@hotradero on kopi part 3

Posted on August 14, 2010

2


Bagi yg tdk mengikuti, kultwit tentang #kopi bagian 1 bicara tentang sejarah mula ditemukannya kopi di daerah Ethiopia lalu ke Yaman.

Dari Yaman, menyebar ke seluruh Timur Tengah seiring dg perkembangan peradaban Islam & terus berlangsung di bawah kekuasaan Turki.

Di bagian 1 juga diceritakan tentang bagaimana #kopi pernah dilarang di Mekah & Istambul. Di Istambul malah dg hukuman sangat keras.

Alasannya? Karena kedai #kopi sebagai tempat berkumpul – memicu penyebaran rumor & berfungsi meresahkan penguasa. Fenomena umum.

Di bagian 2, kisah tentang #kopi menyangkut bagaimana orang2 berusaha mengakali larangan penanaman di luar wilayah kekuasaan Turki.

Termasuk bagaimana #kopi diselundupkan orang Belanda dari Aden – ke rumah kaca Belanda – hingga akhirnya ditanam di Nusantara.

Membanjirnya #kopi Nusantara menghancurkan monopoli kopi yg dipegang Turki. Dan sejak itu orang menyebut “Java” sinonim dg kopi.

Padahal ada belasan lokasi kebun #kopi di Nusantara, tp semuanya memang dikirim dari Jawa agar bisa diawasi ketat oleh Belanda.

Sementara itu, di bagian 2 – juga ada kisah heroik De Clieu menyelundupkan sebatang pohon stek pohon #kopi menyeberang Atlantik.

Bagaimana De Clieu diserang perompak, diterjang badai, sampai harus berbagi jatah air minumnya hanya demi membawa pohon #kopi

Dan pohon #kopi itulah yg kemudian menjadi nenek moyang jutaan pohon kopi yg ada di negara2 superpower kopi: Brazil & Kolombia.

Bersama dg bangkitnya superpower #kopi tersebut – secara bertahap volume kuantitatif kopi Nusantara memudar. Tp tdk secara kualitas.

Hari ini, pada kultwit #kopi bagian 3 – kita akan lebih spesifik menyorot pengaruh kedai kopi di Eropa yg membawa perubahan radikal.

Demokrasi dan pencerahan Eropa lahir di kedai #kopi. Demikian juga bagaimana kedai kopi menjadi “penny university” di Inggris.

Kedai #kopi menjadi lokasi cikal bakal lahirnya dunia asuransi & juga bursa saham. Pengaruh juga meluas di luar filsafat & keuangan.

Mengapa? Karena ide teori gravitasi ternyata lahir di kedai #kopi. Dan yg melontarkan ide pertamanya… BUKAN Isaac Newton!

Jadi, siapkan cangkir #kopi atau teh anda. Seduh dg air panas sambil saya akan tuliskan kisah bagaimana kedai #kopi mengguncang dunia.

01. Apa yg terjadi di sebuah dunia yg belum mengenal internet, kertas sangat mahal, & orang2 ingin memperoleh berita terkini?

02. Mereka akan ke kedai #kopi. Kedai kopi di Eropa di abad 18 menjalankan fungsi yg nyaris seperti internet & web kita saat ini.

03. Dan karena #kopi masih sangat mahal (akibat monopoli Turki) maka org belum sanggup menghidangkan kopi di rumah masing2.

04. Satu2-nya cara menikmati #kopi adalah dengan pergi ke kedai #kopi & membelinya dalam ukuran cangkir atau tepatnya piring.

CATATAN: mengapa dlm bentuk piring? Karena di Eropa masa lalu #kopi dihidangkan dalam mangkuk besar nyaris sebesar piring.

05. Kedai #kopi pertama di Eropa Barat didirikan bukan di pusat perdagangan atau pasar, melainkan di Universitas Oxford thn 1650.

