@hotradero on kopi part 2

Posted on August 14, 2010

0


Apa yg istimewa dari kopi? Komoditas ini memiliki sejarah yang panjang dan selalu memiliki dua sisi berlawanan. Dibenci & dicinta.

Kopi adalah komoditi dengan nilai perdagangan terbesar nomer dua di dunia setelah minyak bumi. Menghidupi sekitar 20 Juta manusia.

Dari petani & buruh kopi, hingga penjual & barista penyedia kopi di kedai (emperen hingga Starbucks) hingga broker berjangka.

Sebagian besar buruh kopi di dunia diupah tidak lebih dari $3 per hari. Nilai yang sama dengan kira-kira 2 cangkir kopi Starbucks.

Uh betul juga ya. Nggak sampe 2 cangkir. Terima kasih atas koreksinya. RT @anisah_s: $3 itu hanya dpt 1 cangkir Starbucks, pak

Saat Idi Amin berkuasa tahun 1970-an, teror diktator Uganda itu dibiayai oleh perolehan penjualan kopi Uganda ke pasar dunia.

Saat gerilyawan Sandinista mencetus revolusi – apa yang menjadi sasaran pertama mereka? Kebun kopi milik diktator Anastasio Somoza.

Segera setelah kebun kopi keluarga Somoza lumpuh, rejim pun ikut jatuh – dan Sandinista berkuasa (dan ikut dibiayai kebun kopi)

Tapi tentu, kopi pula yang membiayai langgengnya demokrasi di negeri seperti Costa Rica serta tulang punggung Brazil serta Colombia.

Di masa lalu? Kehadiran kedai #kopi yang mendorong munculnya ide-ide pencerahan dan demokrasi. Juga termasuk kemerdekaan Amerika.

Aksi pemberontakan “Boston Tea Party” 1773 yang menolak pajak & kesewenangan Inggris – dirumuskan di kedai2 #kopi kota Boston.

Dan seperti sudah di-kultwitkan oleh @gm_gm tentang riwayat Voltaire, sang filsuf & teman2 Perancisnya adalah para penggila #kopi.

Dan perdebatan yg tdk pernah henti – tentunya soal #kopi terbaik dunia: Harrar Ethiopia, Colombia, Jamaica, Mandailing, Toraja, Timor, dll.

Berbahaya bagi kesehatan? Bisa jadi – kalau anda kebetulan hidup di Turki abad ke-17. Saat itu kedapatan minum kopi bisa dihukum mati.

Bukan cuma Turki, kota Mekkah pun dulu pernah melarang #kopi & kedai kopi – karena sering jadi sumber pemicu “keresahan politik”

Dan cerita tentang #kopi – kita mulai dari daerah tanduk Afrika – bernama Ethiopia & seorang gembala kambing bernama Kaldi…

01. Ethiopia di tanduk Afrika – daerah pegunungan terisolir. Inilah negeri asal Ratu Sheba atau disebut Bilqis dlm bahasa Arab.

02. Relatif miskin (dari dulu hingga sekarang) – orang Abyssinia (nama lain Ethiopia) setelah Sheba – terlupakan oleh dunia.

03. Hingga di suatu masa di abad ke-9 – muncul kisah tentang Kaldi seorang gembala dg kambing2-nya yang resah di malam hari. #kopi

CATATAN: Tidak ada catatan resmi ttg Kaldi hingga abad ke 16 – ada dugaan, tokoh Kaldi ini bisa saja rekaan orang Arab #kopi

Seperti kisah tentang Gula Tebu – pedagang2 Arab punya kebiasaan menyembunyikan sumber pasokan mereka – agar harga tetap tinggi.

Kadang ini dibumbui dg cerita2 fantastis seperti Kayu Manis (cinnamon) yg mereka bilang dibawa burung-burung dari ujung dunia…

04. Menurut legenda, Kaldi terheran-heran melihat kambing2 peliharaannya ogah tidur setelah mereka makan di suatu kerimbunan perdu.

