@hotradero on local cabs

Posted on August 13, 2010

0


twit series berikut tentang taksi lokal. Sepertinya berawal dari twit @newsplatter yang lalu ditanggapi @hotradero. enjoy🙂

dari @newsplatter :
Dapet supir Blue Bird baru yg ex-supir truk. Dia lebih tahu rute ke Jambi drpd ke RawamangunO_o

Kerugian dapet supir taxi ga tau jalan adalah ga bisa konsen ngeTwit. Kalo meleng bablas ke JambiO_o

@hotradero :
Nomer identitas supir-nya berapa? Terakhir saya lihat nomer ID supir Bluebird sudah tembus angka 100 000. @newsplatter

@newsplatter :
@hotradero saya kebagian 99514🙂

dari sini dimulailah kultwit kita🙂

Makin besar angka nomer ID supir Bluebird, semakin baru jadi supir. Estimasi saya kalau kepala 9xxxx kurang dari 9 bulan jadi supir.

Kalau kepala 4xxxx biasanya sudah 4 tahunan jadi supir Bluebird. Lebih kecil dari itu makin senior posisinya di Bluebird.

Perhatikan tanda bintang. Lewat jalur normal biasanya 7 thn jadi supir Bluebird baru dapat satu bintang. Kalau berprestasi bisa lbh cepat.

Pantesan nggak tau jalan…🙂 kepala 9… RT @newsplatter: @hotradero saya kebagian 99514🙂

Yg punya 1 bintang biasanya sudah jadi kepala kelompok di pool, membawahi sekitar 10-20 supir yg lebih junior. Re:taxibluebird

Tanda bintang digambarkan sedikit di bawah nomer ID pengemudi. Kelihatan jelas kok dari tempat duduk penumpang @okisekali

Berarti harusnya udah ngerti jalan. Kalo nomer segitu masih muter2 juga – berarti supir nakal RT @cessgai: Pak.saya kebagian 69698

RT @fxmario: Kalo kita nyetop di jalan,biasanya dapet supir baru karena mereka belum dikasih radio/gps jadi mgkn gak tau jalan @hotradero @newsplatter

Kalau ada 2 bintang, berarti sudah kerja di Bluebird setidaknya 10-12 thn. Biasanya sudah jadi supir paling senior di pool-nya.

Bluebird juga punya supir perempuan. Jumlahnya sekitar 30-an orang (sekitar thn lalu). Saya pernah dapat supir perempuan 3x.

Berarti emang supir yg nggak sanggup kerja di tempat lain. @IntanAriestya re:Bluebird2bintangtapiugal2-an

Biasanya supir Bluebird dari supir kantor atau supir pribadi. Sesudah beberapa lama biasanya akan pindah ke taksi lain. @lukesyamlan

Kalau belum 7 tahun tp udah dapat bintang, biasanya karena punya prestasi khusus. Ada jg sih yg sengaja ogah jadi ketua grup. @Midadells

Maksudnya nomer pintu? Itu nunjukin Pool tempat asal taxi Bluebird tsb. Formatnya dua huruf diikuti nomer 4 digit. @KukuhDj

Betul, banyak supir yg mulainya dari Bluebird terus pindah ke taksi lain. Rata2 supir taksi Express & Putera ex-Bluebird. @venniem

Saya tiap hari pulang-pergi kantor naik taksi sudah sekitar 6 tahun. Jadi mungkin sudah ketemu ratusan supir. @mjaedi

Melihat nomer ID supir Bluebird yg sdh mencapai di atas 100 000, padahal group Bluebird punya 20 ribu mobil – berarti turn-over tinggi.

RT @Midadells: Betul pak, salah satu prestasinya setorannya hrs selalu target!🙂 RT @hotradero

Yang dulu-nya pernah satu Group dengan Bluebird adalah Taksi Gamya. Tapi kemudian memisahkan diri karena perselisihan antar keluarga.

Banyak yg nggak betah jadi supir taksi Bluebird – krn Bluebird sangat ketat soal penalti. Tiap orang dapat 5 poin. Lecet? Potong 1 poin.

Dapat komplain dari penumpang? Langsung potong 1 poin. Kalau 5 poin itu abis kurang dr setahun – ya berakhirlah karirnya sbg supir Bluebird.