06. Pendirinya seorang Lebanon bernama Jacob. Mengapa di universitas? Karena konferensi & simposium akademi selalu hidangkan #kopi.

07. Saat itu teh belum meluas & anda bisa bayangkan kualitas simposium ilmiah bila yg dihidangkan bir atau minuman beralkohol.

CATATAN: di masa abad ke 17 dan 18 – menu minuman di Eropa Barat sangat sedikit. Orang biasanya minum air putih, bir atau #kopi.

08. Berkat minum #kopi saat simposium ilmiah ini maka kedai kopi muncul di Oxford. Selanjutnya jadi tempat ngumpul informal akademisi.

09. Di kedai #kopi para cendikiawan debatkan teori2 baru & selalu ada pemirsa mengikuti. Itu sebabnya disebut “penny university”

10. Dg membayar 1 penny utk secangkir #kopi pengunjung kedai bisa mengikuti “kuliah” umum dg kualitas tinggi dr para akademisi.

11. Para anggota Royal Society – paguyuban ilmuwan Inggris yg didirikan 1660 – kerap menyambangi kedai #kopi. Beberapa sangat terkenal.

12. Christopher Wren (Cathedral St. Paul London), Robert Hooke (mikroskop), Samuel Pepys (ahli kelautan) & Edmond Halley (astronomer).

13. Mereka yg paling sering nangkring di kedai #kopi. Robert Hooke adlh yg paling istimewa. Di kemudian hari ia dimusuhi oleh Newton.

CATATAN: Robert Hooke saat ini hanya dikenal sebagai penemu mikroskop organisme mikro – tapi prestasinya lebih luas dari itu.

Hooke adalah juga seorang arsitek, merangkap ahli matematika, ahli mekanik & jam, merangkap pula astronomer.

RT @quicchote: “A mathematician is a device for turning coffee into theorems” -Alfréd Rényi @hotradero

14. Diary Hooke menyebutkan pertemuan bulan Januari 1684 antara dirinya, Christopher Wren & Edmund Halley di kedai #kopi Oxford

15. Halley bertanya, apakah orbit planet yg berbentuk ellips adalah konsekuensi dr gaya yg berkekuatan berbanding terbalik kuadrat?

16. Wren menyebutkan ia sdh mencoba membuktikan tetapi selalu gagal. Hooke menyatakan akan mencoba dlm 2 bulan: Taruhan buku 20 shilling.

17. Sementara Hooke berkutat dg bukti matematik, Halley mengunjungi Newton & menceritakan diskusinya dg Hooke & Wren ttg gaya tsb.

18. Newton menjawab ia sudah terpikirkan persamaan matematika gaya tersebut, tetapi belum bisa ditunjukkan saat bertemu Halley.

19. Sementara Hooke berkutat dg formula matematika & cuma mempresentasikannya di kedai #kopi, Newton mengerjakannya dg cara lain.

20. Newton fokus pd publikasi ilmiah. Lewat berbagai model, akhirnya Newton memuat teori gravitasi di Buku Principia th 1687.

CATATAN: jadi terdapat perbedaan waktu 3 tahun antara ide pertama kali dimunculkan Halley kpd Hooke hingga Newton publikasikan bukunya.

Diskusi Hooke di kedai #kopi mungkin duluan membuktikan gaya gravitasi & model matematikanya – tapi ia telat menuliskan dlm paper ilmiah.

Alhasil, Hooke yg sebenarnya lebih dahulu merumuskan landasan gravitasi – kalah pamor dibanding Newton yg memilih pendekatan formal.

Akhirnya kita lebih mengenal Newton sebagai pencetus teori gravitasi – sementara Hooke hanya dikenal sebagai pembuat mikroskop & arsitek

Dan yg lebih menyakitkan bagi Hooke adalah diangkatnya Newton sebagai Ketua Royal Society & bagaimana karir Hooke dihalang-halangi.