05. Kambing2 itu tetap aktif & mengembik setelah mereka makan buah tanaman perdu tertentu yg berwarna coklat kemerahan.

06. Kisah “kambing menari” menyebutkan kekhawatiran Kaldi. Tapi esokan hari, kambing2 itu tetap sehat, aktif & tdk mati. #kopi

CATATAN: Kambing adalah hewan pemakan segala tumbuhan, itu yg membedakan dari domba. Sistem pencernaan kokoh – hasil seleksi alam.

07. Kaldi memetik beberapa buah merah yg dimakan kambingnya & mengunyah kulit selubungnya. Agak manis. Bijinya memberi rasa unik. #kopi

08. Dan sesudah mengunyah biji tersebut – ada rasa yg unik yg membuatnya merasa segar. Inilah perkenalan pertama atas biji #kopi.

09. Legenda menyebut Kaldi melaporkan tumbuhan ajaib tersebut pd seorang ulama, yg lalu memberi nama bunn atas tumbuhan & biji tsb. #kopi

10. Awalnya org Ethiopia merebus buah & daun #kopi & meminum airnya – lalu daun disingkirkan dan selanjutnya hanya biji yg direbus.

11. Biji #kopi dipisahkan, lalu agar rasanya lebih kuat – dijemur dahulu & pada evolusi berikutnya dipanggang sebelum jd serbuk.

12. Untuk minuman yg dibuat dari rebusan buah #kopi & kulit buah kopi (jd agak manis) – mereka menyebutnya dg nama Qishr.

13. Mengingat bahwa saat itu Ethiopia berada dalam pendudukan bangsa Arab – maka segera saja cerita pohon #kopi menyebar ke Arab.

14. Melalui jalur Yaman, org Arab mengenal #kopi & membudidayakannya. Termasuk hingga membuat saluran irigasi utk kebun kopi.

15. Orang Arab menyebut #kopi dgn nama Qahwa – yang dalam berbagai bahasa lain berevolusi menjadi Kafee, Coffee, dan juga Kopi.

16. Khasiat #kopi yg mampu membuat seseorang segar setelah meminumnya sangat membantu kaum Sufi yg sering hrs melek sampai malam.

17. Karena #kopi membantu kelangsungan ibadah malam maka direkomendasikan oleh para imam – dan segera meluas penggunaannya.

18. Kendati begitu, awalnya hanya org kaya yg bisa menikmati #kopi dg leluasa (ingat Arab tanah gersang). Maka meluas via kedai.

19. Kedai #kopi pun berdiri bagi org yg cuma sanggup sesekali ingin minum kopi. Org Arab menyebutnya kaveh kanes yg menyebar cepat.

CATATAN: bersama dengan munculnya kopi – muncul pula ritual minum kopi mulai dari org Ethiopia hingga diteruskan ke bangsa Arab.

Dalam ritual orang Ethiopia yg bisa makan waktu hingga sejam – langkah2 persiapan #kopi mirip ritual minum teh di Jepang. Khusyuk.

Atas hal itu maka ritual minum #kopi selalu diselingi dengan ngobrol2 yang menjadi mengisi waktu persiapan yg panjang.

Maka tdk heran bila kegiatan minum #kopi juga identik dengan kegiatan sosialisasi. Dan ini bisa punya dampak positif dan negatif.

20. Di kedai2 kopi – kegiatan sosialisasi sambil minum #kopi ini melibatkan banyak orang & topik pembicaraan bisa tdk terkendali.

21. Khair-Beg yg menjadi Gubernur Mekah – mendengar org di kedai #kopi menggunjingkan & bahkan memperolok dirinya lewat syair2.

22. Sang Gubernur pun murka. Tahun 1511, seluruh kedai kopi di kota Mekkah dipaksa tutup. Khair-Beg juga mencap kopi sebagai haram.

23. Khair-Beg membujuk (dan bahkan menyogok) para ulama utk bersama menyatakan kopi haram krn tdk alami & bersifat seperti anggur.

24. Hanya berhasil sementara waktu. Mengapa? Karena Sultan di Kairo peminum #kopi kelas berat. Ia membatalkan “fatwa” haram itu.

