@hotradero on kopi part 1

Posted on August 14, 2010

0


kultwit ini di trigger oleh kultwitnya @gm_gm tentang Voltaire.
mari kita mulai bacaannya🙂

Oh iya, di masa Voltaire kopi sedang naik pamor terutama karena bisa buat teman begadang ngomongin segala hal @gm_gm

Di Timur Tengah, kopi dianggap berkah – sebagai teman menalar kitab2 biar nggak ngantuk. Tapi ada jg yg menganggapnya haram krn tdk alami.

Kopi selalu kontroversial. Halal. Haram. Dipuja. Dimusuhi. Memicu revolusi & pembebasan, juga menimbulkan perbudakan di kebun2.

Betul, gara2 para pria keasikan ngobrol di kedai kopi RT @treespotter: From 1674: Women’s Petition against Coffee http://bit.ly/cqU9GA

Dari catatan saya, Diderot penggila kopi. Ia menyusun seluruh buku Encyclopedic-nya di Cafe de la Regence yg merangkap kantor @gm_gm

Dalam memoar disebut, istri Diderot membekali suaminya 9 sous tiap pagi untuk dibelanjakan membeli kopi sbg bahan bakar menulis.

Di Paris, dua cafe tempat mojok para filsuf: Cafe Par-nasse & Cafe Procope. Par-nasse: Rosseau, Diderot, d’Alembert, & Ben Franklin.

Sementara di Cafe Procope, Voltaire jadi pengunjung setia sampai punya pojokan favorit. Ia biasa minum hingga 12 cangkir sehari.

Di Perancis, bangsawan berkumpul di Salon yg mirip pub di Inggris. Sementara filsuf & seniman nongkrong di kedai kopi. Jelas topik jd beda.

Betul, maka Zev Siegl (guru sejarah) dkk mendirikan Starbucks yg ada hampir di tiap pengkolan, sebenarnya daur ulang ide @merrymagdalena

RT @merrymagdalena: Di Inggris ada event Science Caffee: diskusi di kafe, ada speaker ilmuwan,lokasi pindah2. ‘Kuliah’ santai di kafe buat umum @hotradero

RT @prazos: dulu di Aceh ada yang namanya Kopi Ganja (Biji Kopi + Biji Ganja di campur dan digiling) lalu dimasak (bukan diseduh).

Hahaha ini org Aceh yg ngomong lho… RT @inong_hunain: Masih ada kok😉 RT RT @prazos: dulu di Aceh ada yang namanya Kopi Ganja

Nah jadi bagi yg berminat jangan sampai salah sebut nama🙂 RT @inong_hunain: Heheh…Bbrp menyebutnya kopi campur;) re: kopi ganja aceh.

RT @efenerr: kopi paling enak adalah kopi joss stasiun tugu jogja. segelas kopi panas trus dicempungin arang yang masih membara…nikmat.

RT @ajiwar: Kopi ter enak pernah gw coba : kopi laos RT Di Perancis, bangsawan berkumpul di Salon yg mirip pub di Inggris. Sementara filsuf

Apa istimewanya Kopi Berontoseno? Bisa diceritakan? RT @ucietz: Kopi Berontoseno Bang! Gara2 kopi satu ini, merk yang laen lewat.

RT @ucietz: @hotradero Susah diceritain Bang! Dibanding Starbucks enak Berontoseno. Tapi di Jakarta susah carinya. Di Carefour belum tentu ada.

RT @kreshna: Btw, ada situsnya kok. Bs dicek di http://berontoseno.com Produk Indonesia brkualitas gn hrs didukung. Mg2 bs smp ekspor.

RT @iwaphei: Supermarket Palapa.🙂 RT @hotradero: RT @ikarinayu: @hotradero kopi berontoseno dijual di Surabaya. Di supermarket perempatan dekat Sutos.

RT @Larasdeparas: @hotradero Pak kt manusia berkacamata yg ada di iklan2 kopi Brontoseno, istimewanya krn itu kopi asli Jatim, bs diminum panas/dingin🙂

Ah ini berarti dekat dengan daerah Mandailing juga ya? RT @di2te: paling ekstrem kopi gayo, takengon, aceh. Pahitnya luar biasa. #nimbrung

Vietnam fenomenal soal kopi. Nanti saya ceritakan RT @ayinkz: kopi vietnam jg unik om🙂 kalo mau minum disaring dulu pake coffee drip

RT @firststhings: @hotradero di pasar tradisional di bengkulu kopi bubuk dijual ibu2x dg bakul gendongan, uniknya bubuk dibuat spt gunung & wanginya kemana2x

RT @AroonPardede: Di sepanjang jalan raya Banda Aceh-Medan,berjejer kedai2 kopi;jauh sebelum gerai2 kopi bermunculan di Jakarta @hotradero

RT @vonBelle: @ucietz @hotradero hmmm I like kopi sidikalang🙂

RT @motulz: @hotradero saya pernah beli dan minum kopi wamena, konon cuma tumbuh di wamena, rasanya ajaib euy

Betul, Mandailing jd standar internasional RT @goklastambunan: @vonBelle @ucietz sekarang,kopi sidikalang kalah tenar dengan kopi mandailing

Betul, dari catatan saya: Nama Mandheling (“Mandailing”) dan Lintong jadi standar ukuran internasional untuk kopi. Selain Toraja & Timor.