Hanya sesudah wafat & diary-nya ditelaah, maka orang tahu apa yg telah dicapai Robert Hooke dlm berbagai bidang – yg dimulai di kedai #kopi.

Andai Hooke lebih cepat mempublikasikannya di media formal & tdk cuma mengemukakannya di kedai #kopi, banyak hal akan berbeda.

Newton sendiri sejak usia 27 th hingga akhir hayat usia 84, nyaris tdk melakukan hal2 penting lain kecuali menggantung para pemalsu uang.

Suatu saat nanti saya akan bikin serial tweets tentang Robert Hooke dan Isaac Newton secara tersendiri. Keduanya memang Jenius.

OK kita jeda istirahat dulu. Nanti saya sambung dg bagaimana cerita sampai kedai #kopi melahirkan asuransi & bursa saham.

Newton itu agak asosial & cenderung takut disaingi. Pembiayaan berbagai penelitian Hooke banyak yg tdk disetujui oleh Newton @saintpooney

RT @iamsita: @hotradero Rasanya orang yg pertama kali ‘dianggap’ mengamati mikroorganisme itu Antonie van Leeuwenhoek

RT @iamsita: @hotradero dan Robert Hooke itu pertama kali mengamati sel organisme … quercus suber alias gabus

Leeuwenhoek ahli lensa – sementara Hooke astronomer – maka jadi jelas beda minatnya dlm menggunakan mikroskop & teleskop.

Menurut saya sekarang ini yg ada “kedai kopi” virtual bernama Twitter. Mengambil bentuk yg unik karena berbeda dg milis atau facebook.

Sesudah makan siang adalah waktu di mana pencernaan bekerja keras & pasokan darah dipaksa mengalir ke perut. Otak jd “kosong”.

Waktunya buat siapkan kopi siang. Dan kita akan teruskan kisah tentang kedai #kopi di London & Paris dg konsekuensi yg berbeda.

Di bagian pertama tadi pagi kita sudah saksikan #kopi berkembang di kalangan akademis – yg tentu tdk ingin membahas ilmu sambil nge-bir.

21. Setelah kedai #kopi muncul di Oxford, maka 2 tahun kemudian Pasqua Rosee membuka kedai kopi pertama di kota London tahun 1652.

22. Segera setelah Pasqua, muncul berbagai kedai #kopi lainnya yang melayani pengunjung yg berbeda berdasarkan profesi & minat.

23. Kedai2 #kopi sekitar St. James & Westminster dikunjungi politisi. Dekat Katedral St. Paul rohaniawan. Covent Garden? Sastrawan.

24. Sedemikian banyaknya kedai #kopi & terkenalnya sebagai tempat sosialisasi – sering org tdk peduli di mana seseorang tinggal.

25. Yg lebih penting adlh: nongkrongnya di kedai #kopi yg mana? Bahkan ada kebiasaan menggunakan alamat kedai kopi buat kiriman.

26. Di samping itu, kedai #kopi di London dulu selain menyediakan kopi, juga pamflet & buku serta segala informasi dari manapun.

27. Di kedai #kopi tempat tongkrongan pedagang – bahkan ada daftar harga & jumlah berbagai komoditi yg disediakan pedagang lain.

28. Lebih dari itu, informasi dr luar negeri pun luas tersedia di kedai2 #kopi. Maka tdk jarang transaksi bisnis diselesaikan di kedai.

CATATAN: maka kesamaan kedai #kopi di masa lalu dg internet sekarang makin jelas. Org cek email (surat) & browsing dokumen+ diskusi.

29. Kadang kedai #kopi juga merangkap sebagai toko terbuka. Man’s Coffehouse di Chancery Lane jualan buku & mengadakan lelang.

30. Majalah gaya hidup “Tatler” yg didirikan Richard Steele thn 1709, isinya didapat dari perbincangan orang2 di kedai #kopi.

31. Lebih dari itu, semua surat ke redaksi Tatler dialamatkan ke… kedai #kopi Grecian yg juga jadi tempat tongkrongan selebritis.