Betul, kasus tahun 2000 RT @armeyn: iya bang..katanya, blue bird pernah ingin mempailitkan Gamya. ini info dr supir Gamyanya..🙂

Supir Taksi Gamya lebih sedikit tapi lebih loyal. Taksi Gamya dimiliki oleh anak perempuan dari pendiri Group Bluebird. Mereka 3 bersaudara.

Tapi ya itu, bakal sering ketemu supir baru yg nggak tau jalan RT @gheahmadwirja: pantes bluebird paling aman & nyaman . Peraturannya ketat.

Prinsipnya: kalau dapat taksi Bluebird dgn nomer ID kepala 9xxxx – ya siap-siap saja buat kasih tau arah jalan, karena mereka supir baru.

Ada supir baru yg dari awal kasih tau kalau nggak tau jalan & minta dibantu – tapi ada juga yg “sok pede” – yg begini bisa bikin kesel.

RT @inestjokro: @hotradero Info yg saya dapat, total poin adalah 20. Kalau habis sebelum setahun, pecat. Satu komplain bernilai 7poin.

Saya nggak tau juga kalau aturan poin sudah berubah atau dimodifikasi, tetapi intinya memang supir Bluebird selalu terancam potong poin.

Kalau anda dibawa muter2 – padahal ID-nya nomer kecil (semisal 6xxxx) anda ancam saja akan komplain. Catat nomer body & ID supir.

Ya begitulah, karena sistem potong poin itu – maka banyak orang yg cuma sebentar di Bluebird. Akibatnya Bluebird selalu butuh supir baru.

Saya pernah ketemu supir Bluebird yg nggak tau Semanggi. Baru 2 minggu nyupir & cuman muter2 sekitar Bekasi doang. Pantesan…

RT @eghaniashfiya: @hotradero pernah naik bluebird, supirnya masa nggak tau istora. Saking baru, apa baru datang dari kampung.

RT @inestjokro: @hotradero @eghaniashfiya Istora hrsnya tahu, krna proses interview waktu rekruitmen mencakup pengetahuan soal landmarks & jalan2 protokol.

RT @cgit: @hotradero , tapi om..banyak supir taksi lain yg keluar dr bluebird.. katanya sistem % komisi tdk membuat supir jd ckp nyaman.

Memang keluhan umum dari supir taksi Bluebird – ya terkait soal persentase komisi. Karena mereka dibayar berdasarkan komisi/hari.

Saya sudah rutin naik taksi Bluebird sejak ID supirnya masih 3xxxx jadi bisa ngukur seberapa besar turn-overnya. @asralh

Komplain penumpang biasanya akan dilaporkan ke kepala group di pool. Lalu akan ditanya ke yg bersangkutan. Baru dikenakan. @budh0

Tentu sistem yg ketat ini juga ada segi positifnya – saya pernah ketinggalan Blackberry dlm taksi – saya cepat lapor, segera dikembalikan.

Nomer kecil asumsinya supirnya sudah cukup pengalaman bawa taksi RT @treespotter: Apa bedanya nomor kecil dengan nomor besar?

Mobil taksi setiap hari menempuh sekitar 200-300 km. Kira-kira 5-6x jarak tempuh mobil pribadi normal. Jadi wajar kalau bekasnya jd murah.

RT @andramaulana: @hotradero supir blue bird selalu recheck barang2 penumpangnya. saya ketinggalan dompet pas turun di pim 2, dikejer sama supirnya ke dalem..

Karena yg lebih senior kalau masih bawa muter2 juga – berarti disengaja. Yg nomer besar mungkin memang krn nggak tau jalan. @treespotter

RT @inestjokro: @hotradero Mungkin di bodi armadanya musti dikasih stiker ‘tahu jalan’😡 Merugikan buat orang yg awam Jakarta.

SEMUA supir Blue Bird dikenakan sistem potong poin RT @noorf: apa yg berbintang juga tidak aman dari sistem potong poin?

Betul! RT @cheripaa: padahal (dulu) klo mau kemana2 tapi ga tau jalan “sopir taksi pasti tau” brarti quote ini ga bs dipake lg utk bluebird

RT @efenerr: @hotradero sistem kerjanya mulai dari 2-1 (2 hari narik,1 hari libur) 3-1,4-1 sampai 5-1..biasanya yg ambil 5-1 yg plg dihormati. cmiiw.

Shift 5-1 sih yg paling ambisius…🙂 Biasanya supir senior & kebetulan perlu extra income misal buat sekolah anak. Cuma badan cepet ancur.