RT @rorahutauruk: Kopi Lintong siborong-borong menjadi kopi yg disertifikasi oleh Starbuck. Dan salah satu kopi terbaik yang dimiliki starbuck. @hotradero

RT @ullilkecil: @hotradero cobain kopi Sido Mulia dr Malang, Om.

RT @antasaru: @hotradero di daerah Rembang-Lasem, sambil nongkrong d warung kopi ada tradisi membatik dgn endapan seduhan kopi d batang rokok–>kopi lelet

Mengapa “orang bule” menyebut kopi dengan nama “Java”..? Karena Jawa lah tempat pertama kopi ditanam di luar Timur Tengah: Thn 1690.

Efek buruk kafein muncul pd konsumsi di atas 300 mg/hari. Setara dg sekitar 3-4 gelas (200ml) kopi hitam 100%. @tsuroiya

Hahahaha iya, Javascript. BTW, bahasa Java & Javascript. Tapi katanya nama “Java” itu dipilih secara acak & ternyata mengena! @acopatunru

RT @acopatunru: @hotradero kata prof2 computer sci di Illinois, mmg asal “java” sbg script ad/ kata “java” (kopi), krn ditulis o/ mhs2 pas mrk lg ngopi

Bila memang Java menginspirasikan buat programming, akan senasib nama Apple yg dipilh karena pendiri perusahaan cuma sempat makan buah itu.

Dan Dotcom pun mewabah… RT @acopatunru: jd inget, sy pernah ngopi di warkop tempat Netscape pertama kali ditulis o/ Marc Andreessen..

Kopi senasib Coklat – yaitu bentuk perang dagang. Kalau coklat disembunyikan org Perancis dari orang Inggris. Kopi disembunyikan org Arab.

Dari sesi prelude ini saja sudah muncul banyak nama & jenis kopi: dari Berontoseno, Gayo, Mandailing, Toraja, Wamena, sampai “Kopi Campur”.

Itu sih jelas2 lagu jiplakan (Cafe Cafe) band orang Spanyol RT @AroonPardede: @hotradero Jangan lupa satu lagi bang, kopi dangdut… LOL

RT @ad13nug: Saia juga lg ngemix dan mimix sisa kopi Trung Nguyen dari Vietnam😉 RT @mashakim: Nyruput kopi sidikalang ikut kuliah @hotradero ttg kopi

RT @m_aylmar: klo lg d jkt, sy sll sempatin ngopi d wahid hasyim. Sll rame. Starbuck dan sebangsanya lewat. Harga cuma 5rb-an klo gak salah. @hotradero

RT @rinarenville: Saya setiappagi kopinya merek Peets’coffee,*fresh roasted..pernah denger?

RT @rhapsodyelse: @hotradero Kopi “Kok Tong” dari Pematang Siantar jg juara Bang, tp hrs direbus dulu krn butiran2nya kasar.

RT @andry_77: Saya baru minum kopi ini kemarin di Medan. Penuh sesak yg minum. RT@rhapsodyelse: @hotradero Kopi “Kok Tong” dari Pematang Siantar jg juara.

RT @ReintjeReman: Ya, Kok Tong Kopitiam memang selalu rame… Cemilannya juga enak2… Kopinya ‘keras’… @hotradero @andry_77 @rhapsodyelse

RT @bismanara: Ada jg kopi merapi dr gn. Merapi bang

RT @yellowlife: @hotradero spt kopi lelet yg membatik pake kopi di rokok, di kota Malang namanya kopi cete/nyete. ada lombanya jg.

RT @rahma_witjaya: @hotradero pak kalau pas berkunjung ke Semarang, coba mampir ke Banaran Kopi, kopi asli dr kebun kopi Bawen kab. Semarang

Tetangga saya ada yg pelihara luwak. Kalau malam binatang itu kelayapan dan suka naik ke kabel listrik. Serupa kucing besar @ditodw

Luwak itu binatang malam. Sebelum siang ia balik ke kandang. Diberi makan buah kopi oleh pemiliknya. Belum pernah lihat “output” aslinya.

RT @alinnerosida: saya pernah bertemu dgn peneliti dr IPB, ternyata enzim luwak itu dpt dibuat di lab, untuk membuat kopi luwak sintetis.