32. Yg unik, para saudagar cenderung berkeliling beberapa kedai #kopi. Mirip seperti Robert Hooke yg biasa menyambangi sekitar 60 kedai.

…maka nggak heran kalau Newton bisa mendahului Hooke mengumumkan teori gravitasi. Robert Hooke terlalu sering kelayapan sih.

33. Hal unik dari kedai #kopi London: statusnya sebagai tempat publik yg terbuka bagi siapa saja. Perbedaan strata ditinggal di luar.

34. Bahkan di dalam kedai #kopi ada larangan bersulang (toast). Orang yg bertengkar dlm kedai – didenda harus mentraktir 1 kedai.

35. Org yg tidak patuh atas aturan akan diingatkan. Bila masih membandel maka akan diusir dari kedai #kopi & seterusnya dilarang masuk.

36. Bagi mereka yg dilarang masuk – maka akan kehilangan berbagai informasi, gosip, rumor, & akses sosial yg melekat pd kedai tsb.

37. Salah satu kedai #kopi terkenal di London berada di Lombard Street. Kedai ini biasa didatangi para pelaut & pemilik kapal.

38. Kedai Edward Lloyd ini didirikan akhir tahun 1680-an. Apa istimewanya kedai Lloyd’s ini? Buka 24 jam & punya papan khusus.

Karena kopi dulu dikirim dr Mocha, Yaman hingga kopi diberi nama Mocha. Maka bukan tdk mungkin bila Tobruk pun jd tubruk @gm_gm

Karavan kopi Yaman dulu berujung di Alexandria, yg sama dg Tobruk di masa lalu adalah kota2 pelabuhan terpenting di Laut Tengah. @gm_gm

39. Papan khusus di kedai #kopi milik Edward Lloyd memuat daftar kapal2 yg akan berangkat & tiba, ukuran, serta muatan kapal.

40. Buka 24 jam agar bisa melayani pelaut2 yg baru tiba & yg akan berangkat. Berorientasi pelanggan. Maka tdk heran selalu ramai.

41. Selanjutnya ada buku besar di kedai #kopi Lloyd’s memuat riwayat kapal2 & muatan setelah perjalanan berakhir ataupun tidak.

42. Maksudnya, kapal yg tenggelam, diserang perompak, hilang, dll. dicatat berikut data2 pentingnya. Itu data2 penting. Mengapa?

43. Krn dr kumpulan catatan ini, kita dpt memperkirakan tingkat kesuksesan suatu pelayaran niaga & keuntungan ataupun kerugian.

44. Dari papan & catatan kedai #kopi Lloyd’s inilah lahir bisnis asuransi pertama yg mengasuransikan kapal & muatannya. Ide jenius.

45. Para penjamin asuransi membentuk kelompok & pada 1771 sebanyak 79 penjamin asuransi ini membentuk Society of Lloyds.

46. Society of Lloyds ini yg saat ini menjadi Lloyd’s of London, salah satu perusahaan asuransi dan finansial terkemuka di dunia.

CATATAN: Begitulah gambaran bagaimana sebuah kedai #kopi di London bisa menjadi tempat lahirnya bisnis asuransi terkemuka dunia.

Lloyd’s of London hingga sekarang kerap mengasuransikan hal2 yg tdk lazim diasuransikan perusahaan lain. Semisal asuransi kaki artis.

Pita suara Celine Dion, kaki Betty Grable, Brooke Shields dan Tina Turner, & pinggul George Michael termasuk diantaranya. #kopi.

47. Selain berkumpul membicarakan & mencatatkan kapal & muatannya – di kedai #kopi London org juga berjual-beli saham perusahaan.

Kedai kopi Lloyd’s sudah diganti dengan gedung perkantoran perusahaan asuransi tersebut. Maklum tanah di London mahal… @paristurnip

CATATAN: Di depan kedai #kopi Lloyd’s ada lonceng besar ex-kapal HMS Lutine. Lonceng itu selalu dibunyikan dua kali tiap ada kapal karam.