RT @RenaldySilaen: @hotradero temen saya @rahel_ly pernah ketinggalan HP, bbrp hari kemudian ditelpon bluebird utk konfirmasi

Secara prinsip, taksi pasti ada plus-minusnya. Kadang kita kesel dg Bluebird yg tarifnya lbh mahal – tapi supirnya pun dipaksa lbh hati2.

Betul. Di kartu supir yg ada di dashboard. Tepat di bawah nama. RT @ajengapg: lihat no IDnya dimana? Di kertas bagian nama mereka ya?

RT @efenerr: @hotradero sopir blue bird ad yg dijuluki kalong,bagi yg dapet shift malam. Biasanya yg kalong ini lebih jago dan lebih apal jalan.

Rata2 supir taksi pernah jadi supir Bluebird…😀 RT @icblues: Supir Bluebird banyak yang pindah ke TransCab.

Masak sih? Untuk yg reguler cuma Toyota Vios aja kan? RT @ivanoktoviandi: Knpa blue brid harus memakai banyak merk taksi

Supir Silverbird biasanya bekas supir taksi Bluebird reguler yg “naik kelas”. Mereka biasanya lebih senior & sudah hafal jalan.

Yg saya tahu sistem nomernya cuma Bluebird. RT @joodh13: apakah sistem pernomoran ini cuma di bluebird aja atau armada taksi lain juga?

Di taksi Express – polanya bagi hasil. Setelah 5-6 thn kendaraan jadi milik supir. Biasanya mobil ini mereka jual ke luar Jakarta.

Pola yg mirip juga berlaku untuk taksi Citra (sekarang Putera). Citra & Putera dari dulu selalu pakai mobil Malaysia (Proton)

Taksi Express milik kelompok Bisnis Rajawali (Peter Sondakh) sementara Taksi Putera (dulu Citra) milik Group Lamtoro Gung Mbak Tutut.

OK sekarang soal taksi Blue Bird dan GROUP Bluebird. Secara prinsip Taksi Bluebird adalah yg aslinya milik group Bluebird sedari awal.

Sementara taksi seperti Pusaka Nuri, Cenderawasih, Pusaka ****, Morante, dll. itu dari GROUP Bluebird. Jadi taksi tambahan.

Yg dari GROUP Bluebird ini biasanya punya ijin beroperasi di pinggiran Jakarta – tapi ya tumplek juga ke Jakarta. Pool-nya juga beda.

Betul. RT @TimMarbun: Setau sy ada aturan batasan kendaraan utk 1 nama armada.Bila sdh mencapai limit tdk boleh tambah,harus beda nama

Dari sekitar 20ribu taksi BlueBird – kira-kira 60%-nya berasal dari GROUP Bluebird (Seri Pusaka). Blue Bird tulen kalo tdk salah 8000 mobil.

RT @just_ishaq: Iya, mmng begitu Bang… Sy prnh sm2 teman dr Phil. English supirnya bagus… re: Silverbird

Yang GROUP Blue Bird (Seri Pusaka) katanya sih banyak dikelola oleh keluarga Pak Purnomo (anak bungsu pendiri Taksi Bluebird).

Konon perpecahan dg saudara perempuannya (yg pemilik Gamya) terkait dengan ekspansi GROUP Bluebird seri Pusaka. Selain masalah lain.

Hahaha nomer sakti…😀 RT @Midadells: Complaint pelayanan bs menghubungi customer care di 7971245🙂

Hasil observasi. Kan saya orang riset.. RT @cgit: just curious. klo pengetahuan ttg taxi kali ini, hsl observasi atau ad bukunya juga?🙂

RT @gitaputrid: RT @bo_ay: @hotradero bluebird bagus di QC, pernah ketinggalan hp gak inget no taxi n nama supir, 1 hour balik, mrk cm tau sy naik turun dmn

RT @cantalopely: @hotradero pernah ngobrol sama supir silverbird, betul mereka yang naik kelas dari bluebird dan dipilih yang mengemudinya tidak begajulan.

RT @andisyahputra: Citra bkn milik mbak tutut tapi muba kahar muang pengusaha wanita asal makasar RT @hotradero

Dulu sih setahu saya sebelum tahun 2000-an Taksi Citra milik Group Lamtoro Gung – mungkin saja sudah pindah kepemilikan.