25. Tapi efek rumah #kopi berlangsung luas. Wazir Agung Muhammad Kuprili di Istambul Turki abad 16 juga pernah melarang kedai kopi.

26. Kuprili yg terancam serangan musuh – menutup kedai #kopi agar desas-desus tdk beredar dgn cepat & liar. Hukumannya berat.

27. Org yg ketahuan ngopi – dihukum cambuk biar kapok. Kalau kepergok lagi? dijahit ke kantong kulit & dilempar ke laut. #kopi

28. Tapi tetap saja ada yg membandel & diam2 minum #kopi. Mengapa org Arab sedemikian cinta kopi? Ternyata ritualnya jg unik.

29. Air dididihkan hingga 3 kali di dalam Ibrik (ketel tembaga kecil dg tangkai panjang) dicampur serbuk #kopi & dituang ke cangkir.

30. Saat menuang Ibrik digoyang perlahan agar gelembung yg mereka sebut “wesh” muncul di permukaan #kopi dalam cangkir.

31. Selanjutnya #kopi dihirup pelan2 sambil ngobrol topik beragam topik. Sering terjadi perjanjian bisnis dilakukan sambil ngopi.

32. Efek dr kafein dalam #kopi yg menimbulkan rasa segar – jg berpengaruh pada lebih hidupnya topik pembicaraan di kedai2 kopi.

33. Budaya #kopi menyebar seiring dg meluasnya kerajaan Islam. Di Turki, istri bisa menggugat cerai bila suami tdk memasok kopi.

Ceritanya seru, karena orang Arab melakukan segala hal agar #kopi tdk jatuh ke tangan asing. Di Eropa pun #kopi memicu debat halal-haram.

RT @3zr: @hotradero org Kristen Adventist sampai skrg masih mengharamkan teh, kopi dan minuman berwarna lainnya.

Kaum Adventist berpendapat tubuh adlh “Rumah Tuhan” jd tdk boleh dirusak. Itu sebab mereka berlakukan aturan ketat menjaganya. @MuzayyadAdib

OK teman2, setelah sekian lama tdk sempat bermewah2 menikmati siesta – saya sudah lebih segar dan akan teruskan kisah tentang kopi bagian 2

Di bagian pertama kita sudah menyaksikan bagaimana #kopi ditemukan gembala Ethiopia lalu menyebar ke Yaman & seluruh penjuru Arab

Muhammad Al-Dhabhani, cendikiawan & anggota aliran mistis Sufi sering disebut sebagai org yg meluaskan manfaat #kopi dlm ritual agama.

Lalu kita ikuti pula bagaimana kopi mencapai Mekah & Kairo di 1510 serta bagaimana #kopi & kedai kopi sempat diharamkan oleh penguasa.

Kedai #kopi yg meluas juga sempat meresahkan penguasa Istambul yg melarangnya di masa Usmaniyah Turki menguasai seluruh Arab.

Dalam bagian kedua ini kita lanjutkan dgn bagaimana #kopi mencapai Eropa serta bagaimana kopi diselundupkan ke luar wilayah Arab.

Kita akan menemui bagaimana orang berusaha memecah monopoli #kopi yang dikuasai orang Turki. Termasuk cerita De Clieu membawanya ke Karibia.

34. Fenomena kedai #kopi tidak luput dari pengamatan pelancong Eropa yang mengunjungi Timur Tengah – William Bidduph diantaranya.

35. Ia menyebut: “Orang Arab punya kedai #kopi (Coffa Houses) lbh banyak daripada orang Inggris memiliki Rumah Bir (Ale-Houses)”

36. George Sandy yg melakukan muhibah ke Mesir & Palestina 1610, juga menyebut keberadaan minuman hitam “Coffa” & kedai #kopi.

37. Sekitar setengah abad setelah itu, kedai #kopi pun muncul di Inggris & selanjutnya Amsterdam & Den Haag pada periode 1660.

CATATAN: kedai #kopi di Belanda saat ini menjual bukan cuma kopi dalam cangkir – tetapi juga ganja (yg memang dilegalkan di Belanda).