RT @yanuarnugroho: di hampir setiap gedung di uni manch, selalu ada warung #kopi. ide penelitian, tulisan, kolaborasi muncul saat ngopi, bukan rapat @hotradero

RT @yanuarnugroho: bahkan, sudah dijadikan strategi & kebijakan🙂 setiap gedung di institusi riset/penelitian, harus ada warung #kopi @hotradero

RT @yanuarnugroho: saya kira dulu ini bercanda, tnyt serius. saya tahu stl tlibat perancangan situs riset yg baru di MBS, warung #kopi jd prioritas @hotradero

Selain saat kapal tenggelam, Lonceng Lloyd’s of London juga dibunyikan saat peringatan tahunan bencana seperti 9/11 atau tsunami Asia.

48. Di abad 18, orang berjual beli surat pemilikan perusahaan (saham) yg merupakan inovasi baru keuangan yg berasal dari Belanda.

49. Asalnya para broker bertransaksi di bangunan Royal Exchange yaitu bursa resmi London. Tetapi kemudian muncul peraturan baru.

50. Saat jumlah perusahaan yg menjual sahamnya naik dari 15 ke 150 perusahaan di 1690, muncul undang2 pembatasan jumlah broker.

51. Para broker protes. Mereka pindah kegiatan & bertransaksi di kedai2 kopi sekitar Royal Exchange. Bursa resmi malah jadi nggak laku.

52. Kedai #kopi paling terkenal adlh: Jonathan’s Coffee House. Di situ ada aturan khusus, broker yg pernah curang dilarang masuk.

53. Kendati masih bisa bertransaksi di kedai #kopi lain, nama mereka yg pernah curang – dicatat di papan Jonathan’s Coffee House.

54. Di tahun 1762, sekelompok 150 broker mengadakan perjanjian dengan pemilik kedai #kopi Jonathan’s – mereka boleh pakai ruangan.

55. Dgn membayar 8 pound setahun, ke-150 broker itu jg punya hak utk mengusir broker curang, tdk kredibel ataupun meragukan.

56. Broker2 lain marah. Kedai #kopi seharusnya tempat umum – tidak boleh eksklusif. Broker2 itu lalu ngumpul di kedai #kopi lain.

57. Kedai #kopi baru itu bernama New Jonathan’s. Menjadi tempat berkumpul baru yg resmi pada tahun 1773. Lambat laun berubah.

58. Di pintu New Jonathan’s ada tulisan “The Stock Exchange”. Bangunan inilah yg kemudian cikal bakal The London Stock Exchange.

Bukan hanya pedagang yg ngumpul di kedai #kopi London. Termasuk jg yg nangkring adalah para filsuf. Salah satunya Adam Smith.

59. Adam Smith menulis buku The Wealth of Nations dari sebuah kedai #kopi di London yg juga menjadi alamat surat menyuratnya.

60. Kedai #kopi British Coffee House adalah “kediaman” Adam Smith & juga tempat nangkringnya para filsuf kelahiran Skotlandia.

OK teman2, kisah tentang kedai #kopi Inggris sebagai pusat keilmuan & akademi hingga tempat lahir asuransi & bursa saham sudah kita ikuti.

Pada bagian berikutnya nanti saya akan ceritakan apa yg terjadi di kedai #kopi Paris. Tempat di mana org yg ngumpul punya bahasan lain.

Orang Perancis ngumpul di kedai #kopi buat ngobrolin filsafat dan hakekat manusia. Hingga akhirnya Revolusi Perancis meletus.

Bila ditelusuri, ide yg mendasari Revolusi Perancis & bahkan pertemuan yang memicunya — semua berawal dari kedai #kopi Paris.

sampai disini.. belum ada lanjutannya.. kita tunggu ya🙂

Tagged:
Posted in: Uncategorized