@hotradero on hair part 2

Posted on August 12, 2010

0


Yg menarik bagian terakhir ‘pe, bahwa gaya rambut sering jadi bentuk pemberontakan terhadap generasi sebelumnya @ari_ap

Sekarang Malaysia. Dimulai dengan penyanyi rock yg harus berambut “sopan” @gm_gm @ari_ap

Gaya rambut bisa berkembang seperti “epidemi” sosial ya? Ingat gaya rambut Lady Di? Demi Moore? Afro? Crew-cut? Punk? Lirik @robymuhamad

Seingat saya, bahkan Plato pun mengeluh soal degradasi generasi sesudahnya. Mungkin itu sekadar tanda seseorang sudah tua @gm_gm

Tentara Macedonia oleh Alexander Agung disuruh potong rambut & jenggot supaya tdk gampang dijambak musuh. Makanya menang atas Persia.

Agar lebih aerodinamis??🙂 RT @ayubyahya: @gm_gm @ari_ap daniel pasarela wkt ngelatih argentina jg melarang pemainnya gondrong

Korban rambut RT @don_sin: Leopoldo Kimo juga dikalahkan sama Royce Gracie (yg udah kepayahan) krn kepangnya dijambak sama legenda UFC itu

Di antara semua spesies mamalia, terlebih primata – hanya manusia yg punya kumpulan bulu yg terkonsentrasi di kepala => rambut.

Uniknya, sejak jaman es berakhir manusia berbulu semakin tipis (akibat seleksi alam) tetapi tetap memiliki rambut. Bawaan nenek moyang.

Diduga manusia punya rambut di kepala karena berfungsi melindungi kepala dari radiasi UV saat nenek moyang kita mulai berjalan tegak.

Maksudnya rambut yg umum pd suatu spesies, bukan kelamin. RT @arifwi: bagaimana dengan mane di singa jantan pak? re: rambut/surai

Maksud saya rambut yg khusus ada di kepala. Re:bulu @saheila

Bahwa di kemudian waktu nenek moyang manusia bisa bikin rumah (& topi) – untuk menghindari eksposur UV berlebih – tentu masalah lain.

Fungsi rambut menjadi lebih fungsi estetis & proses evolusi melanggengkan itu. Sebagaimana burung merak repot karena sayap indah-nya.

Sayap burung merak yg besar & indah – sebenarnya merepotkan bagi pemiliknya – karena jadi lebih mudah diincar hewan pemangsa.

Tapi burung merak (jantan) bersayap indah tetap ada & tidak punah – menunjukkan bahwa di luar kerepotan & bahaya – ada kekuatan evolusi.

Sayap besar & indah menunjukkan pemiliknya sehat, kuat & mampu bereproduksi. Para betina lebih suka merak yg demikian – maka gen berlanjut.

Biarpun mungkin pejantan yg punya sayap indah itu juga akhirnya mati dimakan hewan pemangsa – tetapi keturunannya masih tetap berlanjut.

Bagi manusia juga diduga seperti itu – gen pembawa rambut di kepala tetap berlanjut – karena secara estetis menarik perhatian.

Rambut bisa menjadi indikator tidak langsung atas tingkat kesehatan & kemampuan reproduksi. Ini berlaku terutama pada wanita.

Jadi rambut pd wanita fungsinya seperti sayap merak jantan yg indah = indikator positif kesehatan yg lalu menjadi faktor estetik.

Ahli forensik sering menggunakan rambut untuk mendeteksi apakah seseorang menjadi sakit/meninggal karena keracunan.

Zat yg serupa dengan rambut (keratin) adalah juga yg membentuk kuku. Bentuk & warna kuku bisa mengindikasikan masalah kesehatan.

Gangguan ginjal misalnya bisa terlihat dari pola bentuk & warna abnormal pada kuku tangan. Demikian juga penyakit lain.

Pembuktian orang yang diracuni dengan arsenik – sering diperoleh dengan cara menganalisa contoh kuku & rambut korban.

Kalau pecah2 & ada garis ungu RT @alfanshar: contoh ginjal yg ga baik di kuku tangannya gimana? (re: kuku tangan) thnks.

Kuku yg warnanya kekuningan bisa jadi indikator gangguan sistem pernafasan semisal Bronchitis kronis. Sering disertai hilangnya kutikula.

Kuku melebar ke samping (jadi seperti sekop) diakibatkan rendahnya kadar oksigen dlm darah. Indikasi gangguan paru2, pencernaan atau liver.

Kuku yg pinggirannya melengkung ke atas (jd seperti sendok) bisa menjadi indikasi awal anemia karena kekurangan zat besi.

Kuku yg memiliki garis lengkung horizontal gelap di tengah (Terry’s nail) indikator gangguan jantung, diabetes, liver atau kurang gizi.

Kuku yg tertekuk ke dalam berbentuk garis di bagian tengah adalah indikator masalah dg diabetes atau gangguan arteri jantung.

Kuku yg tertekuk ke dalam berbentuk garis di bagian tengah (Beau’s Line) adalah indikator masalah dg diabetes atau gangguan pembuluh arteri.

Kuku yg melayang & tumbuh terpisah dari landasannya (disebut Onycholysis) indikasi adanya infeksi dlm tubuh ataupun gangguan thyroid.

Sumber referensi tentang bentuk & warna kuku serta indikator gangguan kesehatan itu saya dapat dari website Mayo Clinic.

Tentang garis ungu di kuku & pecah2 sebagai indikator gangguan ginjal saya dapat dari majalah Reader’s Digest (edisi tahun 1980-an…)

Intinya begini: bila kuku berubah bentuk & warnanya – padahal pola hidup kita tdk berubah – ada potensi gangguan kesehatan sdg berlangsung.

Bila pembuluh darah kita bekerja baik – maka kuku & rambut kita (sebagai bentuk jaringan mati) akan tumbuh dg baik. Berlaku juga sebaliknya.

Yang saya sendiri sering alami: kalau pinggiran kulit sekitar kuku mengeras & gampang terkelupas, indikator kekurangan vitamin C.

Biasanya, kalau pinggiran kulit sekitar kuku terkelupas & tetap saya biarkan – tidak lama kemudian muncul sariawan atau gusi berdarah.

Saya sudah mengamati itu selama bertahun-tahun – jadi seperti feedback untuk mengenali diri sedang kekurangan vitamin C.

Oh iya, yg dari tadi saya maksud sebagai kuku adalah kuku jari tangan. Kuku jari kaki reaksinya lebih lambat.

Gejala nervous, atau sisa perasaan insecure saat masih anak2. RT @bangpoltak: kalo orang yg suka gigit2 kuku itu gejala apa bang?

Posted in: Uncategorized