RT @bukanlinuz: bang @hotradero kalo jalan2 ke Batam, mampirlah ke daerah Nagoya atau Jodoh yang menjual kopi cap Kapal Tanker..

Kebiasaan minum kopi di Sumatera Utara & Aceh memang bagian dari interaksi sosial. Kakek (alm) mengalami itu selama puluhan tahun.

RT @rullysetia: @hotradero di warung “padang hawa” pasuruan klo tatakan gelasnya ditaruh diatas, ga bkln diberesin mskpun ditinggal pergi *tatakan eke lepek

RT @lakiserigala: @hotradero d Malang ada Coffee 4 Two. Biji kopi drendam anggur sblm dkeringkan&dgiling. Pnyajiannya dgn vodka. Ampasnya oke buat nyete.

RT @punyarudy: Ngopi “kopi bali” di pantai sindhu enaak

Mengingatkan saya pada cara minum kopi tempo dulu seperti yg ditunjukkan di film Pengkhianatan G30S/PKI @prazos re:dituang di piring kecil.

RT @yellowlife: @hotradero d Malang ad wrg kopi legndaris, WS-wrg sari, lokasi d kmpus UM. sgl mcm org kmpul, mnm kopi olahn WS sndr yg dcampur jagung.

RT @BangHeriTea: @hotradero : di kalimantan selatan ada kopi Tongkat Ali dengan campuran pasak bumi, tentu tahu dong khasiatnya untuk apa🙂.

RT @hanityo: @hotradero yg unik tiap daerah punya “Kopi Lanang” — kopi dgn campuran tertentu yg bs tingkatkan vitalitas. Dari Lampung, Tator,& Madura.

“Kopi plus-plus” (kopi ditambah aphrodisiac) memang umum karena efek kafein memacu aliran darah tentunya juga ke organ2 tertentu.

RT @rizalshidiq: Kopi Jawa yg sekarang, sebagian tdk identik dgn yg ngetop di Eropa abad 19. Karena wabah thn 1880, semua hrs dihancurkan @hotradero #kopi

RT @rizalshidiq: @hotradero benar, minum #kopi adalah soal “suasana”, jd Illy pun bs enak kl minumnya di Sisi Kiri Kali Seine – entah kopinya atau logat itu

RT @rhapsodyelse: @ReintjeReman @hotradero @andry_77 Org Siantar biasanya minum kopi sambil makan cakue yg dicelupin ke kopi pahit,mantab kali!!🙂

RT @andry_77: Pantesan kemarin makan cakue trus minta cukanya, mereka blg gak punya =D RT @rhapsodyelse: @ReintjeReman @hotradero @andry_77 #cakue&kopi

RT @AnangPrasakti: @hotradero di kudus n jepara ada kopi njethak, kabarnya kopi direndam anggur dl sblm dijemur dan digiling. Mantab pak

Ini namanya fenomena “cluster unggulan” RT @Aksan_: Di gresik bahkan ada warkop yg jaraknya hanya 5 m antar warkop lainnya sepanjang 2 km.

Fenomena “Cluster Unggulan” : sebutan untuk kumpulan suatu kegiatan yg menunjukkan sinyal kompetensi tinggi & pasar efisien di suatu tempat.

Misalnya, sentra handphone di Roxy, elektronik & peralatan teknik di Glodok, pakaian di Tanah Abang, Mangga Dua. atau Bandung.

Kalau ada org yg berani jualan kopi sebelah2-an sepanjang sekian km, berarti orang sudah sangat percaya kualitas sajian kopi di sentra itu.

RT @rianhafiz: @hotradero di bdg ada aging coffee(aroma),8 thn utk arabica & 5 thn utk robusta.Tujuannya mengurangi tkt keasaman kopi dan enchance flavour

Teknologi yang membuat Robusta rasanya bisa mendekati Arabica => faktor yg mendorong Vietnam jd kekuatan serius kopi dunia.

Sebelum 1990-an, Vietnam tdk masuk 10 Besar produsen kopi dunia. Saat ini? Nomer 2 di dunia setelah Brazil. 3. Colombia, 4. Indonesia.

RT @fatmapuspita: @hotradero kopi kintamani adalah kopi asli Indonesia yg tlh memiliki sertifikat indikasi geografis #kopi

RT @agaverus: di Siantar, motto terkenal utk kopi tiam ‘satu cangkir, seribu kata’ RT @hotradero: ritual minum #kopi selalu diselingi dengan ngobrol2

Panas Legi Kentel…🙂 RT @chriswidya: Follow @hotradero sambil minum #kopi nasgithel

Kopi bersifat Diuretic membuat kita jd terdorong ingin kencing. Maka peminum kopi perlu lebih banyak minum air utk pengganti @yayanmulyana

Tagged:
Posted in: Uncategorized