38. Di masa itu, tempat asal utama biji #kopi berasal dari kota pelabuhan Mocha di Yaman. Dari Mocha diangkut karavan unta ke Suez.

39. Dari Suez ke Alexandria, kota dagang terpenting di Laut Tengah, sebelum #kopi menyebar ke penjuru pesisir Eropa & Timur Tengah.

40. Itu sebabnya nama “Mocha” di berbagai tempat di Eropa juga berarti sama dgn #kopi sebagaimana kemudian juga nama Java / Jawa.

CATATAN: Dari kota Alexandria, Mesir ini #kopi dibawa ke Venesia & kota2 dagang utama Eropa hingga menjangkau Inggris dan Belanda.

Orang Arab penggila #kopi, maka tidak heran bila pasokan ke Eropa menjadi terbatas. Apalagi saat itu kopi hanya ditanam di sekitar Yaman.

Karena harga tinggi di Eropa inilah, maka orang Eropa putar otak untuk mencari sumber asli kopi serta berusaha menanamnya sendiri.

Jadi sama dgn harga cabe yang tinggi saat ini – saya yakin akan banyak orang akan berusaha keras utk bisa memasok cabe dg segala cara.

41. Riwayat nama Mocha sudah jelas, bagaimana dgn Java? Tentunya erat terkait dgn usaha menyelundupkan #kopi ke luar Timur Tengah.

Berapa lama diperlukan cabe dari ditanam hingga bisa dipetik? Bisa jadi cuma selama itu harga cabe masih akan tinggi. @vlakshita

Harga tinggi mengurangi permintaan tapi sekaligus juga mendorong munculnya pasokan baru. Gabungan keduanya akan menurunkan harga.

Apa yang terjadi pada cabe, juga terjadi pada #kopi dalam rentang yg lebih lama. Semua komoditas tunduk pada hukum pasokan vs. permintaan.

Kita kembali lagi ke cerita tentang kopi… (penjelasan tentang harga cabe kebetulan saja ada hubungan dengan riwayat #kopi)

42. Turki menjaga pasokan biji & buah kopi dgn ketat. Biji #kopi harus direndam di air mendidih & dipanggang agar tdk bisa tumbuh.

43. Namun #kopi berhasil lolos. Pengelana Baba Budan menyelundupkan 7 biji kopi yg disimpan di perut & membawanya ke India thn 1600.

CATATAN: Baba Budan pergi naik haji, tapi kemudian berkeliling Timur Tengah sebelum merencanakan menyelundupkan biji kopi. Haji Mabrur…

Mengapa India gagal merajai #kopi dunia? Karena India kebanyakan dataran rendah yg kurang cocok untuk kopi kualitas tinggi.

Warisan Baba Budan bagi dunia #kopi adalah perkebunan kopi di dataran tinggi Mysore Selatan India. Semua dimulai dg 7 biji selundupan.

44. Pelaut Belanda lebih nekad, mereka memotong & menyelundupkan pohon kopi dr Aden ke Belanda. Pohon #kopi dibiakkan dlm rumah kaca.

CATATAN: Kopi hanya bisa tumbuh di sekitar daerah tropik. Terlalu ke utara atau ke selatan, tanaman #kopi tidak dapat tumbuh.

Daerah yang berbatas antara lintang Cancer & Capricorn ini disebut sebagai “Coffee Belt” – superpower kopi dunia semua dr daerah ini.

45. Dari rumah kaca ini org Belanda di tahun 1699 membawa #kopi ke Nusantara. Menanamnya di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Timor & Bali.

46. Dlm sekejap Nusantara menggantikan Yaman sebagai pemasok kopi dunia. Nama Java menjadi sinonim dg #kopi & menggantikan Mocha.

CATATAN: Mengapa Java atau Jawa? Karena masalah transportasi & administrasi Belanda dipusatkan di Jawa sehingga asal pengiriman: Java.

Belajar dari orang Arab – Belanda membuat administrasi terpusat agar kopi tidak diselundupkan ke luar Nusantara. Sama seperti rempah2.

