@hotradero on pramuka

Posted on August 30, 2010

0


Sebelum disebut Pramuka, dulunya dinamakan Gerakan Kepanduan. Yg unik- gerakan kepanduan dunia dulunya dibentuk utk tujuan mata-mata.

Baden-Powell dlm Perang Boer Kedua antara Inggris & Rep. Afrika Selatan, menggunakan tenaga anak2 utk membantu posisi pasukan Inggris.

Anak2 laki2 usia 12-15 th ini (jadi belum masuk usia wajib militer) membantu mengawasi gerakan pasukan musuh, mengantar pesan & navigasi.

Itu sebabnya mengapa di Pramuka kita belajar navigasi sederhana, belajar membuat & membaca sandri, sampai ketrampilan membuat simpul.

Di Perang Boer, yg berhadapan adalah pasukan Inggris menghadapi pasukan Rep. Afrika Selatan yg berkulit putih & keturunan Belanda.

Berkat bantuan para pandu ini, Baden Powell dapat bertahan atas kepungan tentara Afrika Selatan di Mafeking yg berkuatan 6x lbh besar.

Kesuksesan Kolonel Baden-Powell di AfSel ini selanjutnya menginspirasikan Kerajaan Inggris utk secara serius membina gerakan kepanduan.

Maka Baden Powell (yg kemudian diangkat jd Bangsawan & bergelar Lord) ditunjuk membentuk Gerakan Kepanduan di seluruh koloni Inggris.

Tahun resmi dibentuk adlh 1907 bertepatan Perkemahan pertama Gerakan Kepanduan Inggris di Brownsea Island yg dihadiri wakil persemakmuran.

Tiga tahun kemudian (1910) Gerakan Kepanduan Putri juga berdiri. Tujuannya agar Gerakan Kepanduan tidak dianggap bersifat militeristik.

Sekalipun Gerakan Kepanduan didirikan Baden Powell, tetapi ia banyak terinspirasi Fred Burnham, org Amerika yg membantu Inggris di Afsel.

Fred Burnham banyak belajar tehnik hidup di alam bebas dr ayahnya yg menjadi pastor di tempat penampungan (reservasi) orang Indian.

Fred Burnham yg sukses menghadapi beberapa perang pemberontakan Indian, lalu pergi ke Afsel & berkenalan dg Baden Powell di Perang Boer.

Dari Fred Burnham lah Baden Powell menyusun berbagai ketrampilan2 dasar yg diperlukan seorang Boy Scout (Pandu). Terinspirasi org Indian.

Selanjutnya di Gerakan Kepanduan, Fred Burnham diangkat sebagai “Kepala Suku” pertama dari gerakan yg didirikan Baden Powell.

Sekalipun diawali dr kegiatan bernuansa militer, tp kepanduan ternyata efektif dlm menyalurkan remaja ke kegiatan positif & nasionalistik.

Itu sebabnya gerakan kepanduan menyebar dg cepat. Termasuk juga ke Hindia Belanda, yg gerakannya berdiri tahun 1912. Disebut Padvinders.

Kegiatan ini jadi kurang aktif saat PD I meletus. Di saat itulah muncul Gerakan Kepanduan Jawa yg didirikan Mangkunegara VII di 1916.

Segera saja bermunculan Gerakan Kepanduan dari berbagai organisasi, termasuk Muhammadyah, Syarikat Islam, & berbagai organisasi sekuler.

Akibatnya gerakan kepanduan di Hindia Belanda menjadi sangat banyak namun terpecah2 berdasarkan induk asal organisasi. Dibentuk Federasi.

Federasi yg terbentuk pun bolak balik berdiri dan selanjutnya pecah, karena masing2 kepanduan punya perbedaan dalam visi pendirian.

Yg relatif berumur panjang: Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI) yg sempat mengadakan Jambore di Yogya 1941.

Saat pendudukan Jepang, aktivitas kepanduan menjadi pasif karena dicurigasi oleh tentara Jepang dapat dialihkan menjadi kegiatan militer.

