak, klo dividen 0 (microsoft) lantas keuntungan para pemegang saham dari mana?

Orang yg menanamkan uang senilai US 100 saat Microsoft IPO di 1986 – sekarang investasinya bernilai sekitar USD 3 Juta.

ROE Microsoft dari 1986 -1998 sekitar 40% per tahun. Di mana lagi bisa diperoleh pertumbuhan nilai investasi sebesar itu?

Untuk perusahaan yg tidak mampu memiliki ROE di atas risk free rate – maka harus bayar dividen agar sahamnya bisa tetap menarik.

Dengan dividen nol – dijamin pertumbuhannya akan JAUH lebih cepat lagi.

Dan dengan pertumbuhan lebih cepat – maka pertumbuhan pendapatan pemerintah via pajak juga akan lebih cepat, ketimbang via dividen.

Berapa dividen yg sudah dibayar Google (GOOG) sejak go public 2004? NOL. Dulu sahamnya $85 sekarang $458 per lembar.

Apa justru tidak aneh kalau BUMN dipaksa bayar dividen, tapi lalu harus pinjam uang di pasar & bayar bunga?

Investasi saham itu memang untuk jangka panjang – jadi bicara soal 5-30 tahun ke depan. Bukan sekadar bulan depan… Itu sih spekulasi.

Betul, ada juga perusahaan jelek yg tidak bagi dividen. Maka investor perlu bisa baca laporan keuangan. Untuk bedakan bagus & jelek.

Beli saham tapi nggak bisa baca laporan keuangan – akan sama seperti main kartu TANPA melihat kartu yg sedang dipegang.

Justru yg sangat profitable yg perlu dipacu supaya bisa tumbuh lebih cepat & jadi lebih sehat lagi. Bukan malah dibebani.

Kan ada duit masuk dari pembayaran pajak yg akan meningkat LEBIH BESAR daripada pembayaran dividen. Kenapa khawatir?

Beli saham tapi nggak bisa baca laporan keuangan – akan sama seperti beli mobil tanpa tahu mesinnya bagus atau jelek.

Di belakang setiap lembar saham – ada perusahaan. Cari tahu apa isi dan nasib perusahaan tersebut ke depan.

KOREKSI: $10 ribu bukan $100. Orang yg menanamkan uang senilai US 100 di saham Microsoft 1986 – sekarang bernilai sekitar USD 3 Juta.

$10 ribu menjadi $ 3 Juta = pertumbuhan sekitar 300x. Ini seperti yg sudah saya tulis pada point twits sebelumnya. re:sahamMicrosoft

Tagged:
Posted in: Uncategorized