Bagaimana dengan nasib Mocha?

47. Terlebih setelah Terusan Suez selesai dibangun 1869, karavan kopi terhenti & #kopi Nusantara membanjiri dunia. Mocha terlupakan.

48. Gelar Belanda sebagai raja #kopi dunia berlangsung hingga saat Perancis berhasil membawa tanaman kopi ke Karibia & membiakkannya.

49. Tidak kalah heroik. Si pembawa tanaman #kopi itu adalah Gabriel Mathieu de Clieu yg berasal dr kepulauan Martinique di Karibia.

50. De Clieu mendengar bahwa di mana tebu bisa tumbuh, maka kopi pun bisa tumbuh. Ia mengangankan membiakkan kopi di tempat asalnya.

CATATAN: Bagi teman2 yg ingin ikuti kisah tentang gula tebu mencapai Karibia & Amerika Selatan – silahkan dilihat di http://bit.ly/cwlVsj

kembali lagi ke De Clieu yg hendak menyelundupkan pohon #kopi

52. Tanaman itu dijaga sangat ketat. Berkali dicoba namun selalu gagal memperoleh potongan stek dr pohon #kopi semata wayang itu.

53. Berkat rayuannya pd seorang wanita bangsawan yg kenal dekat dg dokter istana, De Clieu berhasil beroleh potongan stek #kopi.

CATATAN: di masa itu satu-satunya orang yang bisa keluar masuk rumah kaca milik istana raja, hanyalah dokter kerajaan utk bahan obat. #kopi

53. De Clieu membawa potongan stek pohon #kopi ini utk diseberangkan melintasi Atlantik via kapal selama perjalanan berminggu2

54. Dibawa dalam pot kecil berselubung kaca. Belanda saat itu menguasai pelayaran, ada resiko pohon #kopi De Clieu bisa dirampas.

55. Setiap pagi # De Clieu membawa pohon #kopi nya keluar agar beroleh sinar matahari. Sempat hampir dicuri orang saat dijemur.

56. Ancaman: Kapal diserang perompak. Lolos. Tapi selubung kaca pecah hingga harus diperbaiki di atas kapal. Bahaya belum berlalu.

57. Kapal diterpa badai, suasana di atas kapal jd kacau balau. Pohon #kopi De Clieu sempat terendam air laut sebelum diselamatkan.

58. Gawatnya, tong air minum menipis tersapu badai. Air minum harus dijatah bagi penumpang. De Clieu berbagi air dg pohon #kopi.

59. Bayangkan bagaimana terheran2-nya penumpang lain. Dijatah air minum – eh ada penumpang yg pakai utk mengairi pohon #kopi.

60. Dlm sebulan perjalanan itu De Clieu berbagi air dgn pohon #kopinya. Hingga akhrnya ia & pot-nya tiba di Martinique. Selamat!

CATATAN: De Clieu membiakkan stek pohon #kopi satu2-nya itu yg lalu tumbuh & berkembang. De Clieu menyebar pohon kopi ke penjuru Karibia.

Pertama ke Santo Domingo & Guadeloupe. Kopi tumbuh baik di Karibia & memasok Perancis. Di tahun 1730 pasokan berlebih & ekspor meluas.

Maka dengan segera dominasi Belanda dalam perdagangan #kopi menjadi berantakan – akibat pasokan baru bawaan De Clieu. Harga pun jatuh.

Dari pohon #kopi De Clieu ini secara tidak langsung lalu bangkit raksasa kopi seperti Brazil & Kolombia. Merajai dunia hingga abad 21.

RT @elisa_jkt: @hotradero teh lbh gawat dr kopi, hampir 3 abad lalu,saudagar voc 1/2 mati seludup teh dr cina,&diancam hukuman penggal jika balik ke cina

RT @trisnoss: Sekarang, setiap minum #kopi, saya tak kan lupa berdoa utk De Clieu krn pengorbanannya melindungi sebatang pohon kopi. Salut!

Tagged:
Posted in: Uncategorized