Weleeeh… SAP itu muahal banget modulnya…😦 RT @albertush: blue bird adalah perusahaan taksi yg mengimplementasikan sistem SAP🙂

RT @bangpoltak: Tips klo ktemu supir taksi ga tau jalan bagi pengguna BB, manfaatkan GPS nya atw Google Maps. Works like magic! Cc: @hotradero

Pool pertama Bluebird itu di Kemayoran. Nomer pintu taksinya dimulai dg: AB XXXX. Paling tua jg paling sedikit mobilnya.

RT @rezarae: @hotradero sy pernah naik taksi BlueBird lalu ditabrak motor, trus supirnya minta ijin bwt nguber si motor tsb katanya serem klo potong poin

Pool Bluebird biasanya ada huruf “B”-nya di huruf nomer pintu. Sisanya itu berasal dari pool GROUP Bluebird.

Bluebird & taksi2 lainnya pernah pakai mobil Timor. Sebenarnya mereka dipaksa pakai Timor. Dan mobil ini sering dikeluhkan oleh supir.

Mobil Timor sebagai taksi selain boros bahan bakar, juga sering ada masalah dengan rem & kopling. Mungkin karena ex-mobil sitaan BPPN.

Mobil yg paling disukai supir taksi adalah Ford Laser. Bahan bakarnya sangat irit. Cuman sekarang mobil itu tentu udah ketuaan.

Yang bikin susah reformasi taksi di Jakarta: Pemda ikut jadi pemegang saham beberapa perusahaan taksi. Bluebird berpengaruhi di Organda.

RT @dyaniii: @hotradero sy prnh naik taxi cipaganti, tarif sprt bluebird,supir bnyk ex bluebird, pnumpang dsediakn video2 karoke, ato blh ntn dvd sndiri.

Saya baru pagi ini lihat Taxi Cipaganti — yg ada gambar penari Bali-nya di pintu ya? Mungkin masih sedikit jadi jarang kelihatan.

RT @Midadells: Pak @hotradero, Yg benar adl dikelola oleh semua anak2 pemilik, tmasuk anak2 dr Pak Chandra Suharto(anak sulung dr pendiri)

RT @WQ48: Selain ambisius biasanya keluarganya juga di luar kota. Jd gak ada alesan libur..RT @hotradero: Shift 5-1

Dulu juga ada taksi yg dikelola Pemuda Pancasila. Lupa saya namanya. Warna body-nya merah. Sekarang kayaknya sudah punah…

Betul…! Udah lama banget nggak kelihatan beroperasi kan? Mobil nya cuma sekitar 300. RT @arfibambani: Perisai Taksi namanya.

Oh masih beroperasi? RT @NyiMasDita: Msh ad,poolny dpengadegan RT @hotradero: Dulu juga ada taksi yg dikelola Pemuda Pancasila.

Pool BB yg saya ingat: KP Kelapa Gading, HB Cimanggis, CD Ciputat, EL & EB Daan Mogot, BB Mampang Prapatan, DB Kramat Jati,😄 Kalibata.

RT @andisyahputra: Blue bird kerap punya veto & mendominasi organda dalam penyusunan kenaikan tarif taksi

RT @hanityo: @hotradero corporation (including us) pernah hijack 3 supir ex bluebird.Pengetahuan jalan ok, bluebird add credentials to your driver cv

Iya emang expat di Jakarta sepertinya udah sangat percaya banget sama taksi Bluebird…

RT @NyiMasDita: @hotradero nmr bodi taksi blue itu huruf dpn utk pool n huruf blkg u/ nm subperushn, mislny BR xxx,B itu utk pool buncit,n R itu pusaka biru

RT @yanuarsidiq: @hotradero sebaiknya tau kode pool yg dkt rmh kita. Jd kl plng naik Bluebird mlm2, ga prlu khawatir supir ugal2an krn ngejar pulang ke pool.

Sy jg punya personal voucher BB. RT @deni_moko: credit vouchernya bluebird jg bikin gak bisa naik yang lain klo lagi jalan kerja🙂

RT @ShaLonLy: @hotradero : tp saya punya kenalan 3 expat yg msh nggu express drpd bb, alasannya, supir bb skrg suka gk tau jalan..

Bandara cari duit extra RT @ganeshatamzil: kok bluebird (&taxi2 lain) di airport kena zona charge sih? apa fungsi charging per zona itu?

Tagged:
Posted in: Uncategorized