Baru sesudah merdeka, Gerakan Kepanduan Indonesia lebur dlm organisasi tunggal disponsori pemerintah pusat. Disebut Pandu Rakyat Indonesia.

Pandu Rakyat Indonesia pun kemudian di 1951 ganti nama lagi & tidak lagi menjadi organisasi kepanduan tunggal. Balik lagi ke federasi.

Federasi baru itu bernama IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) yg lalu resmi menjadi anggota dari Kepanduan Dunia di tahun 1953.

Ketika politik Indonesia mulai bergerak ke arah sentralisme, maka Ipindo yg federasi itu pun berubah lagi. Di tahun 1961 menjadi Pramuka.

Penyelenggaraan Musyawarah Gerakan Pramuka pertama berlangsung di Jakarta, dan disepakati sebagai Hari Gerakan Pramuka: 14/08/1961.

Pramuka itu unik dibanding istilah Pandu, krn khas bersifat nasionalistik. Jejaknya ada pada berbagai Janji Pramuka & istilah yg dipakai.

Contoh istilah pertemuan besar nasional – disebut “Raimuna” ini berasal dr bahasa Yapen Papua: yg artinya Pertemuan Para Kepala Suku.

Dan tentunya kalau kita ingat berbagai Janji Pramuka (Dwisatya & Trisatya) – akan terasa kental sekali aspek nasionalisme-nya.

tambahan info dari @c3ll:

Baden Powel juga terilhami Boys’ Brigade, yg brdiri 1883 dan berbasis Kristen #boysbrigade

Boys’ Brigade masih sangat aktif di dunia, tapi tentu kalah jumlah dibanding Scout. #boysbrigade

Boys’ Brigade dan pendirinya William Smith, merupakan pelopor camping for fun #boysbrigade

Baden Powel pernah aktif dan jadi VP #boysbrigade

di MY, SG, HK, Boys’ Brigade masih sangat aktif hingga ada ratusan Company #boysbrigade

di Indonesia, masuk dengan nama Putra Pengabdi dan ada 20an kompi #boysbrigade

#boysbrigade hanya namanya yang “boys”, isinya ya ce/co

#boysbrigade di ID, Medan lebih banyak kompinya daripada Jakarta. Lebih dari dua kali lipat

tambahan Dasa Dharma Pramuka dari swihandonogoro

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia 3. Patriot yang sopan dan kesatria 4. Patuh dan suka bermusyawarah 5. Rela Menolong dan tabah 6. Rajin, terampil dan gembira 7. Hemat, cermat, dan bersahaja 8. Disiplin Berani dan setia 9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya 10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Dwisatya Buat Pramuka Siaga: Menjalankan Kewjiban thd NKRI & Tiap hari berbuat kebajikan

Yg dari dulu saya nggak bisa sampai benar-benar hafal : Semaphore. Duh minta ampun deh itu sandi ala bendera hakim garis…

Semaphore itu dulunya sandi pelaut yg perlu ngirimin pesan antar kapal. Sesudah ada radio – jadi nggak efektif – tp pelaut tetap harus bisa.

Bentuk Semaphore yg paling terkenal: sampul depan album The Beatles “HELP” yg ditulis pakai deretan kode Semaphore.

Pernah lihat lambang “Peace” yg bentuk lingkaran dg 4 garis menjulur dr tengah? Itu lambang Semaphore utk huruf N & D. Nuclear Disarmament.

ND = Nuclear Disarmarment (Perlucutan Senjata Nuklir) kemudian jd lambang “Peace” – organisasi Greenpeace juga lahir dari gerakan ND ini.

Di Amerika, ada yg namanya Eagle Scout. Itu adalah Pandu/Pramuka tingkat tertinggi. Di Indonesia disebut Pramuka #Garuda.

Neil Armstrong, Pres. Gerald Ford, Sutradara David Lynch, Stephen Spielberg & Michael Moore, Menkeu Henry Paulson, Ross Perot = Eagle Scout.

Tagged:
Posted in: Uncategorized